data-ad-format="auto"

Lebih Menyukai Permainan Lawan Jenisnya, Normalkah?

Mainan merupakan media terbaik dalam mengedukasi anak, mengekspresikan emosi dan belajar untuk berbicara. Dengan mainan yang menjadi favorite anak anda untuk memperoleh kesenangannya, anda dapat mendapatkan pengaruh positif dalam pertumbuhan dan perkembangan anak anda. Meskipun demikian, seringkali anda merasa khawatir apabila anak anda lebih menyukai permainan lawan jenisnya dan berdampak pada psikologinya. Amankah anak lebih menyukai mainan lawan jenisnya?

Mainan anak laki-laki dan mainan anak perempuan menurut Rosalind Chait Barnett,Ph.D hanyalah konsep pemasaran sehingga yang harus diperhatikan oleh orang tua adalah fungsi mainan pada anak-anak untuk menstimulasi kemampuan gerak, pemahaman kasus dan pengendalian emosi pada anak-anak. Anda dapat memilihkan beragam mainan yang memiliki manfaat berbeda dalam menstimulasi anak anda.

Sehingga para orang tua sebaiknya tidak buru-buru khawatir apabila anak perempuan anda bermain perang-perangan atau anak laki-laki bermain rumah-rumahan. Tugas anda adalah mengarahkan dan memberikan penjelasan bahwa permainan itu untuk lawan jenisnya sehingga anda dapat menunjukkan permainan yang dapat mempunyai manfaat serupa dengan permainan favorite anak tersebut. Misalnya jika anak laki laki anda menyukai bermain bongkar pasang rumah-rumahan, anda dapat memilihkan permainan bongkar pasang gedung-gedung bertingkat untuk anak laki-laki anda.

Menurut psikolog Kindlon,Ph.D menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara mainan yang disukai anak pada usia balita menjelang remaja dengan apa jadinya anak tersebut setelah dewasa. Sehingga anda tidak perlu khawatir apabila anak perempuan bermain pistol-pistolan akan membentuk pribadi yang kasar. Sebaiknya anda berikan pengertian dan pengawasan, selama anak anda masih menyukai boneka barbie atau bermain masak-masakan. Kemungkinan anak perempuan anda hanya meniru kakak atau temannya saja sehingga pengarahan yang tepat seperti penjelasan dengan metode pendekatan penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Sedangkan apabila kebablasan sehingga anak perempuan anda tidak menyukai permainan perempuan lebih menyukai bermain mobil-mobilan sehingga semua aksesoris yang menjadi kesukaannya cenderung berorientasi pada lawan jenisnya, anda harus dapat mengetahui sumber mengapa anak perempuan anak-anda menjadi tomboy. Salah satu kemungkinan karena anak anda bereksperimen dengan perilaku sehingga meniru lingkungannya atau ingin menonjol dari orang lain disekitarnya.

Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan ketika anak lebih menyukai permainan lawan jenisnya :

  1. Berikan pengertian tanpa harus mengkritiknya secara perlahan lahan anda dapat mengubah dari kebiasaan mengoleksi permainan lawan jenisnya ke permainan yang sesuai dengan genre nya.
  2. Untuk menjaga psikologinya anda dapat membantunya dalam mengatasi ledekan dan bersama sama dengannya mendiskusikan bahwa kebiasaannya tersebut memang salah. Ajari anak anda untuk menyukai salah satu minat yang sesuai dengan genrenya.
  3. Fungsi sederhana dari mainan adalah untuk menghidupkan pembelajaran yang menarik sehingga pengawasan dan pengertian sangat penting untuk dilakukan pada anak anda.

Dengan demikian anak yang menyukai permainan lawan jenis memiliki latar belakang yang berbeda apabila hanya sebagai alat bermain dengan teman lawan jenisnya dan tidak sering dimainkan apalagi menjadi mainan favorite mungkin suatu hal pengenalan yang biasa dilakukan akan tetapi apabila hingga tidak menyukai permainan khsusus untuk genre anak anda harus diwaspadai agar tidak memiliki kepribadian yang menyimpang dikemudian hari.

Loading...

Follow us