Lebih Waspada, Kenali Berikut Ini Pantangan Untuk Penderita Asma

5/5 (8)

Penyakit asma merupakan satu dari sekian banyak penyakit yang paling banyak dan umum dijumpai pada masyarakat.

Bahkan, data statistik menunjukan bahwa penyakit ini adalah salah satu penyakit yang paling sering mengalami peningkatan tiap tahunnya. Bahkan di tanah air sendiri, terdapat 5-7 juta kasus pada asma menunjukan bahwa 2 juta orang penderita asma diantaranya memerlukan penanganan medis yang serius untuk menangani asma yang dideritanya.

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan terjadinya gangguan dibagian saluran pernapasan. Hal ini tentunya aka membuat si penderita asma merasakan kesulitan sewaktu ia harus bernapas dengan lega. Bahkan pada kondisi tertentu, penderita asma yang sudah akut bisa menyebabkan batuk, sesak nafas dan bahkan sampai dengan pingsan.

pantangan penderita asma

Penyakit asma yang menyerang seseorang bisa mencapai beberapa tahap dimulai dari tahapan yang ringan hingga tahapan berat. Untuk tahap yang lebih berat, maka penderita penyakit pernapasan ini bisa menyababkan kematian. Penanganan penyakit asma sebenarnya tidak dapat disembuhkan secara total dan keseluruhan. Pengobatan yang diberikan oleh dokter biasanya bukan dimaksudkan untuk menghilangkan penyakit ini, namun lebih kepada mengurangi gejala dan dampak yang ditimbulkan. Akan tetapi, dari semua ini, gejala dari penyakit asma bisa dikotrol sehingga si penderita akan dapat menjalankan aktivitas dan kegiatan sehari-hari sebagiamana mestinya orang-orang yang normal.

Meski sebagian orang kerap kali menganggap remeh penyakit ini karena umumnya penyakit ini banyak ditemukan pada banyak orang. Akan tetapi, tetap saja gejala dan resiko dari serangan asma yang terjadi akan membuat susah si penderita. Belum lagi, perasaan panik yang ditimbulkan dari serangan penyakit asma adalah hal yang paling menakutkan dan bisa menjadi faktor yang akan memperburuk keadaan sehingga penanganan terhadap penyakit ini bisa saja terhambat.

Untuk itulah, mengetahui dengan pasti cara mengatasi dan penanganan penyakit asma adalah hal yang penting. Selain itu, mengingat penyakit asma sifatnya bisa kambuh dimana saja dan kapan saja, maka penting juga untuk penderita asma untuk senantiasa memiliki kesadaran diri agar sedapat mungkin menjauhi penyebab timbulnya penyakit ini.

Gejala Penyakit Asma

  • Adapun penyakit pernapasan ini akan timbul dengan ditandai dengan beberapa hal dibawah ini.
  • Ada suara seperti denging yang muncul ketika sedang bernafas.
  • Gangguan tidur karena nafas tidak bisa lega.
  • Sesak nafas yang parah hingga menyebabkan rasa sakit untuk bagian dada.
  • Batuk yang lebih sering terjadi hingga menganggu nafas.

Penderita asma bisa mengalami gejala pada beberapa tingkatan, akan tetapi pada tingkatan paling berat biasanya penyakit ini timbul dengan gejala yang kontinue. Di tahap yang berat, penderita asma sudah tidak bisa melakukan berbagai aktivitas dengan nyaman. Selain itu, umumnya si penderita akan cenderung terlihat lebih pucat dan seolah tak berdaya.

Pemicu Penyakit Asma

Penyakit asma muncul dengan dua kategori yakni asma yang ringan dan asma yang berat. Yang mana tentunya penyakit ini akan menyerang seorang penderita secara bertahap. Mulai dari kondisi yang ringan hingga berkembang menjadi penyakit yang akut. Biasanya, berkembangnya kondisi penyakit ini akan bergantung pada seberapa sigap si penderita memberikan penanganan.

Penyakit asma yang akut biasanya muncul dikarenakan si penderita terlalu mengabaikan penyakit ini atau tidak patuh terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Adapun penyebab yang dapat memicu timbulnya penyakit ini diantaranya karena:

  1. Perokok berat dan perokok pasif.
  2. Anak yang dilahirkan dari ibu yang menjadi perokok aktif selama hamil.
  3. Orang yang menderita alergi (alergi bulu, debu, dan zat kimia)
  4. Keturunan ( biasanya penderita asma memiliki riwayat keluarga kandung yang memang menderita asma).
  5. Orang yang memiliki masalah berat badan berlebih.
  6. Orang yang sering terkena asap kendaraan.

Untuk itulah, salah satu cara terbaik untuk menangani penyakit ini adalah dengan menghindari segala macam hal yang bisa memicu kambuh atau munculnya penyakit ini. Nah, berikut ini ada beberapa pantangan untuk para penderita asma yang sebaiknya tidak dilakukan.

Pantangan Penderita Asma

1. Konsumsi Aspirin

Aspirin termasuk kedalam jenis obat yang dapat memicu timbulnya asma. Konsumsi aspirin dalam jangka waktu yang panjang akan dapat menyebabkan kondisi asma yang akan semakin memburuk. Untuk mengatasi hal ini, maka sebaiknya penderita asma hanya boleh mengkonsumsi obat ini sesuai dengan resep dokter.

Dengan demikian, meskipun seorang penderita asma membutuhkan obat ini, maka pengobatan ini haruslah berdasarkan resep dari dokter dan dosis yang didapatkan haruslah jelas. Meskipun aspirin merupakan obat untuk mengobati penyakit, akan tetapi penggunaan obat ini akan dapat memiliki efek samping untuk penderita asma.

2. Tekanan Emosi yang Terlalu Besar

Stres bisa menjadi salah satu timbulnya asma. Hal ini dikarenakan tekanan emosi yang terlalu kuat seperti halnya perasaan cemas, khawatir dan rasa gembira adalah pemicu timbulnya asma. Pasalnya, tekanan emosi yang terlalu kuat akan dapat menyebabkan perubahan denyut jantung yang amat kuat. Ketika denyut jantung mengalami perubahan yang amat kuat, hal ini akan dapat menyebabkan perubahan pola pernapasan dan memicu timbulnya serangan asma.

3. Produk Makanan Pemicu Alergi

Penderita asma haruslah mengetahui jenis makanan apa yang bisa memicu timbulnya laergi. Hal ini dikarenakan gejala alergi bisa merujuk pada timbulnya serangan asma. Penyakit asma jenis ini adalah asma alegik yang penyebabkan dikarenakan bagian dari reaksi alergi.

Untuk itulah, penting sekali untuk penderita asma melakukan pemeriksaan kesehatan guna mengetahui jenis asma yang diderita. Adapun biasanya beberapa makanan yang seringkali memicu alergi diantaranya asapah makanan dengan kandungan protein yang tinggi seperti halnya susu, kacang, ikan, gandum, kedelai dan beberapa jenis makanan yang mengandung bahan kimia.

4. Garam

Pantangan untuk penderita asma yang lain adalah garam. Bahan bumbu yang seringkali digunakan untuk bumbu masakan ini adalah bagian dari pemicu timbulnya asma. Akan tetapi, itupun jika konsumsinya berlebihan karena dapat menyebabkan kondisi asma yang diderita menjadi semakin buruk. Untuk itulah, sebaiknya untuk para penderita asma hindari konsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi.

Cara Hidup Sehat dengan Penyakit Asma

Meski asma adalah penyakit yang akan menghambat pederitanya terutama saat serangan ini kambuh. Akan tetapi, gejala ini bisa dikendalikan jika penderita asma mau menjalankan pola hidup sehat dan menghindari segala peyebabnya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips hidup sehat dengan penyakit asma.

  1. Jaga kesehatan diri dan jalankan pola hidup yang sehat
  2. Jalani perawatan obat-obatan yang diberikan oleh dokter dan patuhi segala sarannya
  3. Apabila penderita asma sebelumnya memiliki kebiasaan merokok, maka hentikan kebiasaan ini. Ketahui dengan jelas, asap dari rokok adalah pemicu berbahaya untuk penderita asma.

Penyakit asma adalah penyakit yang akan mengganggu dan membuat kegiatan sehari-hari menjadi terhalang. Untuk itulah, penting sekali mencari solusi dan mengetahui hal apa saja yang harus dihindari oleh para penderita asma dengan lebih baik.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel