Makanan Melawan Kelelahan Selama Kehamilan

3.75/5 (4)

Berikut adalah beberapa makanan untuk ibu hamil yang akan membantu anda dalam mengatasi kelelahan pada masa kehamilan :

1.  Ikan Laut

Ikan yang berasal dari laut memiliki kandugan yang berbeda dengan ikan air tawar, mengingat konsentrasi garam yang terkandung di dalam air laut lebih tinggi. Ikan laut memiliki keunggulan ketimbang dengan ikan tawar diantaranya dengan kandungan asam lemak omega 3 yang lebih tinggi dan juga kandungan antioksidannya yang sangat penting untuk kehamilan anda. Meskipun demikian anda harus memilih ikan laut jenis tertentu untuk menghindari kandungan yang merkuri tinggi sehingga mengakibatkan gangguan pada janin. Pilihan jenis ikan salmon, sarden dan tuna untuk menghindari kandungan merkuri yang tinggi.

2.  Yoghurt

Kandungan yoghurt yang tinggi akan kalsium, protein, vitamin D dan juga serat dapat memenuhi kebutuhan gizi pada ibu hamil. Kandungan dari vitamin yang terdapat dari yoghurt akan membantu anda dalam mencegah preeklampsia selain itu kandungan yang tinggi serat membantu untuk mengurangi resiko gangguan pencernaan pada ibu hamil. Hal terpenting dari yoghurt ternyata dapat membantu anda dalam mengurangi kelelahan ketika trimester awal kehamilan dan menjelang persalinan. Yoghurt yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jenis plain yoghurt atau sweet plain (yang hanya ditambahkan gula atau madu saja)

3.  Buah Pisang

Ibu hamil rentan terhadap gangguan kesegaran termasuk anemia yaitu penyakit yang diakibatkan karena kurangnya zat besi yang terdapat di dalam tubuh ibu hamil. Maka disarankan untuk ibu hamil mengkonsumsi buah pisang yang memiliki manfaat untuk menambah energi untuk mengusir kelelahan yang disebabkan karena kehamilan. Anda dapat mengkonsumsi secara utuh atau dengan olahan beberapa menu makanan anda sehingga mengurangi bosan dalam mengkonsumsinya.

4.  Bayam

Kandungan asam folat yang terkandung di dalam bayam akan membantu dalam menjaga perkembangan janin. Selain tinggi dengan kandungan asam folat ternyata bayam memiliki kandungan zat besi yang membantu dalam mengatasi anemia yang sering kali terjadi pada ibu hamil. Anemia adalah satu penyebab dari munculnya kelelahan, lesu dan kurang berenergi selama kehamilan.

5.  Buah jeruk

Kandungan vitamin C di dalam jeruk akan membantu anda dalam meningkatkan kekebalan di dalam tubuh selama kehamilan.Selain itu kandungan folat akan membantu anda dalam menjaga perkembangan organ janin anda. Buah jeruk dapat anda olah menjadi jus jeruk untuk memberikan kesegaran dan mengusir kelalahan selama kehamilan anda.

6.  Lobak

Lobak atau dikenal dengan bahasa latin Raphanus sativus termasuk jenis tanaman musiman. Lobak sangat bermanfaat pada ibu hamil dalam mengatasi kekurangan kalsium yang menyebabkan gangguan kesehatan termasuk kelelahan.

7.  Buah Delima

Buah delima dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga dengan kondisi darah anda yang lancar akan terhindar dari kelelahan dan menjaga keseimbangan metabolisme di dalam tubuh. Selain itu kandungan dalam buah delima akan membantu anda dalam mengatasi keguguran dan akan mengurangi kecederaan otak  selama perkembangan janin berlangsung.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel