data-ad-format="auto"

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Tomat sering kali menjadi penghias di beberapa makanan yang anda pesan di restoran atau menjadi lalapan yang luput dari perhatian anda.Tomat memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan meskipun demikian ternyata tidak semua orang menyukai tomat. Padahal penelitian baru baru ini menemukan beberapa manfaat tomat yang sangat berperan dalam kesehatan wanita dan juga pria. Tomat atau dikenal dengan nama ilmiah Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum yang merupakan tumbuhan asli dari Amerika. Meskipun demikian di Indonesia tumbuhan yang termasuk dalam famili solanaceae ini sangat sering dijumpai dengan harga yang terjangkau.

Pada umunya tomat memiliki pengelompokan berdasarkan ukurannya yaitu tomat jenis granola yang memiliki bentuk bulat dikenal pula dengan jenis tomat buah sedangkan gondol adalah salah satu jenis tomat yang sering dijadikan bahan pembuatan saus, tomat yang sering dijadikan olahan masakan dikenal dengan tomat sayur atau tomat ceri yang memiliki ukuran lebih kecil dan berantai. Dalam sebuah penelitian ditemukan adanya hubungan antara tomat dengan kanker prostat pada pria, hal ini menemukan bahwa kandungan tomat mampu mengurangi resiko kanker prostat pada pria. Selain itu  kandungan tomat yang memiliki vitamin C, A, dan E  dan juga  kandungan  flavonoid , kalium serta mineral memperkaya nutrisi yang terdapat di dalam tomat. Paling baik dari jenis sayur yang memiliki warna orange hingga merah ini adalah kandungan air yang menyegarkan dan juga rendah kalori sekitar 14 kilokalori per 100g. Manfaat dari tomat adalah sebagai anti oksidan yang membantu menghentikan radikal bebas yang merusak sel sel di  dalam tubuh.

Selain itu kandungan dari Lycopene dapat membantu untuk menangkal beberapa penyakit kanker seperti  kanker prostat, kanker payudara, kanker perut dan degenerasi makula terkait usia. Terpenting untuk wanita adalah mampu meningkatkan kemampuan kulit dalam memberikan perlindungan diri terhadap sinar UV dan juga dapat membuat kulit anda halus, mengurangi  keriput pada usis dini. Selain itu beberapa produk kosmetik sering menggunakan tomat dikarenakan kemampuan kandungan gizi dari tomat yang dapat membuat kulit wajah kenyal dan juga merona. Bahkan untuk anda yang mempunyai masalah dengan kolestrol , kandungan lycopen yang  terdapat pada tomat dapat meringankan kolestrol  jahat.

Hal penting yang harus anda ingat adalah ketika mengkonsumsi tomat adalah dengan cara mengkonsumsinya secara keseluruhan dari tomat tersebut untuk memberikan manfaat yang optimal bagi tubuh anda. Lycopene yang terbaik bila dikombinasikan dengan bioflavonoid lainnya dalam tomat, yang membuat lycopene jauh lebih efektif.  Tomat dapat membantu anda dalam meningkatkan kemampuan pemulihan pasca pengobatan atau sakit. Tomat dapat membuat badan anda menjadi bugar dan sehat. Hal ini mengingat kandungan vitamin dan mineral tomat yang dapat membantu anda dalam menyeimbangkan fungsi tubuh pasca sakit.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Sebuah kebiasaan masyarakat Perancis dalam mengkonsumsi tomat dikarenakan manfaat yang dipercayai dapat membantu mengatasi masalah kesuburan pada pria. Bahkan masyarakat perancis menyebut tomat sebagai buah cinta yang sangat penting untuk dikonsumsi. Bagi anda yang ingin meningkatkan kesehatan reproduksi terutama yang memiliki masalah kesuburan dapat meningkatkan konsumsi tomat minimal dua buah tomat perhari. Bagi anda yang ingin mengoptimalkan buah tomat dapat memilih tomat yang berukuran kecil yang mengandung banyak air untuk dimasak. Sedangkan untuk anda yang ingin menjadikan tomat sebagai kudapan dapat memilih tomat yang berukuran besar dengan warna merah karena tidak banyak mengandung air.

Loading...

Follow us