Lingkar Kepala Dapat Deteksi Kesehatan Bayi Anda?

Dalam mendeteksi gangguan ukuran kepala maka anda dapat menggunakan skala Nelhaus. Ukuran lingkar kepala dapat dibedakan menjadi dua yaitu mikrosefali dan makrosefali. Pada kasus mikrosefali ukuran lingkar kepala akan lebih kecil dibandingkan dengan standar deviasai dari ukuran normal. Sedangkan apabil bayi mengalami kondisi dimana ukuran kepala bayi yang lebih besar dibandingkan dengan normalnya maka dinamakan makrosefali.

Pada kasus mikrosefali umumnya terjadi dikarenakan adanya gangguan pada saat kehamilan, salah satu contohnya infeksi kehamilan dikarenakan oleh mikroorganisme yaitu rubella, virus, herpes. Bahkan dapat pula kondisi ini disebabkan karena gangguan kromosom atau faktor genetik. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan sebelum dan selama kehamilan, perhatikan pula faktor genetik atau asupan gizi ibu hamil.

Meskipun kasus makrosefali sangat kecil pada pertumbuhan lingkaran kepala bayi akan tetapi ada baikna melakukan pemeriksaan. Lakukan pemeriksaan dengan cermat, minta bantuan ahli medis untuk mengetahuinya lebih akurat. Anda dapat meminta bantuan ahli medis untuk melakukan pemeriksaan USG dan CT scan.

Dengan demikian anda dapat melakukan pencegahan dini dengan menghindari terjadinya kelainan dan gangguan lingkar kepala dan juga otak. Selain itu disarankan bagi anda yang akan merencanakan pernikahan untuk melakukan konseling sehingga dapat mengikuti pemeriksaan untuk dapat mendeteksi adanya kelainan kehamilan sejak dini khususnya terhadap bahaya TORCH.Perhatikan pula nutrisi makanan yang dapat meningkatkan perkembangan sistem saraf pusat di otak dan juga sirkulasi oksigen dan replikasi DNA.

 

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons