data-ad-format="auto"

Manfaat Mengejutkan Dari Mengkonsumsi Kulit Buah-Buahan

Apakah anda penggemar buah-buahan? Jika punya kebiasaan mengupas kulit buah sebelum mengkonsumsinya, ada baiknya anda hentikan kebiasaan tersebut. Karena cara untuk mendapatkan nutrisi paling optimal dari buah-buahan adalah dengan mengkonsumsinya bersama dengan kulitnya. Dan beberapa kulit buah-buahan bisa dikonsumsi bersama dengan kulitnya dan memberikan manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan. Apa saja? simak berikut ini.

1.    Kulit Lemon

Meski kulit lemon rasanya sedikit pahit, namun kulit lemon adalah makanan yang berhasiat melancarkan pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah, meredakan kram dan menguatkan system imun. Apalagi saat ini, kulit lemon bisa anda jumpai dalam bentuk olahan makanan seperti manisan.

2.    Kulit Apel

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Kandungan vitamin A dalam kulit apel mampu memperbaiki pertumbuhan sel dan penglihatan. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga mampu memperkuat system imunitas dan meningkatkan produksi kolagen untuk kulit yang lebih sehat. Tak hanya itu, kandungan vitamin K yang tinggi didalamnya membantu pembekuan darah dan asam folat yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk pembentukan sel-sel baru. Kandungan lain seperti mineral, serat dan antioksidan kaya akan manfaat untuk kesehatan seperti kandungan kalsium dan fosfor yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang lebih kuat.

3.    Kulit Semangka

Sebenarnya, bagian semangka yang terdekat dengan kulit yang berwarna putih adalah sumber vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, beta-carotene, Zat besi, kalsium, lycopene dan seng yang begitu bermanfaat bagi kesehatan. Untuk itu, ada baiknya jika anda mulai menghilangkan kebiasaan anda membuang bagian kulit semangka. Karena sebenarnya sumber vitamin terbesar ada disana.

4.    Kulit Jeruk

Selain aromanya yang begitu menyegarkan, manfaat dari kulit jeruk juga begitu baik untuk kesehatan. Seperti mengobati rasa mual dan kembung (50 gram kulit jeruk direndam dalam anggur putih selama 20 hari, kemudian diminum), meningkatkan nafsu makan (kulit jeruk yang telah dikeringkan dicampur dengan daun teh kemudian rebus bersamaan seperti teh), mengobati mastitis atau bengkak payudara karena ASI berlebihan (rebus kulit jeruk segar dengan akar manis angkat dan tunggu hingga hangat kemudian diminum). Selain itu banyak kandungan vitamin yang terkandung didalamnya seperti vitamin C, antioksidan, vitamin B6, serat dan froktosa yang baik untuk menurunkan gula arah pada tubuh.

5.    Kulit Kiwi

Salah satu buah yang manfaatnya tak kalah dengan buah-buah lain adalah buah kiwi. Bukan hanya buahnya saja yang kaya akan vitamin, kulit kiwi juga kaya akan mineral dan antioksidan yang mampu menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat memicu timbulnya penuaan pada kulit. Kulit buah ini juga terbukti mampu menyehatkan jantung dan dapat dinikmati dalam bentuk salad atau smoothies.

Berikut adalah beberapa manfaat dari kulit buah-buahan, semoga dengan membaca artikel ini wawasan anda menjadi lebih luas dan anda mulai sadar untuk tidak membuang kulit buah yang biasa anda konsumsi, karena manfaat terbesar sebenarnya ada disana.

Loading...

Follow us