data-ad-format="auto"

Mencegah Ramut Rontok Pada Penderita Diabetes

Diabetes hadir dengan segenap rasa kekhawatiran yang menakutkan dan rambut rontok adalah salah satu yang menyertainya. Namun bagaimana tepatnya diabetes dapat menyebabkan timbulya rambut rontok pada si penderita? Nah, mari kita simak dibawah ini.

Kita sadar bagaimaan diabetes dapat mempengaruhi individu. Sebab penyakit ini sudah masuk dalam jenis panyakit yang paling ditakuti. Bagi kebanyakan orang, berurusan dengan diabetes dan banyak efek fisik yang perlahan-lahan akan menurun menjadi momok yang menakutkan. Namun, jika gejala tersebut akan mempengaruhi penampilan fisik seseorang maka hal ini tentunya merupakan penyebab bertambahnya rasa khawatir pada banyak orang.

Lalu apakah anda tahu bahwa rambut rontok dan kebotakan adalah salah satu dari adanya diabetes didalam tubuh? Nah, kehilangan beberapa rambut setiap hari mungkin menjadi hal yang wajar dan normal terjadi. Hal ini pun dapat disebut dengan kerontokan yang umum. Akan tetapi ketika anda mulai kehilangan banyak rambut dibandingkan dengan biasanya, kondisi ini bisa didiagnosis sebagai tanda dari adanya diabetes didalam tubuh.

Dalam kebanyakan kasus, rambut rontok pada diabetes akan dapat muncul dengan disertai dengan gejala lainnya, seperti masalah seringkali buang air kecil, mulut yang terasa kering, perasaan haus yang berlebihan, tingkat energi yang rendah dan adanya masalah penglihatan yang tiba-tiba. Ketika menjumpai kasus seperti ini maka anda perlu untuk melakukan pemeriksaan darah lebih lanjut agar penyebabnya bisa segera diketahui.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Bagaimana Diabetes Menyebabkan Kerontokan Rambut?

Diabetes adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat kurangnya produksi insulin didalam tubuh atau tidak ada sama sekali produksi insulin oleh bagian pankreas. Bila tubuh anda tidak memiliki insulin atau insulin tidak digunakan secara efektif oleh tubuh maka gula darah didalam tubuh anda akan menumpuk. Kadar gula darah yang tinggi akan dapat merusak organ diseluruh tubuh anda, termasuk mata, saraf dan bahkan bagian ginjal. Selain itu, kadar gula darah yang terus menerus meningkat akan juga merusak bagian pembuluh darah.

Pembuluh darah bekerja untuk mengalirkan cairan darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh guna memelihara organ dan jaringan sel-sel didalam tubuh. Kerusakan pembuluh darah yang terjadi akan mungkin tidak dapat memberikan oksigen yang cukup untuk dapat menyehatkan folikel pada rambut anda. Kurangnya oksigen akan dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut secara normal.

Selanjutnya, sirukulasi yang buruk ini akan dapat mencegah pertumbuhan rambuh lebih lanjut. Jadi diabetes bukan hanya menyebabkan hilangnya rambut yang sudah ada, namun hal ini pun berakibat pada pencegahan tumbuhnya rambut baru.

Diabetes memang dapat membawa ketidak seimbangan hormon pada tubuh si penderita. Perubahan hormon ini dapat diwujudkan melalui rambut rontok. Hal ini pun menjelaskan alasan dibalik rambut rontok yang dapat terjadi selama kehamilan atau bahkan pada saat menopause.

Penyebab Rambut Rontok Pada Penderita Diabetes

Orang yang didiagnosis dengan diabetes akan mungkin meningkatkan komplikasi terhadap penyakit lain seperti jantung, mata, pembuluh darah dan bahkan kompilaksi ginjal. Akan tetapi, rambut rontok menjadi masalah yang kurang sering dibicarakan karena mungkin kondisi ini umumnya tidak mengancam jiwa. Namun melihat kondisi ini dapat menuai krisis percaya diri pada penderitanya maka penting sekali mengetahui dampak yang satu ini. Adapun pemicu utama kerontokan rambut pada penderita diabetes diantaranya adalah:

  • Perubahan hormonal
  • Miskin sirkulasi darah
  • Tingginya kadar gula darah
  • Pengobatan dan perawatan medis lainnya
  • Sistem kekebalan tubuh yang melemah
  • Stres

Tips Mencegah Rambut Rontok

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan untuk dapat mencegah kemungkinan rambut rontok pada penderita diabetes dimana kita pahami bahwa dampak kondisi ini pun akan dapat menimbulkan rasa percaya diri yang berkurang. Untuk itu, dibawah ini adalah beberapa hal yang penting untuk diketahui.

