data-ad-format="auto"

Macam-Macam Jenis Penyakit Paru yang Perlu Diwaspadai

Mengalami masalah dengan bagian sistem pernapasan, tentu menjadi hal yang sangat menakutkan.

Betapa tidak, sistem pernapasan adalah sebuah sistem inti dala organ tubuh kita yang akan memegang pernaan penting dalam kehidupan kita. Bayangkan, ketika anda tidak bisa bernapas meski satu menit saja, apa yang akan terjadi dengan anda? Jika bukan karena anda adalah seorang manusia super yang dibekali dengan kemampuan menahan napas yang lama, maka mungkin saat ini masa hidup anda sudah habis.

Ya, ketidak mampuan seseorang untuk bernapas lagi seringkali disebutkan bahwa orang tersebut telah meninggal dengan segala hal mendukung lain yakni berhentinya detak jantung. Untuk itulah, banyak orang yang akan dihantui dengan perasaan takut dan khawatir saat dirinya didiagnosa oleh dokter mengalami masalah dengan sistem pernapasannya.

Selain itu, rasanya segala gangguan yang terjadi dengan tubuh akan tentu saja menjadi kabar buruk dan akan menghantui siapa saja yang mengalaminya, termasuk mungkin kita semua pada saat ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Dengan demikian, mencegah segala ancaman penyakit adalah hal penting yang harus senantiasa dilakukan seseorang guna menjaga agar tubuhnya tetap sehat. Seperti yang kita ketahui, dengan tubuh yang sehat maka segala ancaman penyakit tidak akan bisa masuk dan menyerang.

Termasuk dengan berbagai penyakit paru. Macam-macam penyakit paru adalah salah satu jenis penyakit yang paling mematikan didunia yang mana dampaknya akan sangat membahayakan. Untuk itulah, bahaya penyakit ini perlu lah diwaspadai betul.

Apalagi, jenis penyakitnya amat beragam dan begitu pula dengan penyebabnya yang cukup bervariasi. Penyakit ini, tercatat sebagai salah satu penyakit paling mematikan didunia, bahkan ancamannya sampai ke seluruh dunia.

Sebagai salah satu organ sistem pernapasan pada manusia yang amat berperan penting dalam kehidupan. Maka penting sekali menjaga kesehatan organ bagian ini. Selain itu, paru-paru juga sekaligus sebagai salah satu organ pada sistem respirasi sekaligus erat hubungannya degan sistem peredaran darah pada bagian vertebrata ini berfungsi sebagai orga yang mampu menukarkan oksigen dan karbon dioksida yang terkandung pada darah. Untuk itulah, mengingat fungsinya yang amat penting, maka ketika macam-macam penyakit paru-paru menyerang seseorang, maka jelas sudah kehidupan orang tersebut akan terganggu.

Nah, untuk mengetahui berbagai jenis ancaman penyakit yang bisa mengancam bagian paru-paru, maka berikut ini kita akan simak seperti apa saja penyakit yang dapat menyerang organ vital yang kerap dihinggapi oleh berbagai penyakit ini.

macam penyakit paru

Kanker Paru-Paru

Penyakit paru-paru yang pertama adalah kanker paru-paru. Penyakit yang satu ini disebut-sebut merupakan penyebab kematian terbesar bila dibandingkan dengan penyakit paru lainnya. Pada kondisi lebih buruk, penyakit yang satu ini bisa beresiko kematian.

Penyakit yang satu ini memiliki gejala seperti menurunnya berat badan pada si penderita, batuk-batuk, napas yang terasa sesak, mudah lelah dan sakit dibagian dada. Untuk kenampakan gejala, tanda-tanda tersebut akan mulai terlihat dengan lebih jelas ketika kanker sudah menyebar ke seluruh tubuh dan membesar.

Lalu, apakah penyebabnya? Salah satu penyebab paling umum dari serangan penyakit ini adalah paparan asap rokok. Untuk itulah, orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok akan lebih cenderung berpotensi menaikan resiko terserang ini lebih besar dibandingkan orang-orang yang tidak merokok. Akan tetapi, bukan hanya perokok aktif saja yang beresiko terserang penyakit ini, perokok pasif pun rentan terkena serangan kanker paru-paru.

Adapun untuk mengatasi hal ini, maka untuk para perokok adalah dengan menghentikan kebiasaan merokoknya. Sementara untuk anda yang tidak merokok adalah dengan menghindari paparan asap rokok atau kenakan masker saat anda menghampiri area-area yang terdapat kepulan asap rokok.

Pneumonia

Penyakit yang kedua adalah pneumonia. Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit yang menular. Adapun penyebab dari penyakit ini adalah karena adanya infeksi akibat paparan virus, bakteri dan jamur. Umumnya, bakteri yang paling sering menyebabkan penyakit pneumonia terjadi pada seseorang adalah bakteri jenis Streptococus dan Mycoplasma pneumoniae yang dapat menyebabkan infeksi jaringan paru atau parenkim. Serupa dengan kanker paru, gejala yan sering muncul dari penyakit ini adalah sesak napas, demam dan batuk berdakak.

Umumnya, pengobatan yang dilakukan untuk menangani penyakit paru yang satu ini adalah berupa pemberian obat antibiotik berdasarkan dengan jenis penyebab dan tingkat keparahan dari penyakit ini. Akan tetapi, kondisi pneumonia yang semakin parah bisa juga dipengaruhi karena kesalahan memberikan jenis antibiotik yang kurang tepat.

Untuk itulah, berkonsulatasi dengan dokter mengenai gejala dan segala hal yang anda rasakan akan menjadi bahan pertimbangan dokter dalam menentukan pemberian obat selain dengan melakukan pemeriksaan lebih intens lainnya.

Efusi Pleura

Penyakit ini terjadi akibat adanya sejumlah cairan berlebih yang mengelilingi bagian paru-paru di bagian dalam membran yang berlapis ganda. Dua lapis membran paru-paru atau pleura dilumasi oleh sedikit cairan akan dapat memungkinkan si paru mengalami kenaikan ukuran atau mengembang dan berkontraksi dengan halus pada dinding dada. Infeksi seperti halnya pneumonia, tuberkolosis, gagal jantung dan juga kanker akan dapat menimbulkan penggumpaan cairan diantara bagian pleura. Jumlah pengendapan cairan ini bisa mencapai 3 liter yang mana sejumlah cairan ini akan dapat menekan bagian paru.

Emfisema

Penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit paru ostruktif kronik yang melibatkan adanya kerusakan pada kantung udara (alveoli) dibagian paru-paru. Kondisi ini akan dapat mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen.

Untuk itulah ketika kondisi ini terjadi, maka yang terjadi dengan si pasien adalah sulitnya ia untuk bernapas. Selain itu, si penderita akan cenderung mengalami beberapa kondisi lain yang cukup mengkhawatirkan diantaranya adalah batuk kronis dan juga sesak napas.

Adapun penyebab paling umum dari penyakit yang satu ini adalah kebiasaan merokok. Untuk itu, bagi anda para perokok, maka sebaiknya hindari kebiasaan ini untuk mengurangi resiko terkena paparan penyakit berbahaya ini.

Silikosis

Silikosis adalah salah satu penyakit paru yang terjadi akibat lingkungan pekerjaan. Dalam kata lain, penyakit ini resikonya akan lebih besar pada penderita yang bekerja dalam lingkungan dimana terdapat sumber yang bisa membuat silikosis terjadi.

Penyakit ini merupakan suatu pneumokoniosis yang diakibatkan oleh inhalasi partikel-partikel kristal silika bebas. Adapun silika merupakan jeni bahan yang banyak digunakan dalam bahan baku bahan bangunan dan perusahaan kontruksi.

Dalam kasus ini, silika yang bentuknya padat, tidaklah berbahaya, sementara untuk silika dengan bentuk butiran debu bila terhisap dan masuk kedalam tubuh lalu mengendap dibagan saluran perpanasan, hal ini akan berakibat buruk untuk kesehatan.

Asma

Penyakit paru lainnya adalah asma. Penyakit yang satu ini mungkin sudah tidak lagi asing ditelinga, sebab penyakit ini sudah banyak diderita oleh banyak penderita. Di Indonesia sendiri, penyakit asma dikenal dengan penyakit sistem pernapasan yang sangat umum.

Penyakit asma terjadi karena akibat adanya peradangan dibagian paru-paru yang menimbulkan serangan sesak napas dan juga mengi secara berulang-ulang. Penyakit ini merupakan suatu kelainan paru yang paling banyak dan cukup bervariasi.

Adapun mekanisme terjadinya asma pada seseorang adalah ketika bagian saluran pernapasan mengalami penyempitan, sehingga terjadi serangan sesak napas. Penyempitan yang terjadi dapat diperburuk apabila didalam saluran pernapasan terdapat lendir yang berlebihan. Kondisi penyakit ini pada umumnya lebih banyak menyerang anak-anak.

Itulah dia segelintir jenis penyakit paru yang perlu diwaspadai. Demikianlah, semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk anda dan kita semua.

Loading...

Follow us