Melakukan Relaksasi bagi Ibu Menyusui

Beberapa kondisi yang membuat ibu tertekan sehingga mengakibatkan kelancaran asi menjadi terhambat, ibu perlu membutuhkan beberapa teknik dalam melakukan rileksasi untuk tetap menjaga kualitas dan kuantitas asi. Teknik relaksasi dalam melancarkan asi dimulai sejak dini setidaknya pada saat anda berada dalam usia kehamilan memasuki usia trimester ketiga. Anda dapat melanjutkan hingga proses menyusui berlangsung, lakukan metode ini di rumah dengan langkah-langkah berikut :

1.    Menggunakan olive oil atau baby oil

Anda dapat menggoleskan olive oil atau baby oil pada kedua telapak tangan dan juga ke bagian payudara anda. Bagi anda yang ingin menggunakan minyak tradisonal dapat memilih minyak kelapa yang memiliki khasiat yang sama dengan olive oil.

2.    Gerakan Memutar pada Payudara

Setelah menggunakan olive oil atau baby oil ke telapak tangan dan bagian payudara anda, angkat dan topang bagian payudara sebelah kanan, kemudian pijat dengan menggunakan tiga jari tangan kiri dengan gerakan memutar yang dimulai dari pangkal payudara menuju ke areola, lakukan pada bagian payudara sebelah kiri dengan gerakan yang sama.

3.    Relaksasi dan Membantu Melancarkan ASI

Pertama tama letakan jari tangan kiri kemudian regangkan pada pangkal payudara kanan anda kemudian pijat dengan gerakan memutar sebari menekan payudara anda dari mulai pangkal ke arah areola. Setelah itu lanjutkan dari mulai arah samping yaitu bagian dinding dada menuju areola hingga membanu dalam melancarkan asi.

4.    Gerakan Kupu-kupu

Anda dapat memulainya dengan meletakan kedua telapak tangan di dada kemudian di bagian kedua payudara, lakukan seperti gerakan kupu-kupu mulai dari bagian tengah payudara ke bagian atas sambul mengangkat payudara dan melepaskan bersamaan secara perlahan, anda dapat melakukan gerakan ini selama satu menit secara berulang.

5.    Gerakan Memerah Payudara

Lakukan dengan meletakan ibu jari tangan kanan dan kiri pada areola di bagian atas puting kanan kemudian letakan jari yang lain di bawah puting susu anda, tekanlah secara bersamaan ke arah dada, lanjutkan dengan menggerakan ibu jari ke daerah areoa secara memutar, lakukan dengan lembut dan perlahan secara berulang selama satu menit.

6.    Kupu-kupu Menyebar

Letakan tangan kiri anda untuk menopang payudara anda kemudian lakukan pemijatan dengan menggunakan tangan kanan ikut sertakan kelima jari dengan gerakan kupu kupu secara menyebar ke seluruh bagian payudara. Mulailah dari areola menuju pangkal payudara dengan gerakan selama satu menit, lakukan pada bagian payudara kiri anda.

7.    Memijat secara menyeluruh

Anda dapat meletakan tangan kanan di atas payudara anda bagian kanan tepatnya di atas areola seangkan telapak tangan kiri di bawah areola. Sedangkan ke empat jari kanan dan kiri akan bertemu di bagian bawah payudara, dorong kedua telapak tangan secara bersamaan ke arah bawah dengan gerakan memutar, lakukan gerakan yang sama pada bagian payudara kiri anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel