Makanan Penting, Ibu Menyusui Harus Tahu

5/5 (1)

1.  Sayuran

Sayuran merupakan sumber utama zat besi, serat, folat, beta-karoten, vitamin C, lycopene, flavonoids dan beta-glukan. Mengonsumsi makanan kaya zat besi membantu mempertahankan tingkat energi Anda dan dapat mencegah anemia. Asam Folat atau folat sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Inilah sayuran yang memiliki manfaat ekstra ketika anda sedang menyusui seperti  bayam, selada, tomat, ketimun ,  jamur,  jagung, kentang, labu. Disarankan untuk anda mengkonsumsi sayuran 3-5 porsi setiap hari.

2.  Buah-buahan

Pada dasarnya buah-buahan adalah memberikan manfaat terbaik untuk tubuh anda, penting untuk anda yang sedang menyusui mendapatkan asupan buah-buahan yang mengandung vitamin A, B, K dan C. Vitamin C diperlukan untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat untuk Anda dan bayi anda. Hal ini juga membantu tubuh menyerap zat besi. Buah buahan seperti Blackberry, blueberry,dan stroberi mengandung antioksidan dan serat dalam jumlah yang tinggi. Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan dengan cara alami tanpa diolah atau di jus. Ketika menyusui asupan nutrisi dari buah-buahan bisa anda tingkatkan dengan porsi 3-5 setiap harinya.

3.  Biji-bijian

Seluruh biji-bijian merupakan sumber vitamin B dan vitamin E, selenium, kalium, folat, protein dan zat besi. Biji-bijian yang baik untuk ibu menyusui adalah biji-bijian yang mengandung nutrisi dan serat alami yang tidak rusak ketika proses pengolahan. Anda  dapat meningkatkan konsumsi  oatmeal, roti gandum dan  beras merah. Disarankan untuk anda mengkonsumsi biji-bijian 6-11 porsi perhari, hal ini dapat anda lakukan dengan menjadi kudapan yang sehat dan memberikan manfaat.

4.  Kacang-kacangan

Kacang mengandung banyak protein dan merupakan sumber yang baik mengandung lemak sehat untuk menu anda ketika sedang menyusui. Protein sangat penting untuk memperbaiki sel sel di dalam tubuh. Jenis kacang-kacangan yang terbaik yaitu mengandung vitamin B, E, C, folat, kalium, kalsium, magnesium dan fosfor. Tingkat kecukupan kalsium diperlukan untuk membangun tulang yang sehat dan gigi. Kacang  dapat menjadi pilihan cemilan anda ketika sedang menyusui yaitu jenis kacanng kenari, kemiri atau hazelnut.

5.  Ikan

Untuk anda yang sedang menyusui biasakan untuk menambahkan ikan pada menu anda. Ikan tinggi omega-3 yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Meskipun menurut penelitain mengatakan tidak semua jenis ikan aman untuk anda yang sedang menyusui karena dikhawatirkan mengandung merkuri yang tinggi sehingga kesehatan bayi anda terganggu. Jenis ikan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika anda sedang menyusui adalah ikan hiu, ikan todak, makarel, atau ikan ubin. Untuk anda yang sedang menyusui disarakan untuk mengkonsumsi 12 ons seminggu, adapun ikan rendah merkuri yang aman dikonsumsi ibu hamil adalah ikan tuna, ikan salmon dan lele.

6.  Susu

Vitamin D yang berasal dari susu mampu membuat bayi anda tumbuh sehat dengan adanya pertumbuhan dan pembentukan tulang yang sempurna. Susu juga dapat membantu anda dalam menghasilkan produksi  ASI, karena mampu merangsang produksi susu yang dibutuhkan anda. Kandungan nutrisi tambahan dari susu mampu membantu anda memberikan kualitas asi yang terbaik.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel