data-ad-format="auto"

Makanan Bayi: Tips Aman Membuat Sendiri Makanan Bayi

Anda dapat dengan aman dan mudah membuat makanan bayi anda sendiri dengan sedikit waktu dan usaha. Makanan bayi buatan sendiri merupakan pilihan alternatif yang paling sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan bayi yang sering diiklankan dan hasilnya adalah sebuah susunan makanan enak yang tidak dapat anda dapatkan ketika menggunakan kaleng-kaleng makanan yang diiklankan. Berbeda dengan yang orang kira sebelumnya, membuat makanan bayi sendiri ternyata sangat aman ketika anda mengikuti beberapa langkah-langkah yang mudah.

Salah satu yang dimiliki perusahaan makanan bayi dan yang tidak bisa anda miliki adalah peralatan untuk membuat makanan bayi tersebut steril dan bersih. Namun bukan berarti anda tidak bisa menjaga makanan bayi anda dari kuman atau kotoran-kotoran yang mungkin muncul pada makanan bayi yang anda buat sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal mudah dan cepat yang bisa anda lakukan untuk memastikan makanan bayi yang anda buat aman untuk dikonsumsi.

Persiapan – Anda, Tempat dan Alat-alat

Selalu pastikan anda sudah benar-benar mencuci tangan anda dengan bersih. Mungkin hal ini menjadi hal yang biasa, namun kami hanya ingin mengingatkan anda. Pastikan semua alat-alat atau tempat yang anda gunakan seperti konter dapur, peralatan masak, panci, papan pemotong dan blender benar-benar bersih; Akan lebih baik jika anda menggunakan sabun anti bakteri ( Menggunakan sebuah sabun anti bakteri alami merupakan pilihan yang baik bagi anda yang tidak menyukai pembersih yang banyak diiklankan).

Jangan pernah menggunakan papan pemotong yang sama dengan yang digunakan untuk memotong daging, buah dan sayuran. Anda harus memiliki papan pemotong yang khusus untuk persiapan daging dan papan pemotong khusus untuk sayuran dan buah.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Metode Aman Untuk Mempersiapkan Makanan Yang Layak

Buah-buahan dan sayuran

Selalu pastikan buah-buahan dan sayuran yang digunakan untuk membuat makanan bayi dicuci sampai bersih. Walaupun anda tidak menggunakan kulit buah atau sayuran tersebut dan walaupun anda membeli buah dan sayuran organik, anda harus selalu membersihkan buah dan sayuran tersebut.

Mengupas kulitnya, dan menghilangkan biji-bijinya adalah hal yang penting dilakukan sebelum mulai memasak. Namun, ada contoh ketika anda tidak perlu mengupas atau menghilangkan biji pada buah atau sayuran. Contoh tersebut akan bervariasi tergantung dari usia bayi anda, buah atau sayuran yang akan anda masak dan bagaimana cara anda memasaknya.

Menggunakan papan pemotong dari kayu lebih aman dibanding yang berbahan plastik. Telah dibuktikan bahwa bakteri dapat lebih mudah dibersihkan dan dihilangkan dari papan pemotong berbahan kayu.

Daging

Ketika mempersiapkan daging, tangan anda harus selalu berada dalam keadaan bersih atau gunakanlah sarung tangan plastik sebisa mungkin. Jika anda berniat melakukan persiapan bahan makanan selain daging, selalu pastikan anda mencuci tangan setelah memegang daging. Cucilah tangan anda selalu setelah memegang daging, khususnya setelah memegang bahan-bahan daging unggas – termasuk telur. Jangan menggunakan permukaan atau peralatan yang sama untuk buah dan sayuran anda. Menggunakan papan pemotong berbahan kayu lebih aman dibandingkan yang dari bahan plastik. Hal ini telah dibuktikan bahwa bakteri lebih mudah dihilangkan atau dibersihkan dari papan pemotong berbahan kayu

Selalu cairkan daging didalam kulkas atau microwave dan jangan pernah diatas konter. Jangan pernah berikan daging mentah atau daging setengah matang, daging unggas, ikan dan telur pada bayi anda. Dengan kata lain, bayi dan juga balita membutuhkan daging yang matang.

untuk memastikan keamanannya, semua daging seperti daging unggas maupun daging merah, termasuk ikan harus dimasak seperti cara berikut ini:

  1. Masak semua daging merah sampai suhu terdalam atau setidaknya sampai 71 derajat celcius. Cek suhunya dengan menggunakan termometer daging.
  2. Masaklah daging putih unggas sampai suhu terdalam atau setidaknya mencapai 76 derajat celciust dan daging hitam unggas sampai mencapai 82 derajat celcius  untuk kematangannya. Cek suhu daging dengan menggunakan termometer daging.
  3. Masaklah ikan sampai suhu terdalam atau setidaknya sampai 71 derajat celcius. Cek suhu daging dengan menggunakan termometer daging.

Tips Keamanan Makanan dan Yang Harus dilakukan

Meninggalkan makanan diluar konter atau pada suhu ruangan: Jangan meninggalkan makanan yang belum dimasak atau bahkan yang sudah dimasak diluar konter atau pada suhu ruangan lebih dari dua jam. Makanan beku tidak boleh dicarikan lalu dibekukan lagi tanpa dimasak terlebih dahulu. Makanan beku harus berada pada suhu 0 derajat atau bahkan dibawah 0 derajat.

makanan bayi yang sudah dimasak yang dimasukan dalam kulkas tidak boleh lebih dari 48-72 jam sebelum digunakan atau dibekukan. makanan dalam mesin pembeku memiliki bermacam waktu penyimpanan. Sangatlah bijaksana jika anda menggunakan kotak makanan bayi dalam satu bulan. ( Artikel menarik lainnya: Nama Bayi Laki-Laki )

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us