data-ad-format="auto"

Mana Yang Lebih Sehat, Makanan Dibakar atau Digoreng?

Anda termasuk pencinta kuliner,menikmati makanan dengan berbagai proses dikukus, digoreng, dibakar atau makan mentah. Salah satu trend makanan yang sering kita temui adalah dibakar atau digoreng, selain mudah untuk disajikan langsung, pengusaha resto lebih meliriknya karena mengundang minat dari semua kalangan. Beberapa prokontra proses memasakpun mencuat, ada yang mengatakan makanan dibakar mengandung karsinogen, zat yang meningkatkan resiko kanker ada pula yang justru membantah karena makanan digoreng justru lebih berpotensi mengakibatkan kolestrol jahat, lantas mana yang benar ?

Makanan Dengan Proses Dibakar

Proses pembakaran makanan dengan suhu yang tinggi tidak baik karena akan merusak protein yang terkandung di dalam bahan makanan (apalagi untuk anda yang menggunakan ikan dan daging untuk bahan utamanya), protein dari bahan-bahan tersebut berubah menjadi amina heterosiklik sehingga jika masuk ke dalam tubuh akan meningkat dan mengakibatkan peningkatan resiko terhadap kanker payudara, kanker lambung, kanker usus besar dan kanker lambung. Tidak semua daging dengan proes dibakar membahayakan anda. Dengan proses dibakar anda akan menghindari pengaruh buruk dari penggunaan minyak yang akan mengakibatkan kolestriol jahat masuk ke dalam tubuh anda.

Dalam memilih makanan dengan proses dibakar anda dapat menggunakan langkah berikut :

1.    Jangan Terlalu Sering

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Mengkonsumsi makanan dengan jangka waktu yang sering dan berlebihan akan berdampak pada tubuh anda, begitu juga dengan makanan dengan proses dibakar. Selain itu anda dapat menggunakan bumbu yang sederhana, jangan membuat bumbu yang lebih tebal  disalah satu bagian karena dikhawatirkan akan membuat bagian tersebut gosong sehingga memicu karsinogen.

2.    Pilih Daging Sehat

Pada dasarnya bahan yang anda gunakan baik dari daging unggas, daging merah atau sejenis ikan memberikan manfaat untuk tubuh anda. Disarankan untuk anda yang menggunakan daging merah memilih daging tanpa lemak karena dapat memperkecil bahaya makanan yang dibakar, selain itu anda bisa membuang terlebih dahulu kulit unggas agar lebih sehat.

3.    Panggang dengan cara tepat

Anda bisa menggunakan proes yang tepat sehingga tidak membahayakan tubuh, seperti dengan memanggang pada jarak 15 cm, jangan terlalu dekat karena akan merusak protein pada bahan daging tersebut. Kemudian panggang sebentar saja anda bisa terlebih dahulu mengolah bahan makanan dengan direbus atau dioven sehingga tidak mengundang karsinogen tinggi pada makanan anda. Bungkus dengan aluminium foil sehingga tidak menimbulkan bagian yang gosong.

Makanan Dengan Proses Digoreng

Makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak yang tidak sehat (minyak bekas) akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Termasuk untuk anda yang sering menggunakan minyak penggorengan lebih dari tiga kali pemakaiannya meski terihat jernih akan tetapi kandungannya akan merusak tubuh karena telah digunakan berulang ulang. Dengan menggunakan minyak yang berulang akan mengakibatkan kolestrol jahat yang memicu penyakit jantung, dalam jangka waktu pendek akan mengakibatkan gatal pada tenggorola anda. Sebaiknya anda hindari penggunaannya karena berbahaya bagi kesehatan mengakibatkan berbagai jenis penyakit termasuk hati atau liver.

Makanan digoreng akan aman dikonsumsi jika menggunakan proses yang tepat:

  1. Tidak menggunakan minyak bekas
  2. Pada jenis Ikan tidak digoreng terlalu matang apalagi hingga gosong karena akan menghilangkan protein yang dikandung.
  3. Makanan yang anda goreng tidak mengandung banyak minyak, sehingga memimalisir masuknya pengaruh buruk bagi kesehatan

Dengan demikian dapat disimpulkan proses yang anda gunakan untuk memasak baik dengan cara dibakar atau digoreng aman dikonsumsi untuk anda asalkan anda memperhatikan proses yang aman dalam memasaknya, jangan terlalu sering dan ketergantungan dalam satu proses (digoreng saja atau dibakar saja). Sehingga dapat menjaga kesehatan anda dan keluarga.

Loading...

Follow us