data-ad-format="auto"

Mencegah Bayi Mengantuk Ketika Sedang Mendapatkan ASI

Seorang bayi yang berada di bawah usia dua minggu perlu dibangunkan setidaknya setiap dua jam untuk mendapatkan ASI sehingga ia tidak mengalami dehidrasi. Setiap bayi yang mendapatkan ASI harus aktif mengisap dan menelan setidaknya selama 20 menit. Ibu juga perlu menjaganya sehingga pasokan susu sendiri tidak mengalami hambatan. Perlu anda ingat semakin anda memberikan ASI maka produksi ASI akan semakin lancar.

Ketika usia bayi anda memasuki usia dua minggu maka permintaan untuk mendapatkan ASI akan disesuaikan dengan kebutuhan bayi anda. Bahkan pada usia ini maka bayi sudah dapat mendapatkan ASI secara rutin. Walaupun demikian alangkah baiknya anda melakukan adaptasi sehingga beberapa minggu kedua hingga ketiga ketika anda mendapatkan kesulitan dapat diatasi. Beberapa minggu pertama menyusui selalu yang paling sulit salah satu diantaranya bayi akan mengalami kantuk ketika mendapatkan ASI. Ada begitu banyak yang dapat ibu lakukan untuk membantu menjaga bayi akan tetap terjaga saat sedang menyusui.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah bayi mengantuk ketika sedang mendapatkan ASI :

1.    Anda dapat bertindak dengan menghapus puting anda dari mulut bayi atau meletakkan jari anda di antara payudara anda dan mulutnya untuk memecahkan hisapanya. Dengan demikian kondisi ini akan membiasakan bayi untuk mengisap lagi .

2.     Menggiring payudara ke sudut mulut bayi dengan jarum suntik atau pipet untuk mendorong bayi untuk mulai mengisap lagi .

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

3.    Cobalah kompres payudara untuk mendapatkan ASI mengalir lebih cepat, hal ini dapat membantu bayi menghisap disaat sedang membutuhkan. Dengan demikian dapat menurunkan resiko bayi tertidur saat mendapatkan ASI karena saluran ASI yang terhambat.

4.    Anda dapat mengalihkan payudara dari bagian yang satunya lagi sehingga bayi anda terjaga ketika anda mengalihkan pada bagian satunya lagi.

5.    Anda dapat menyentuh dengan lembut pada bagian tangan, kaki ataupun telinga sehingga tetap membuat bayi anda terbangun.

6.    Sebaiknya anda dapat menanggalkan pakaian bayi atau menyimpan kakinya menemukan kalau terlalu dingin untuk menanggalkan pakaian dia sepenuhnya. Ini akan lebih sulit baginya untuk tidur jika ia tidak hangat.

7.    Dengarkan  beberapa musik tempo cepat pada bayi anda sehingga dapat membuat bayi anda tetap terjaga.

Pada beberapa kasus terkadang yang membuat anda kesulitan untuk memberikan ASI adalah kondisi bayi anda. Sehingga salah satu untuk mengatasi bayi yang sering mengantuk ketika mendapatkan ASI yaitu membuat bayi tertidur terlebih dahulu sebelum melanjutkan memberikan ASI. Hal ini dapat membantu mengurangi resiko bayi anda tersedak ASI ketika sedang tertidur. Adapula sebagian bayi yang dapat dengan sendirinya melepaskan untuk mendapatkan ASI ketika sudah kenyang. (Baca : Dasar- dasar Menyusui Bayi)

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us