Manfaat & Bahaya Laser Hair Removal Bagi Tubuh Anda

5/5 (2)

Bagi setiap orang tentunya ingin memiliki kulit yang bersih dan juga halus tanpa bulu. Bagaimanapun juga, bulu memang mengganggu penampilan kita baik bulu tangan, kaki, dan juga ketiak. Hal ini dikarenakan bulu-bulu halus tersebut cukup terlihat jelas sehingga besar kemungkinan kita harus mengatasi agar bulu halus tersebut tidak terlihat oleh orang lain.

Banyak orang yang merasa kurang percaya diri karena banyaknya bulu-bulu halus yang menyelimuti kulitnya. Besar kemungkinan mereka enggan untuk masuk ke dunia luar dikarenakan bulu halus tubuhnya terlihat dengan jelas. Terlebih bagi Anda yang bekerja dengan mengandalkan penampilan. Tentu, kondisi ini harus benar-benar Anda hindari karena akan menghambat kepentingan dan juga aktivitas Anda.

Terlepas dari hal tersebut tentunya banyak sekali orang yang saat ini menggunakan teknik laser untuk menghilangkan bulu-bulu halus. Mereka mempercayai bahwa dengan menggunakan teknik laser, bulu-bulu halus akan terangkat dan hilang dengan sempurna. Kelebihan yang bisa Anda ambil dari teknik laser ini yakni tidak adanya rasa sakit saat melakukan teknik laser ini. Namun, apakah teknik mengangkat bulu halus tersebut aman? Untuk itu, ketahuilah manfaat dan bahayanya berikut ini!

Apa Itu Laser Hair Removal?

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui akan istilah yang satu ini. Istilah ini yakni merujuk pada satu teknik perawatan untuk menghilangkan bulu-bulu halus. Dalam teknik ini, laser hair removal yakni metode untuk menghilangkan bulu-bulu halus dengan teknik laser. Cara yang satu ini yakni terbilang cukup efektif karena tidak menimbulkan rasa perih dan juga sakit saat proses pencabutan bulu halus ini.

Teknik laser hair removal ini yakni dapat dilakukan di beberapa bagian tubuh manapun. Akan tetapi, biasanya orang banyak orang yang meminta untuk menghilangkan bulu halus pada bagian kaki , punggung, perut dan juga dada. Namun perlu Anda ketahui bahwa teknik pencabutan bulu dengan laser ini tidak dapat dilakukan pada bulu yang berwarna terang atau pirang. Cara menghilangkan bulu ini yakni dengan menggunakan pancaran sinar yang cukup kuat, namun tidak mematikan folikel rambut pada kulit tubuh Anda.

Dengan begitu, pertumbuhan bulu-bulu yang halus ini akan berhenti dan bulu tersebut akan rontok secara alami. Perlu Anda ketahui bahwa laser hair removal ini tidak bersifat permanen. Sehingga  tidak heran jika setelah perawatan bulu Anda akan tumbuh lagi. Meskipun pada umumnya rambut baru akan tumbuh lebih halus dengan warna yang lebih pudar.

Proses Menghilangkan Bulu Dengan Teknik Laser

Dalam melakukan perawatan untuk menghilangkan bulu halus, tentunya ada beberapa proses dan juga langkah yang harus Anda tempuh. Proses ini tentunya terbilang cukup lama dalam melakukan perawatan. Berikut ini ada beberapa proses yang mungkin Anda lalui saat akan menghilangkan bulu dengan menggunakan teknik laser, diantaranya:

Pembersihan area yang akan dilaser

Sebelum melakukan perawatan tentunya area kulit yang akan dihilangkan bulunya, dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan gel pada area yang sudah dibersihkan. Gel ini tentunya  berupa gel mati rasa sehingga tidak akan memberikan sensasi perih dan juga sakit saat proses laser. Gel ini tentunya dapat bekerja selama 30-60 menit.

Proses laser

Setelah habis waktu maksimal untuk penyerapan gel mati rasa, tentu saatnya melakukan perawatan di ruangan khusus laser. Anda akan disarankan untuk memakai kacamata agar dapat terlindung dari paparan sinar laser. Bagaimanapun juga, sinar laser akan merusak mata kita. Kemudian, perawatan akan menyinari bagian area yang ingin dihilangkan bulunya dengan menggunakan laser. Dalam proses ini Anda akan merasakan sensasi seperti kesemutan, hangat dan juga seperti dijepret dengan menggunakan karet gelang. Teknik laser ini tentunya akan merontokkan bulu halus dengan cara penguapan dengan sinar laser. Perlu Anda ketahui bahwa upa yang ditimbulkan dari laser ini akan berbau hangus seperti belerang.

Pengobatan laser

Setelah semuanya selesai, tentu saatnya bagi Anda untuk proses pemulihan. Lama dari pengobatan sinar laser tergantung dari ukuran dan juga area tubuh. Anda tentunya dapat membersihkan bulu yang ada di sekitar bibir dan hanya akan berlangsung selama beberapa menit. Jika sinar laser pada bagian tubuh lebih luas, maka pengobatan tersebut akan berlangsung lebih dari satu jam. Tentunya, hasil yang akan didapatkan oleh setiap orang berbeda-beda tergantung dari ketebalan bulu, jenis laser, warna kulit, dan juga bagian tubuh. Pada umumnya, jumlah bulu yang berkurang yakni sekitar 10-25 persen. Setelah Anda melakukan pengobatan pertama tentunya Anda akan membutuhkan sekitar 2 sampai 6 kali perawatan laser untuk menghilangkan bulu secara keseluruhan.

Manfaat Laser Hair Removal

Setelah pengobatan laser, tentunya Anda akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Berikut ini ada beberapa manfaat dari laser hair removal, diantaranya:

– Manfaat laser hair removal yang pertama tentunya dapat dilakukan di berbagai bagian tubuh

– Laser hair removal juga tidak dapat memberikan rasa sakit yang tidak terlalu parah sehingga dapat diberikan dengan menggunakan perawatan lain yakni dengan teknik waxing.

– Manfaat selanjutnya yakni dimana perawatan dengan teknik laser dapat secara efektif menunda pertumbuhan rambut dan juga bulu-bulu dalam jangka yang cukup panjang. Sebagian besar orang justru mengatakan bahwa pertumbuhan rambut dan juga bulu pasca perawatan akan berkurang. Kondisi ini tentunya akan membuat mereka berhenti untuk mencukur dan juga waxing rambut.

– Manfaat selanjutnya yakni dimana bulu-bulu halus akan kembali tumbuh hingga beberapa bulan dan bahkan bertahun-tahun. Saat Anda mendapati bulu halus tumbuh kembali, jumlahnya akan lebih berkurang dari pertama kali tumbuh.

– Setelah melakukan perawatan laser, tentunya ketebalan bulu akan lebih halus dan juga tipis, namun tidak begitu terlihat.

Namun, demi menjaga agar tubuh bebas dari bulu, maka Anda disarankan untuk melakukan perawatan laser.

Risiko Laser Hair Removal

Tentunya Anda jangan senang dulu dengan manfaat dari laser hair removal. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa risiko yang mungkin akan Anda hadapi pasca melakukan laser hair removal. Berikut ini ada beberapa risiko dan juga efek samping dari perawatan laser hair removal, diantaranya:

– Anda akan mengalami iritasi kulit,  rasa yang tidak nyaman pada kulit, terjadinya kemerahan dan juga pembengkakan pada area yang telah dihilangkan bulu halus tersebut. Gejala dan juga tanda dari risiko tersebut tentunya akan hilang dalam waktu beberapa jam setelah proses laser hair removal selesai dilakukan.

– Risiko yang mungkin terjadi dari laser hair removal yakni dengan adanya pigmentasi yang dapat mengalami perubahan pada kulit.

– Laser hair removal tentunya  bisa membuat kulit menjadi lebih gelap atau lebih terang, meskipun pada umumnya kondisi ini hanya terjadi sementara. Namun, jika terjadi kesalahan dalam penggunaan laser, maka akan membuat kulit lebih gelap dari sebelumnya. Inilah yang menjadi alasan banyak orang mengapa memutuskan ingin melakukan teknik laser hair removal.

– Laser hair removal ini tentunya dapat menyebabkan terjadinya penebalan pada kulit, jaringan parut, perubahan lain dalam tekstur kulit dan juga menyebabkan lecet.

– Risiko lain yang mungkin bisa Anda hadapi yakni dengan timbulnya uban dan juga bulu halus yang tumbuh secara berlebihan pada area yang akan diobati. Selain itu, laser hair removal juga tidak disarankan untuk daerah yang ada di sekitar kelopak mata. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan luka parah yang terjadi pada sekitar mata.

– Paparan dari sinar lain tentunya dapat mengganggu dan juga merangsang produksi melanin. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan mengalami yang namanya hipopigmentasi atau pencerahan kulit. Jika merangsang melanin, maka Anda akan mengalami penggelapan kulit.

– Jika tidak dilakukan secara hati-hati, maka perawatan laaser hair removal dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada mata akibat sinar dari laser tersebut.

– Gatal-gatal merupakan efek samping pasca melakukan teknik laser hair removal.

– Laser kemungkinan besar akan membakar folikel rambut serta membakar kulit Anda.

– Infeksi yang cukup parah tentunya dapat terjadi akibat dari perawatan laser hair removal.

Setelah kita mengetahui akan manfaat dan juga bahayanya bagi tubuh kita, maka tentunya Anda sudah dapat memutuskan dengan bijak sebelum Anda mulai melakukan perawatan laser hair removal. Dari segi manfaat dan juga bahaya tentunya laser hair removal ini lebih banyak memberikan efek samping dibandingkan dengan manfaatnya untuk kesehatan. Namun jika Anda ingin melakukan treatment ini, maka pastikan Anda memiliki klinik terbaik untuk meminimalisir terjadinya efek samping tertentu. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel