Makan Lebih Banyak di Pagi Hari Buat Wanita Lebih Subur?

PCOS adalah sebuah gangguan pada tubuh yang berupa meningkatnya hormon intim pria (teststeron) pada wanita. Akibatnya, para wanita yang mengalaminya akan mengalami siklus menstruasi yang tidak seimbang dan menentu. Jika hal ini terjadi, maka akan berimbas pada kesulitan wanita yang merencanakan kehamilan. Dalam studi ini para ilmuwan melibatkan sekitar 60 responden wanita yang didiagnosa menderita PCOS. semua responden juga dipertimbangkan dalam kondisi fisik yang sehat. Setelah itu, semua responden memperoleh asupan kalori perhari sebanyak 1.800.

Meskipun mendapatkan asupan yang sama, para responden yang keseluruhan adalah wanita mengkonsumsinya dalam waktu yang berbeda. Kelompok A mengkonsumsi sebanyak 980 kalori di pagi hari. Sedangkan kelompok lain mengkonsumsinya dimalam hari. Dari keseluruhan proses penelitian, diperoleh satu hasil bahwa kelompok yang mengkonsumsi banyak kalori di pagi hari mengalami penurunan hormone testosterone hingga mencapai 50 persen. Kelompok ini juga mengalami kenaikan pada hormo reproduksi hingga mencapai 105 persen. Selain itu, hampir sebagian responden pada kelompok ini juga mengalami proses ovulasi pada akhir penelitian.

Sementara itu pada kelompok yang lebih banyak mengkonsumsi kalori di malam hari, penurunan hormone testosterone dan kenaikan hormon reproduksi hanya terjadi pada sekitar 20% para perempuan. Semakin banyak mengkonsumsi kalori dipagi hari, berkaitan dengan banyaknya manfaat yang diperoleh untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut antara lain adalah lancarnya metabolism dalam tubuh, turunnya berat badan dan sensitivitas insulin yang meningkat. Menurut seorang ilmuan dari Hebrew University, Jerusalem Oren Froy, Ph.D. menyatakan bahwa sensitivitas insulin inilah yang nantinya akan menurunkan tingkat hormone testosterone pada para wanita yang menderita PSOS.

Manfaat besar yang dapat dituai dari mengkonsumsi makan dalam porsi besar dipagi hari juga setara dengan lamanya waktu tidur di malam hari. Pola seperti ini menolong mengatur produksi hormone di dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan salah atau kelebihan memproduksi hormone tertentu. Oren juga mengungkapkan manfaat melahap makan dengan porsi besar dipagi hari, bukan saja mampu meningkatkan kesuburan pada para penderita PCOS, namun juga berlaku pada para wanita sehat. Oren juga menyarankan untuk menyantap hingga setengah jatah kalori per hari saat makan pagi. Sedangkan sisanya bisa disantap saat siang, sore atau malam hari dengan tetap menyantap makanan yang tinggi akan protein dan karbohidrat, untuk kesuburan dan stamina tubuh yang lebih baik.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply