4 Cara Mengatasi dan Mencegah Leher Hitam Saat Hamil

Cara Mengatasi dan Mencegah Leher Hitam Saat Hamil – Selama masa kehamilan banyak perubahan pada tubuh yang akan terjadi. Salah satu perubahan yang mungkin akan anda alami yaitu perubahan pada warna kulit atau hiperpigmentasi. Biasanya perubahan ini paling sering terlihat di bagian leher.

Beberapa hal dapat berpengaruh untuk kulit, seperti perubahan kadar hormon, perubahan sirkulasi darah serta kekebalan tubuh. Semua perubahan pada kulit yang dialami selama hamil akan sembuh dengan sendirinya setelah buah hati lahir.

Selain itu, faktor keturunan juga dapat menjadi pemicu leher menjadi hitam ketika hamil. Dimana kondisi ini akan menjadi semakin memburuk jika kulit anda terus menerus terpapar oleh sinar matahari tanpa menggunakan perlindungan. Nah, untuk membantu mengatasi dan mencegah leher hitam saat hamil, beberapa perawatan sederhana berikut ini bisa anda coba.

Leher Hitam Saat Hamil

Cara Mengatasi dan Mencegah Leher Hitam Saat Hamil

Perubahan warna di leher mungkin bukanlah masalah yang berbahaya, akan tetapi beberapa ibu hamil merasa terganggu akan warna leher yang menggelap ini. Nah, untuk membantu mencegah atau mengatasi leher hitam saat hamil, beberapa cara di bawah ini bisa anda coba.

Mengaplikasikan Sunscreen

Leher Hitam Saat Hamil

Sebelum anda melakukan kegiatan di luar rumah, pastikan anda mengaplikasikan sunscreen atau sunblock pada semua bagian tubuh anda, tidak terkecuali bagian leher. Sunscreen akan melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari.

  • Pilih dan gunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 supaya lebih efektif melindungi kulit anda dari paparan matahari. Sinar UV akan dapat memicu hiperpigmentasi dan melasma.
  • Jika diperlukan anda dapat menggunakannya beberapa kali dalam selang waktu tertentu.

Hindari Mandi dengan Menggunakan Air Panas

Leher Hitam Saat Hamil

Berendam atau mandi dengan air hangat akan membuat tubuh rileks. Akan tetapi perlu diketahui, paparan air hangat atau panas yang secara berulang akan dapat memicu terjadinya peradangan pada kulit.

  • Oleh karena itu, agar perubahan warna kulit tidak semakin memburuk, anda bisa mandi dengan menggunakan air biasa.
  • Pastikan anda juga menjaga kebersihan tubuh dengan mandi 2 kali sehari agar kotoran pada tubuh hilang.

Jaga Kulit Supaya Tetap Tertutup

Leher Hitam Saat Hamil

Pastikan ibu hamil tidak terkena sinar matahari berbahaya. Paparan sinar matahari akan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Selain memakai sunscreen atau sunblock, pastikan anda juga melindungi area leher anda.

  • Anda dapat menggunakan pakaian yang berkerah atau memakai jaket maupun syal.
  • Jika memungkinkan batasi aktivitas anda di luar ruangan ketika matahari sedang terik.

Mencukupi Kebutuhan Asam Folat

Leher Hitam Saat Hamil

Berdasarkan beberapa ahli menyatakan bahwa kulit yang mengalami perubahan mungkin saja disebabkan karena kebutuhan asam folat yang kurang.

  • Oleh karena itu, pastikan anda mencukupi kebutuhan asam folat untuk mencegah masalah pigmentasi atau komplikasi yang lainnya.
  • Meskipun perubahan warna kulit pada leher tidak berbahaya saat hamil, namun anda bisa berkonsultasi pada dokter atau bidan apabila mengalami peradangan atau kulit melepuh atau disertai dengan nyeri, ruam, gatal atau iritasi yang berlangsung selama beberapa hari.

Baca juga : Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

Itulah beberapa cara mencegah dan mengatasi leher hitam saat hamil. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply