Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag Pada Saat Buka dan Sahur

disebutkan tadi.

Jenis Buah Tertentu

Buah memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, meskipun begitu ada beberapa buah buahan yang tidak baik dikonsumsi untuk mereka yang menderita maag. Buah yang perlu dihindari oleh penderita maag yaitu durian, nanas, belimbung, mangga muda dan belimbung wuluh. Buah buahan seperti yang sudah disebutkan tadi mengandung asam yang tinggi. Jika dikonsumsi maka resiko naiknya asam lambung akan tinggi.

Makanan Bercita Rasa Pedas

Seperti yang kita ketahui mereka yang menderita penyakit maag dilarang untuk mengkonsumsi makanan pedas. Makanan pedas dapat membuat lambung teriritasi. Selain itu, makanan pedas juga akan membuat perut anda tidak nyaman. Makanan pedas yang seharusnya dihindari yaitu, saos panas, cabai, saos tomat, saos cabai dan makanan lainnya yang bercita rasa pedas atau mengandung cabai dan merica. 

Makanan Berat

Seperti yang kita ketahui, ketika menjalankan puasa kita tidak makan atau minum selama seharian. Biasanya ketka buka puasa banyak orang yang balas dendam dengan mengkonsumsi makanan berlebih. Bagi mereka penderita maag sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan berat ketika buka puasa. Hal ini dilakukan agar lambung tidak bekerja dengan langsung atau mendadak. Jika lambung bekerja keras dengan mendadak, maka asam lambung pun akan ikut meningkat. Jika dibiarkan dan tidak diatasi akan menyebabkan lambung terluka dan sistem pencernaan akan terganggu.

Makanan Mengandung Lemak Berlebih

Menu makanan yang harus benar benar diindari oleh mereka penderita maag yaitu makanan yang mengandung minyak dan lemak berlebih. Makanan mengandung lemak dan minyak berlebih akan sulit untuk dicerna. Jika dipaksakan maka lambung akan bekerja dengan keras. Makanan berminyak yang harus dihindari yaitu jeroan, gorengan, cokelat dan kue tart.

Makanan Mengandung Alkohol

Beberapa makanan yang mengandung alkohol harus dihindari bagi mereka penderita maag. Makanan beralkohol seperti tape ketan, tape singkong, manisan buah dan sayur sering disajikan ketika bulan puasa. Rasanya memang sangat nikmat mengkonsumsi makanan tersebut ketika buka puasa. Namun, tahukan anda makanan tersebut dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Daging Tinggi Lemak

Daging tinggi lemak dapat menyebabkan asam lambung naik. Daging tinggi lemak yang dimaksud yaitu daging sapi dan daging kambing. Jika mengkonsumsi daging tersebut, maka lemak akan mengendap di dalam perut. Yang mana keadaan ini akan meningkatkan resiko naiknya asam lambung. Jika anda ingin mengkonsumsi daging tersebut memang sah-sah saja. Namun, alangkah lebih baik jika anda membatasinya. Misalkan satu kali dalam satu minggu.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita maag saat puasa, baik ketika berbuka puasa maupun sahur. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply