data-ad-format="auto"

Manakah yang Akan Anda Pilih, Telur Ayam atau Telur Bebek?

Rasa-rasanya, hampir setiap hari banyak kita jumpai kuliner berbahan dasar telur. Telur unggas seperti ayam dan burung memang lazim dikonsumsi manusia sejak ribuan tahun silam. Ya, telur memang merupakan bahan pangan yang paling mudah dan paling banyak dijumpai pada masakan kuliner Indonesia, sekaligus memiliki kandungan gizi yang begitu tinggi.

Olahan dari telur ini banyak dijumpai dengan berbagai olahan seperti di rebus, di goreng di kukus dan masih banyak lagi. Dibandingkan dengan telur lainnya, telur ayamlah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Lantas, bagaimana dengan telur bebek? Mengapa pamor dari telur bebek bisa lebih kalah jika dibandingkan dengan telur ayam? Lalu benarkah telur ayam lebih baik dibanding telur bebek? Yuk, kita cari tahu apa sih sebenarnya perbandingan antara telur ayam dengan telur bebek itu?

Inilah dia daftar perbandingan telur ayam dengan telur ayam :

1.    Ukuran dan Ciri Fisik

Mengenai ukuran, tentunya telur bebek memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan telur ayam. Selain itu, ciri fisiklah yang membuat perbedaan kontras antara kedua telur ini, yakni telur ayam memiliki cangkang brarna coklat kemerahan sedangkan telur bebek memiliki warna hijau kebiruan dengan ukuran yang relatif lebih besar dibandingkan dengan telur ayam.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2.    Kandungan Vitamin

Sebagaimana dijelaskan diatas, bahwasanya ukuran telur bebek lebih besar dibandingkan telur ayam ini berarti ukuran kuning telur dari telur bebek tentunya lebih besar daripada telur ayam. Dilihat dari segi kualitatif, kandungan dari kedua telur ini hampir sama kulaitasnya. Namun, jika dilihat dari segi kuantitatif untuk masing-masing kadar vitamin dalam telur bebek tentunya lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam. Kandungan vitamin tersebut diantaranya yakni vitamin B6, vitamin A,E,D, B 12, asam pantotenat, folat, niacin, thiamin, retinol dan riboflavin.

3.    Kandungan Protein dan Karbohidrat

Telur bebek mengandung sedikit lebih banyak protein dibandingkan dengan telur ayam. Namun dalah hal kandungan karbohidrat jumlah kandungan antara kedua telur ini memiliki kandungan karbohidrat yang sama jumlahnya.

4.    Kandungan Mineral

Kandungan mineral pada kedua telur ini sama, yakni mengandung zat besi, mangan, tembaga , kalium , selenium, natrium dan zinc. Namun dalam hal jumlah, kandungan mineral pada telur ayam jumlahnya sedikit lebih banyak dibandingkan dengan telur bebek, yang mana dalam hal ini membuat telur ayam sedikit lebih unggul dibandingkan dengan telur bebek. Namun beberapa kandungan lainnya, jumlah lebih banyaknya masih dimiliki oleh telur bebek.

5.    Kalori

Kandungan kalori pada kedua telur ini ternyata diungguli oleh telur bebek, pada telur bebek terkandung sebanyak 185 kCal energi, jumlah ini jauh jika dibandingakan dengan kandungan kalori yang terdapat pada telur ayam, yakni hanya 149 kCal energi.

6.    Kandungan Kolesterol

Seperti halnya telah dibahas diatas, bahwa ukuran telur bebek lebih besar dibandingkan telur ayam. Yang mana ini berarti bahwa ukuran kuning telur yang terdapat pada telur bebek tentunya lebih besar dibandngkan pada telur ayam. Ukuran kuning telur yang lebih besar menandakan bahwa kolesterol yang terkandung pada telur bebek lebih tinggi daripada telur ayam. Jumlahnya saja, pada setiap 100 gram telur bebek mengandung sekitar 884 mg kolesterol, sementara pada setiap 100 gram telur ayam jumlah kandungan kolesterolnya hampir mencapai setengah kandungan dari telur bebek, yakni hanya 425 mg.

7.    Kandungan Lemak

Pada setiap 100 gram telur bebek mengandung sekitar 3.68 gram asam lemak jenuh, kandungan ini jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah kandungan asam lemak jenuh yang terkandung pada telur ayam yang hanya sebesar 3.1 gram. Namun, untuk kandungan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) pada telur bebek mengandung 50 persen lebih banyak dibandingkan dengan jumlah yang terkandung pada telur ayam.

8.    Manfaat dalam Pembuatan Kue

Selama ini, mungkin hanya telur ayam yang dikenal mampu membuat hasil dari pembuatan kue menjadi memuaskan. Namun tahukah anda, ternyata dnegan menggunakan telur bebek pada bahan pembuatan kue, mampu membuatan hasil kue menjadi lebih renyah, mengembang g dan rasanya lebih baik dibandingkan dengan menggunakan telur ayam, seperti yang selama ini telah banyak dipergunakan.

Dan itulah dia beberapa daftar data dari kandungan yang terdapat dari telur ayam dan telur bebek. Dan ternyata setelah diteliti, kandungan telur bebek memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan telur ayam. Terlepas dari kandunagn kolesterolnya yang lebih tinggi, dan ternyata telur bebek bisa pula dimanfaatkan layaknya sebagaimana telah kita manfaatkan telur ayam selama ini. Dan sekarang, saatnya anda mulai memilih telur mana yang menjadi pilihan anda.

Loading...

Follow us