Lakukan Hal ini ! Agar Tak Tersiksa Dengan Rasa Nyeri Karena Duduk Seharian di Kantor

1.    Luruskan Pergelangan Tangan

Kebiasaan anda yang kerap menekuk dan memutar penggelangan tangan saat merasakan pegal-pegal pada tangan, sebaiknya mulai dihindari dari sekarang. Sebuah penelitian menyatakan, melakukan peregangan dengan menekuk dan memutar bagian pergelangan tangan bisa menyebabkan carpal tunnel syndrome, yakni semacam syaraf yang terkilir. Alternative lain, sebaiknya buat posisi pergelangan tangan senyaman mungkin, jika diperluakn gunakan wrist support untuk menahannya agar pergelangan anda lebih mudah dan leluasa bergerak.

2.    Terlalau Menyandar Pada Kursi Tidak Baik

Meskipun posisi menyandar pada kursi dirasa begitu nyaman, namun secara medis nyatanya posisi tersebut tidak baik untuk kesehatan, karena dapat memicu masalah pada tulang bagian belakang. Selain itu, posisi duduk anda didepan computer harus selalu tegak. Bila memungkinkan, sebaiknya sesuaikan setelan kursi agar terasa nyaman dipunggung. Agar resiko osteoporosis bisa sedikitnya anda minimalisir.

3.    Berikan Jeda Istirahat

Pastikan anda memeberikan jeda istirahat, setengah jam sekali amat dianjurkan untuk memecah ketegangan pada mata anda yang terus-terusan mandangi layar monitor. Menatap objek lain selama 20 detik sudah cukup membantu anda meredakan ketegangan. Namun alangkah lebih baik, jika anda bisa menyempatkan diri beranjak dari tempat duduk untuk sekedar berjalan-jalan kecil ke meja rekan kerja atau pergi ke toilet untuk sekedar mencuci muka agar anda terlihat lebih segar. Setidaknya dengan berjalan akan ada peningkatan aktifitas fisik seperti bergerak dan itu baik bagi otot-otot tubuh anda yang tegang.

4.    Jangan Terlalu Memaksakan Mata

Usaha anda melihat tulisan-tulisan kecil pada layar monitor dengan menjulurkan leher agar bisa melihatnya bisa memicu stress dibagian kepala dan lama-kelamaan akan membuat penglihatan anda menjadi kabur. Untuk itu, pastikan jarak mata dengan layar monitor tidak terlalu jauh, dan sebaiknya sesuaikan ukuran tulisan pada layar monitor dengan kemampuan pandang mata anda, agar beban mata anda tidak terlalu berat.

5.    Hindari Pemakaian Keyboard Pada Laptop

Menggunkan laptop sebagai fasilitas kerja anda memang hal yang mudah, dengan begitu anda tidak harus susah payah menyalakan CPU dan menyesuaikan perangkat pendukung lain seperti mouse, keyboard dan lain sebagainya. Namun sayangnya mengetik dengan menggunakan laptop terkadang serba salah. Bila posisi keypad diletakan pada posisi yang nyaman maka posisi layarnya akan terlalu rendah, dan sebaliknya jika layarnya diposisikan ideal maka keypadnya yang akan terlalu tinggi. Dan sebaiknya, mengetik dengan menggunakan laptop anda hindari agar posisi tubuh anda terasa nyaman dan tidak akan terlalu terbebani. Bila memungkinkan, sebaiknya gunakan keyboard eksternal yang terpisah dari laptop agar lebih nyaman.

Berikut adalah beberapa cara yang sebaiknya anda lakukan, agar tubuh anda tidak terlalu terbebani dengan rasa nyeri akibat aktivitas selama dikantor.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel