Manfaat Tuna : Dari Enyahkan Stres Hingga Sehatkan Jantung

Sebuah studi menemukan konsumsi terhadap tuna juga dikaitkan dengan pencegahan dan pengobatan radang sendi dan nyeri. Sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa tuna merupakan sumber protein tinggi, dengan demikian berarti mampu membantu meningkatkan metabolisme yang membantu tubuh dalam pembakaran lemak lebih cepat, serta menyediakan bahan baku untuk pertumbuhan kulit, darah, kuku dan organ oriental lainnya. Tak hanya itu, masih ada banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dari seekor ikan tuna, manfaat apa sajakah itu? Simak berikut ini.

5 Manfaat Tuna Bagi Kesehatan

1.    Meredakan Stres

Karena memiliki kandungan asam lemak Omega 3, mengonsumsi ikan tuna dalam menu pokok makanan anda juga mampu meredakan stress yang datang dari aktivitas dan lingkungan anda sehari-hari. Terutama untuk anda para wanita yang kerap menderita ketidakseimbangan hormon.

2.    Kesehatan Mata

Lagi-lagi kandungan Omega 3 berfungsi banyak untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk kesehatan mata. Kandungan asam lemak Omega 3 mampu membantu tubuh melawan macular degeneration pada bagian mata anda. Macular degeneration adalah suatu kondisi dimana penglihatan memburuk, yang berakibat pada terganggunya fungsi  penglihatan saat berusia lebih dari 50 tahun. Untuk itu, para pakar kesehatan lebih menganjurkan untuk mulai menghadirkan ikan tuna pada menu makanan anda, untuk menghindari resiko kelainan pada mata.

3.    Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Omega 3 juga mampu meningkatkan fungsi mengingat atau fungsi kognitif otak, sehingga mampu membantu tubuh anda untuk terhindar dari penyakit degenarasi fungsi otak seperti Alzheimer karena membantu melancarkan pasokan darah ke otak dan menurunkan resiko inflamasi serta mampu memperantrai signal agar bisa diterima oleh otak, karena para penderita Alzheimer cenderung akan mengalami gangguan dalam hal penyampaian sinyal atau impuls ke bagian otak.

4.    Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Selenium dan Omega 3 yang terkandung dalam ikan tuna menjadi bahan bakar primer untuk produksi gluthathione peroxidase yakni jenis anti oksidan. Dan anti oksidan inilah yang berperan penting bagi kesehatan hati yang mana berperan untuk detoksifikasi. Selain itu juga berperan pula untuk mencegah timbulnya penyakit jantung dan kanker.

5.    Meningkatkan Respon Hormon Insulin

Konsumsi terhadap ikan tuna juga amat dianjurkan untuk mereka para penderita diabetes tipe 2, tentunya karena kandungan Omega 3 yang begitu kaya pada ikan tuna. Berbagai penelitian memaparkan, meskipun lemak jenuh yang notabene mampu memicu penimbunan lemak hingga menyebabkan kegemukan, kandungan lemak pada ikan tuna justru memiliki peran sebaliknya, lemak pada ikan tuna dapat mencegah anda dari resiko kegemukan dan mampu meningkatkan respon hormone insulin pada tubuh anda. Asam lemak Omega 3 yang dikenal dengan nama EPA inilah yang mampu mempertahankan berat badan anda agar tidak melonjak dan juga membantu metabolism tubuh dengan mensekresi hormone leptin.

Berikut diantaranya adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari ikan tuna. Mengetahui banyaknaya manfaat baik bagi kesehatan anda, sebaiknya mulai saat ini segeralah masukan ikan tuna pada daftar menu makanan anda, selain nikmat, ikan yang satu ini juga amat bermanfaat bagi tubuh anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply