Makanan yang Dapat Mencegah dan Mengendalikan Diabetes Melitus

Penderita diabetes hingga sampai saat ini terus saja mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Tidak hanya terjadi di negara maju namun juga negara berkembang seperti Indonesia misalnya, kenaikan jumlah penderita penyakit yang satu ini terus mengalami progres yang cukup memprihatinkan. Tak ayal, angka kesehatan ini sudah seharusnya menjadi wasapada untuk setiap masyarakat Indonesia. Sebab pada dasarnya, penyakit diabetes tidak hanya menyerang kaum lansia saja, anak muda dan orang dewasa sekalipun beresiko meningkatkan penyakit ini lebih tinggi apabila mereka tidak mampu menjaga berat badannya dengan baik.

Salah satu faktor pemicu kondisi diabetes yang muncul didalam tubuh umumnya selalu berkaitan erat dengan gaya hidup yang dijalankan oleh si penderita. Banyak diantara mereka mengabaikan gaya hidup yang kurang sehat dan menerapkannya menjadi sebuah kebiasaan. Padahal hal seperti ini tentu tidak memberikan manfaat yang baik untuk kesehatannya. Sebaliknya, penyakit dan ancaman diabetes akan semakin nyata.

Akan tetapi rupanya saat ini kita nampaknya bisa bernafas lega sebab kini penyakit yang satu ini dapat dikendalikan dan dicegah lewat makanan. Konsumsi makanan memang erat kaitannya penyakit diabetes. Akan tetapi, bila anda mengkonsumsi beberapa jenis makanan dibawah ini maka anda akan dapat menghidarkan tubuh anda dari resiko diabetes yang mengerikan. Mari kita simak dibawah ini.

Kunyit

Memang nenek moyang kita sudah tahu benar jika kunyit adalah produk empon-empon yang kaya akan manfaat dan berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Sebuah hasil penelitian medis modern menyatakan bahwa bahan yang tekandung didalam kunyit dapat bekerja dan melindungi seseorang dari serangan diabetes dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada didalamnya pun akan dapat membantu mencegah resiko kanker serta mencegah terjadinya peradangan.

Untuk itulah mulai saat ini jangan lewatkan konsumsi terhadap makanan ini. Kunyit dapat dijadikan sebagai lalapan dalam tradisi orang-orang Sunda. Hanya saja, bila anda belum berani menyantap kunyit mentah sebagai lalapan maka anda dapat menggunakan bahan ini untuk dijadikan jamu atau diperas dan diambil airnya.

Buah Anggur

Jika anda mengkonsumsi sebanyak 10 buah anggur dalam satu hari maka anda sudah dapat mengurangi resiko terkena diabetes. Hal ini dikarenakan didalam 10 buah anggur ditemukan sebanyak 8 gram karbohidrat, 7 gram gula dan sebanyak 0,7 gram serat. Hal ini berarti bahwa jumlah karbohidrat dalam buah anggur sangat sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu, buah anggur juga dapat bekerja untuk menurunkan indeks glikemik yang berarti tidak memiliki respon yang tinggi terhadap kenaikan kadar gula didalam tubuh.

Sementara itu, beberapa senyawa yang penting dalam anggur yang akan dapat bekerja melawan diabetes adalah senyawa yang dinamakan dengan resveratrol. Senyawa ini menjadi zat yang penting untuk dapat mengendalikan berat badan dan menyeimbangkan kebutuhan karbohidrat didalam tubuh.

Bukan hanya itu, konsumsi anggur dapat dijadikan sebagai sumber vitamin C dan buah dengan kandungan kalsium yang banyak ini akan baik untuk kesehatan tulang anda. Buah anggur juga akan dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya jika mulai saat ini beralihlah konsumsi buah anda dengan jenis yang lebih sehat.

Buah Persik

Buah yang berasal dari China merupakan buah yang memiliki kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi. Bukan hanya itu, kandungan didalam buah ini pun cukup mencengangkan dan akan baik untuk tubuh. Beberapa kandungan penting didalam buah persik diantaranya adalah mineral, serat dan juga vitamin. Selain itu, buah persik juga kaya akan kandungan:

  • Limpahan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata
  • Kandungan vitamin C yang begitu kaya
  • Beta karoten
  • Buah dengan kandunagn asam folat yang juga baik untuk dikosumsi oleh ibu hamil
  • Kandungan kalsium yang cukup bayak
  • Tembaga
  • Kandungan Seng yang baik menutrisi tubuh
  • Kandungan fosfor yang melimpah

Selain itu, buah persik pun masuk kedalam jenis buah yang tida mengandung lemak, rendah kalori dan dapat menurunkan koleterol dengan lebih baik. Buah persik juga menganduk senyawa fenolik yang dapat mengatasi peradangan dan emncegah oksidasi LDL serta lipoprotein yang baik. Jadi demikian buah ini masuk kedalam jenis buah yang baik untuk menangkal diabetes didalam darah.

Buah Apel

Hasil penelitian di Finlandia membuktikan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi buah apel atau makanan lainnya yang mengandung quersetin menderita diabetes dan kematian akibat jantung 20 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak sama sekali mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat ini. Selain buah apel, zat yang sama dapat anda peroleh dari beberapa bahan lainnya seperti bawang, tomat, sayuran berdaun hijau dan juga buah-buahan lainnya. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mulai mengkonsumsi sajian makanan ini untuk dijadikan menu sehari-hari demi menjaga kesehatan anda.

Buah Plum

Semua orang yang ingin mencegah diabetes perlu terbiasa untuk menyantap buah-buahan yang segar, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah plum. Konsumsi buah plum dengan kandungan tanpa pengawet dan tanpa tambahan gula akan dapat anda konsumsi selama dua kali dalam satu minggu. Hal ini dikarenakan buah plum memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Khasiat buah plum adalah kadar air yang rendah dan makanan yang kaya akan serat sehingga bahan yang satu ini akan sangat baik untuk menjaga sistem metabolisme tubuh dan mencegah penumpukan gula didalam darah. Dimana ini berarti resiko diabetes akan dapat anda hindari dengan baik.

Bukan hanya itu, konsumsi terhadap buah yang satu ini pun akan dapat dijadikan sebagai sumber kolagen yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda. Kandungan vitamin E yang melimpah didalam buah inipun akan sangat baik untuk kesehatan dan peremajaan kulit. Buah plum pun dipercaya sebagai buah yang dapat bekerja untuk menambah darah.

Melon

Melon menjadi satu dari sekian banyak jenis buah yang memiliki kandungan air yang banyak. Serat dan rasa manis yang alami dari buah melon pun membuatnya menjadi salah satu buah yang segar dan nikmat untuk disantap. Banyak penderita diabetes takut mengkonsumsi buah melon karena rasa manisnya yang cukup kentara.

Akan tetapi rupanya buah melon dapat berkhasiat untuk membantu menurunkan takanan darah yang tinggi, mengatur detak jantung menjadi lebih stabil dan juga menjaga indeks glikemik didalam darah yang rendah. Dengan demikian, tidak ada salahnya untuk mulai memasukan konsumsi makanan ini pada menu harian anda. Selain lebih sehat buah ini segar dan nikmat untuk dikonsumsi tentunya.

Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Pada intinya menjaga asupan makanan dalam tubuh adalah hal penting yang perlu diterapkan untuk mencegah tubuh anda dari resiko diabetes dan segala penyakit berbahaya lainnya yang mungkin menyerang bagian tubuh.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply