Manfaat Mengkonsumsi Kurma Untuk Kesehatan Ketika Buka Puasa

4/5 (2)

Ketika bulan Ramadhan semua umat muslim menjalankan puasa wajib.

Di bulan suci ini kita dituntut untuk menjalankan puasa dengan sebaik mungkin. Agar puasa kita tetap lancar maka kita harus memperhatikan pola makan ketika buka atau sahur. Saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis agar pencernaan tidak kaget. Salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika buka puasa yaitu buah kurma.

Kurma merupakan buah yang sangat identik dengan bulan Ramadhan. Ketika bulan Ramadhan jumlah kurma di pasaran biasanya meningkat dan lebih banyak dibandingkan dengan hari hari biasanya. Memang pada kenyataannya mengkonsumsi buah kurma ketika buka puasa sangat dianjurkan. Bukan tanpa alasan, pasalnya buah kurma akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Buah kurma memiliki rasa yang manis dan teksturnya begitu lembut. Rasa manis dari buah yang satu ini diyakini mampu mengembalikan energi kita yang hilang setelah menjalankan puasa selama sehari penuh. Tidak hanya itu, mengkonsumsi beberapa buah kurma akan menekan nafsu makan kita sehingga mencegah kita untuk makan berlebihan pada saat buka puasa. Seperti yang kita ketahui makan berlebihan tidak baik untuk kesehatan, khususnya untuk sistem pencernaan. Mengkonsumsi buah kurma mampu mengontrol nafsu makan.

Buah kurma memiliki kandungan yang terbilang lengkap dibandingkan dengan buah yang lainnya. Kandungannya tersebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan buah kurma di antaranya yaitu gula, mineral, protein, lemak dan berbagai macam vitamin. Lantas apa saja manfaat kurma untuk kesehatan di bulan puasa? Simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini.

Manfaat Kurma di Bulan Puasa

Mencegah Sembelit

Ketika bulan puasa biasanya banyak orang mengalami gangguan sistem pencernaan. Salah satu gangguan pencernaan yang sering menghampiri yaitu sembelit. Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan sistem pencernaan yang mana penderitanya akan mengalami pengerasan tinja, sehingga tinja akan sulit keluar. Rasa sakit yang sangat hebat biasanya akan dirasakan oleh penderitanya. Gangguan sistem pencernaan ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa. Kurma memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan sangat efektif dalam mengatasi masalah sistem pencernaan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply