Makanan yang Dapat Mengatasi Sembelit dan Perut Kembung Saat Puasa

5/5 (1)

Puasa di bulan Ramadhan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim.

Di bulan yang penuh berkah ini setiap orang berupaya untuk mengumpulkan pahala. Puasa yang dijalankan ketika bulan Ramadhan memiliki banyak mafaat untuk kesehatan. Namun, di samping itu tidak jarang juga beberapa orang justru mengalami gangguan kesehatan. Gangguan yang sering terjadi ketika bulah puasa yaitu gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan yang sering terjadi ketika bulan puasa di antaranya yaitu sembelit dan perut kembung. Sembelit atau konstipasi merupakan keadaan dimana penderitanya tidak bisa buang air besar yang disebabkan mengerasnya tinja. Penderitanya bisa saja tidak buang air besar secara teratur ataupun tidak sama sekali. Keadaan ini memiliki tingkat keseriusan yan berbeda-beda pada setiap penderitanya. Beberapa penderita mengalaminya dalam waktu yang singkat, namun ada pula yang mengalaminya dalam waktu yang cukup lama. Sembelit atau konstipasi akan menimbulkan rasa sakit dan membuat penderitanya tidak nyaman sehingga kegiatan sehari-hari akan terganggu. Sedangkan perut kembung merupakan keadaan dimana perut terasa penuh. Bahkan perut akan terlihat membesar. Keadaan seperti ini tentunya akan membuat kita terganggu dan tidak nyaman. Bahkan biasanya disertai dengan gejala seperti buang angin terus menerus, perut terasa bergejolak dan bersendawa. Perut kembung biasanya disebabkan karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat.

Pada saat puasa, tepatnya ketika berbuka dan sahur anda harus memperhatikan setiap makanan dan minuman yang anda konsumsi. Jika anda tidak memperhatikannya maka sembelit atau perut kembung bisa anda alami. Ada beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk mencegah keadaan tersebut. Apa saja makanan yang dimaksud? Untuk mengetahuinya simak langsung pembahasan di bawah.

Makanan yang Dapat Mengatasi Sembelit dan Perut Kembung Saat Puasa

Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah khas Indonesia. Diketahui kayu manis dapat mencegah gangguan sistem pencernaan di antaranya sembelit dan perut kembung. Untuk memanfaatkannya anda bisa mencampurkan kayu manis dengan menu makanan atau minuman yang anda konsumsi. Gas yang berlebih pada perut bisa berkurang dengan mengkonsumsi rempah yang satu ini. Ketika memanfaatkannya anda bisa menaburkan pada makanan yang hendak anda konsumsi, namun ingat jangan terlalu berlebihan karena sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Anda cukup menaburkannya sebanyak satu  sendok teh saja.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel