data-ad-format="auto"

Membangun Rasa Percaya Diri Sejak Dini Untuk Kemampuan Sosial Anak

Orangtua baru menyadari anak kurang percaya diri ketika memasuki usia prasekolah. Anak yang kurang percaya diri cenderung malu, ragu-ragu bahkan hanya ingin beraktivitas ditemani dengan anda. Untuk membuatnya percaya diri anda harus menerapkan pola asuh yang dapat membangun rasa percaya diri sejak dini.

Kepercayaan diri anak dapat anda latih sejak dini, dorongan dari pola asuh dan lingkungan dapat membantunya untuk memiliki rasa percaya diri sejak dini. Pentingnya memiliki rasa percaya diri yang dapat membantu proses belajar di sekolah dan di lingkungan sosialnya.

Menerapkan pola asuh yang tepat merupakan salah satu hal yang utama misalnya dengan mengekplorasi kemampuan dirinya sehingga anak anda dapat memuaskan rasa ingin tahunya dan berkembang menjadi anak yang kreatif. Pola asuh seperti apalagi yang dapat membuat rasa percaya dirinya meningkat.

Berikut adalah 6 cara yang dapat membangun rasa percaya diri pada anak :

1. Berikan Citra Positif

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Anda dapat memberikan citra yang positif pada anak anda dengan perilaku yang sederhana. Buat anak anda merasa berharga dan dibanggakan. Anda dapat menyampaikan citra yang postif melalui interaksi anda dan anak anda, sehingga anak anda akan menjadi pelajar yang penuh dengan keyakinan.

2. Menjadi Cermin yang positif bagi anak anda

Anak akan meniru orang disekitarnya sehingga pada masa tumbuh-kembangnya sebaiknya mendapatkan citra diri yang baik tentang dirinya. Hal ini terutama bagi anak yang akan memasuki prasekolah. Anda dapat memberikan cerminan yang postif pada diri anda.

3. Rangsang anak anda untuk berani tampil

Pada anak usia 1-3 tahun anda dapat menumbuhkan rasa percaya diri dengan merangsangnya untuk tampil. Anda dapat tampil dan mempertunjukan kepintaran anak anda seperti menyanyi, berhitung, bercerita atau pengalaman lainnya. Dengan melakukan interaksi dengan keluarga dapat menjadi awal yang baik untuk mengasah keberanian anak anda dan tidak malu-malu ketika bertindak.

4. Disiplin

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa disiplin menjadi poin penting. Aturan dalam keluarga yang baik dapat menjadi salah satu pola asuh yang tepat. Anda tidak perlu khawatir anak anda akan mengalami tekanan. Aturan yang anda buat dapat mengarahkan pada anak anda sehingga memberikan alasan yang dimengerti dan mudah dipahami oleh anak anda.

5. Menjaga Kedekatan dengan Anak

Apabila anda sebagai orang tua yang memiliki kesibukan di luar rumah, pastikan anda memiliki waktu yang luang untuk bermain dengan anak anda. Menjaga kedekatan dengan anak merupakan salah satu cara yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Jadikan waktu yang anda miliki berkualitas dengan memberikan pelajaran baru mengenai lingkungan pada anak anda.

6. Berhati-hati ketika menyampaikan kata

Usia anak 1-3 tahun merupakan periode emas untuk membuatnya berkembang anda dapat membuatnya semakin percaya diri dengan menghindari kata-kata yang membuatnya minder. Berikan kata-kata yang membangun rasa percaya dirinya dan terus melatih keterampilan untuk menunjukan kemampuannya dimuka umum. Mengatakan hal yang kasar akan membuatnya menyesal dan tidak berani untuk mencoba hal yang baru.

Dengan demikian bagi anda yang ingin melatih rasa percaya diri pada anak anda sebaiknya anda mulai menerapkan pola asuh yang sesuai sehingga membantu tumbuh-kembang yang optimal sesuai dengan usia anak anda.

Loading...

Follow us