Mengontrol Diabetes dengan Ketat

Jika kerontokan rambut terkait dengan kontrol diabetes maka anda mungkin perlu untuk mengatur pola makan, gaya hidup, menurunkan berat badan atau memperhatikan konsumsi obat-obatan sebagai kendari gula darah yang lebih baik.

Diabetes yang terkontrol dengan baik akan dapat mendorong pengiriman oksigen ke skremitas tubuh dan bahkan hingga kulit kepala anda. Setelah diabetes berada dibawah kontrol maka anda akan dapat melihat dampak pengurangan rambut rontok. Atau setidaknya anda akan dapat melihat perubahan pengurangan jumlah rambut rontok yang lebih baik dari biasanya.

Konsumsi Biotin

Biotin adalah vitamin yang secara alami ditemukan dalam makanan seperti halnya kacang tanah, almond, ubi jalar, telur, bawang dan gandum. Orang dengan kondisi diabetes mungkin memiliki tingkat asupan biotin yang rendah. Atau anda bisa mengkonsumsi suplemen bioton yang saat ini sudah banyak dijual diapotik. Pada beberapa kasus mencukupi kebutuhan biotin didalam tubuh dapat memperlambat kerontokan rambut. Akan tetapi, diskusikan terlebih dahulu masalah ini dengan dokter anda mengenai asupan yang direkomendasikan sehingga aman untuk tubuh.

Jauhkan Diri dari Stres

Hal ini akan sangat penting ketika berurusan dengan diabetes secara positif. Jauhkan diri anda dari stres mungkin menjadi solusi yang lebih efektif untuk kecemasan pada rambut rontok yang saat ini anda alami. Bila memungkinkan anda bisa meminta bantuan profesional untuk mengatasi kondisi yang anda alami.

Terapkan Pola Hidup yang Sehat

Mungkin tidak mudah mengubah dengan cepat gaya hidup anda dari yang biasa menjadi gaya hidup yang sehat dimana segala halnya serba apik dan tertata dengan baik. Hanya saja, lihat sisi baiknya semua kegiatan dalam hidup sehat akan dapat menghindarkan tubuh anda dari penyakit dan menyingkirkan penyakit yang sudah terlanjur bersarang. Selain itu, gaya hidup yang sehat tentu akan terasa manfaatnya untuk tubuh yang lebih segar dan fit.

Jalankan Diet Teratur

Diet yang baik dan olagraga yang dilakukan secara teratur akan dapat mengendalikan kandungan gula darah dengan lebih baik. Hal ini pun akan dapat bermanfaat untuk menjaga sirkulasi darah dengan lebih baik dan menutrisi dengan lebih cepat. Sehingga hal ini akan baik untuk kesehatan rambut dan pertumbuhannya menjadi lebih cepat.

Minta Bantuan Dokter Eksternal

Ketika anda merasa tidak percaya diri dengan penampilan anda dan ketakutan bahwa rambut rontok nantinya akan semakin parah. Maka jalan lain yang dapat dilakukan adalah degan meminta bantuan dari dokter kulit untuk mengtasi kondisi ini. Banyak mungkin dokter yang akan merekomendasikan perawatan rambut rontok, memberikan shampoo atau alat-alat lain yang memang dirancang untuk mencegah kerontokan baik yang alami maupun lewat treatment khusus. Penanganan ini akan sangat membantu anda mencegah kerontokan yang menakutkan dan mempengaruhi penampilan anda.

Demikianlah beberapa tips mencegah rambut rontok pada penderita diabetes. Menjaga pola hidup sehat dan pola makan yang baik akan sangat membantu anda untuk bisa mendapatkan penampilan rambut yang tetap terjaga keindahannya dengan baik. Sebab seperti yang kita ketahui rambut adalah mahkota untuk setiap orang, terutama kaum perempuan.

Loading...