Makanan yang Dapat Mengatasi Sembelit dan Perut Kembung Saat Puasa


Daftar Isi

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu menu sehat yang bisa anda coba ketika berbuka puasa maupun sahur. Kita akan terhindar dari gangguan sistem pencernaan ketika mengkonsumsi oatmeal. Oatmeal mengandung banyak serat, yang mana serat tersebut merupakan serat larut dan serat tidak larut. Kedua serat yang dikandung oatmeal tersebut dibutuhkan agar pencernaan tetap dalam keadaan sehat. Mengkonsumsi oatmeal akan membuat anda kenyang dalam waktu yang lebih lama. Sehingga dengan begitu anda tidak akan cepat lapar pada saat menjalankan puasa. Selain baik untuk sistem pencernaan, oatmeal juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat. Hal ini akan mengurangi resiko terkena serangan jantung maupun stroke.

Apel

Pada umumnya buah apel disukai oleh banyak orang. Buah yang satu ini ternyata bermanfaat untuk mengatasi masalah sistem pencernaan. Pasalnya, buah apel merupakan salah satu buah yang mengandung serat tak larut air. Serat tersebut mampu membersihkan sisa makanan yang terdapat pada usus, kemudian dibuang melalui feses. Selain kaya akan serat, apel juga kaya akan kandungan lainnya seperti enzim dan pectin. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menyingkirkan atau memecah partikel makanan yang tidak baik untuk tubuh, yang mana dapat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan. Namun, bagi anda yang memiliki jenis perut sensitif harus menghindari mengkonsumsi apel secara langsung. Anda bisa mengkonsumsi apel dengan cara dipanggang terlebih dahulu.

Pepaya

Seperti yang kita ketahui, buah pepaya adalah buah yang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Mengkonsumsi buah pepaya merupakan salah satu cara untuk mengatasi perut kembung atau sembelit. Di dalam buah pepaya terkandung enzim alami yang disebut dengan papain. Enzim tersebut mampu membantu tubuh kita dalam memecahkan makanan yang menjadi penyebab sembelit, sakit perut atau diare. Jika ingin puasa anda lancar dan terbebas dari penyakit sistem pencernaan, maka alangkah lebih baik jika anda sering mengkonsumsi buah pepaya baik saat sahur atau buka. Selain baik untuk sistem pencernaan, buah pepaya juga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita maag karena buah pepaya dapat mengatasi rasa panas yang disebabkan karena asam lambung naik.

Labu Kuning

Labu kuning merupakan makanan yang dapat mengatasi perut kembung. Labu juga bisa mencegah jumlah gas berlebih dalam perut. Anda bisa mengolah labu menjadi kolak atau menu takjil lainnya.

Brokoli

Selain oatmeal, brokoli juga merupakan makanan yang kaya akan serat dan manfaat. Anda bisa memasukan brokoli ke dalam menu makan. Anda bisa mengolahnya menjadi lalapan maupun diolah menjadi hidangan tertentu baik tumis atau sayuran. Kandungan serat tinggi yang terdapat dalam brokoli bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain baik untuk sistem pencernaan, brokoli juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, menangkal radikal bebas dan masih banyak lagi manfaat lainnya

Itulah beberapa makanan yang dapat mengatasi perut kembung dan sembelit ketika puasa. Mulailah dengan menerapkan pola makan sehat agar terhindar dari gangguan sistem pencernaan sehingga puasa anda tetap lancar.

Leave a Reply