Mengapa Diet Buruk untuk Wanita Hamil

5/5 (3)

Kekurangan nutrisi akibat diet selama kehamilan juga dapat berkontribusi pasca kehamilan, sehingga menyebabkan bayi prematur nantinya. Bayi prematur yang lahir sebelum 37 minggu kehamilan, memiliki risiko yang tinggi terhadap perkembangan paru-paru  dan organ lainnya, serta infeksi, pendarahan di otak, sakit kuning, sistem pencernaan yang kurang baik, dan kebutaan. Dalam beberapa kasus, masalah kesehatan bisa sangat serius sehingga dapat menyebabkan kematian bayi.

Kesehatan Ibu

Membatasi jumlah makanan dapat mempengaruhi kesehatan anda serta bayi anda. Misalnya, saat anda hamil membutuhkan peningkatan kebutuhan darah yang baik bagi anda dan bayi anda,  tubuh anda membutuhkan peningkatan sel-sel darah merah. Membatasi jumlah makanan saat hamil juga dapat menyebabkan berbagai gannguan bagi ibu seperti sakit kepala, lemah, pusing, mual, dan bahkan pingsan, yang dapat berbahaya bagi ibu dan bayi.

Puasa

Yang perlu diingat bahwa ada perbedaan antara membatasi jumlah makanan selama kehamilan, seperti anoreksia atau gangguan makan lainnya dengan berpuasa untuk kesehatan, tujuan budaya atau spiritual. Apabila berpuasa untuk waktu yang lama, konsultasikan dengan dokter anda untuk memastikan bahwa anda dan bayi anda cukup sehat untuk berpuasa. Beberapa cara berpuasa pada saat anda hamil :

  • Diusahakan untuk makan pada saat sahur.
  • Pada saat berpuasa mungkin akan mengalami dehidrasi karena itu pada saat sahur ataupun berpuka puasa untuk minum yang banyak.
  • Memperhatikan kandungan gizi dan mineral yang anda makan apakah sudah cukup
  • Istirahat yang cukup dengan mengurangi segala aktifitas baik dirumah maupun dikantor.
  • Memperbaiki menu makanan pada saat sahur ataupun berbuka puasa, apabila berat anda menurun
  • Apabila saat berpuasa berat badan anda menurun sebaiknya mencoba untuk memakanan makanan yang bergizi pada saat sahur
  • Periksakan kehamilan anda pada dokter sesuai jadwal, apabila ada perubahan pada berat badan ataupun gerakan janin tidak seperti biasanya sebelum anda melakukan berpuasa. mungkin dokter menyarankan untuk menghentikan puasanya dan mencoba untuk memperbaiki pola makannya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel