data-ad-format="auto"

Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Asparagus, merupakan sayur hijau yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui dikarenakan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat. Sayur asparagus telah diketahui banyak manfaat untuk kesehatan, terutama dalam menjaga kesehatan yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular, memperbaiki fungsi hati, dapat mencegah kram, dan juga memperbaiki ginjal.

 

Bagi ibu hamil asparagus memiliki manfaat tersendiri, lima batang asparagus diperkirakan memiliki kandungan 100 mikrogram asam folat. Seperti kita ketahui kandungan asam folat diantaranya untuk mencegah terjadinya cacat pada kelainan janin yang berhubungan dengan saraf janin, spina bifida dan juga anencephali. Kandungan asam folat yang terdapat pada sayur asparagus bermanfaat dalam menjaga kesehatan terutama bagi ibu hamil yang mengalami hipertensi. Kandungan dari asam folat dapat menurunkan kadar homosistein yang bertujuan untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh ibu hamil.

 

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Kandungan asam folat di dalam asparagus dalam bermanfaat juga untuk membentu sel sel baru dalam proses replikasi DNA, proses ini sangat penting terjadi pada janin selama kehamilan di bulan bulan pertama kehamilan. Bahkan dalam beberapa studi penelitain kandungan asam folat yang terkandung di dalam asparagus dapat menekan serangan jantung dan kanker sehingga dapat menjaga kesehatan selama kehamilan tetap prima.

 

Tidak hanya kandungan asam folat yang terdapat di asparagus yang baik sebagai makanan untuk ibu hamil akan tetapi kandungan senyawa glutathion yang dapat berperan sebagai antioksidan dimana dapat menangkal serangan dari radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Bahaya dari radikal bebas untuk ibu hamil antaranya adalah dapat menyebabkan kerusakan DNA dan sel sel lainnya pada tubuh janin.

 

Selanjutnya adalah kandungan inulin yang terdapat di dalam asparagus yang akan bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan. Inulin merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia akan tetapi dapat berperan dalam kandungan bakteri baik dalam saluran cerna sekaligus melindungi tubuh dari serangan bakteri jahat. Bagi ibu hamil asparagus dapat memberikan manfaat secara fungsional bagi kesehatan.

 

Cara menyajikan asparagus dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan campuran tumisan lain atau dibuat sup.Asparagus tidak akan membahayakan dikonsumsi oleh ibu hamil selama porsi yang dikonsumsi tidak berlebihan, hal ini dikarenakan semua sayur dan buah yang asalnya akan bermanfaat bagi ibu hamil akan tetapi apabila dikonsumsi berlebih maka justru menjadikannya masalah. Tidak hanya untuk ibu hamil, asparagus memiliki manfaat untuk ibu menyusui. Asparagus digunakan sebagai obat khusus oleh masyarakat sejak dulu dalam meningkatkan produksi ASI. Manfaatnya adalah untuk dapat menyeimbangkan hormon wanita dan juga meningkatkan jumlah kandungan ASI yang diproduksi.

 

Selanjutnya berdasarkan penelitian yang dilansir dari yahoo shine menemukan bahwa asparagus termasuk sayuran yang memiliki efek sebagai kontrasepsi alami. Pada saat ilmuwan menggunakan hewan tikus dimana diberi makan biji asparagus, sayur asparagus atau ekstrak asparagus maka hasilnya menunjukan bahwa akan mempengaruhi kesuburan yang signifikan. Disimpulkan bahwa asparagus dapat dijadikan sebagai alat kontrasepsi alami yang dapat menghambat implamantasi embrio dan mencegah pembuahan terjadi. Meskipun demikian untuk penggunaan sebagai alat kontrasepsi ini dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut karena dirasa masih memiliki kelemahan.

Loading...

Follow us