data-ad-format="auto"

Kunci Penting Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah sebuah kondisi dimana tekanan pada pembuluh darah naik dalam periode waktu yang cukup lama. Kenaikan tekanan darah ini pada umumnya dipicu oleh penyempitan pembuluh darah sehingga menimbulkan timbunan lemak dan zat-zat lainnya. Gejala yang dirasakan pada penderita hipertensi memang sulit untuk diketahui. Hal ini dikarenakan pada umumnya tidak ada gejala khusus atau gejala yang kontras yang dirasakan oleh mereka para penderita hipertensi.

Akibatnya, keterlambatan diagnosa seringkali membuat seseorang sudah masuk dalam tahapan lebih lanjut dari tekanan darah tinggi yang sudah kronis. Kondisi seperti ini tentu saja dapat merugikan karena tanpa disadari kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi ini tiba-tiba bisa tinggi dan kronis. Hal ini pulahlah yang membuat hipertensi menjadi penyebab kematian perlahan yang terjadi di tanah air.

Sementara itu, satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang menderita hipertensi atau tidak adalah dengan melakukan test tekanan darah. Ada dua tipe pengukuran tekanan darah, yakni pada saat jantung berkontradiksi, namun diastol yakni tekanan darah waktu kantung beristirahat atau saat jantung sedang relaks.

Pada dasarnya tekanan darah yang normal pada manusia berkisar antara 90-120 untuk sistolik serta 60-80 untuk diastolik. Sementara itu, bila tekanan darah melebihi angka tersebut maka dapat dipastikan seseorang menderita hipertensi. Sementara itu mengetahui kunci penting menurunkan tekanan darah tinggi adalah hal yang dapat anda pelajari dibawah ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Kunci Penting Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan agar tetap sehat adalah hal penting untuk senantiasa dilakukan oleh para penderita hipertensi. Berat badan yang terjaga dengan baik akan dapat membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah. Oleh karenanya, jika anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas maka sebaiknya upayakan segala hal untuk dapat memangkas berat badan anda sampai ukuran yang ideal. Diet yang seimbang dengan konsumsi makanan sehat adalah salah satu metode penting untuk terus dilakukan. Metode ini akan membantu anda menghilangkan ukuran berat badan dengan lebih cepat dan lebih sehat. Baca juga: Hipertensi Pulmonal, Penyebab Gejala dan Penanganan

Berolahraga

Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit dalam perhari dalam satu minggu aka dapat membantu tubuh anda untk menurunkan tekanan darah secara signifikan. Lantas mengapa hal ini perlu dilakukan secara teratur? Alasannya adalah karena jika anda berhenti olahraga maka tekanan darah ini kembali meningkat.

Sementara itu, jika anda mengalami pre-hipertensi, berolahraga akan dapat membantu anda untuk dapat menghambat terjadinya hipertensi. Atau apabila anda sudah mengalami hipertensi, berolahraga akan dapat membantu tubuh anda mengatur tekanan darah pada tingkatan yang aman. Dengan begini maka pengaturan tekanan darah didalam tubuh akan dapat terkendali dengan baik tanpa anda harus dibayang-bayangi rasa takut dan kekhawatiran yang besar.

Sementara itu, jenis olahraga yang dapat dilakukan yang baik atau cocok dilakukan oleh para penderita hipertensi diantaranya adalah jogging, jalan-jalan, bersepeda menari dan berenang. Bahkan menurut American College of Sports Medicine (ACSM) mengungkapkan bahwa latihan simple yang dilakukan seperti halnya melakukan pekerjaan rumah atau berjalan-jalan akan dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, ACSM merekomendasikan jam minimal setengah dari moderat aktivitas fisik lima hari dalam satu minggu.

Sementara itu, dengan menggabungkan latihan kardiovaskular seperti halnya berenang dalam rutinintas anda, ternyata dapat meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Hal ini pun akan dapat meningkatkan kapasitas paru-paru serta meningkatkan efisiensi jantung. Beberapa kombinasi ini akan dapat mengurangi tekanan darah anda.

Kurangi Kadar Garam Dalam Konsumsi Makanan Sehari-Hari

Dari serangkaian penyabab hipertensi, salah satu penyebab utama yang membuat naik dan tingginya tekanan darah adalah konsumsi garam yang berlebihan dalam konsumsi makanan sehari-hari. Oleh karenanya, guna mengurangi tekanan darah, anda perlu mengurangi konsumsi garam yang dikonsumsi sehari-hari hingga kurang dari satu sendok teh garam per hari dimana hal ini akan dapat memberikan perbedaan besar dalam tekanan darah anda.

Beberapa makanan dalam konsusmi sehari-hari seperti keripik atau makanan ringan pada umumnya memiliki kandungan garam dan perasa gurih yang banyak. Untuk itu, hindari dan kurangi terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan ini. Sebaiknya gantilah makanan ini dengan konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah yang tentunya akan lebih baik daripada konsumsi makanan tersebut. Artikel menarik lainnya: Cara Mengobati Darah Tinggi Mandiri

Pilih Konsumsi Makanan Sehat

Guna menurunkan tekanan darah dengan lebih mudah konsumsi makanan sehat menjadi kunci yang lebih penting untuk selalu dilakukan. Beberapa jenis makanan sehat akan bisa anda dapatkan dari sayur dan buah. Ada cukup banyak jenis sayur dan buah yang akan dapat anda kosumsi sebagai menu harian anda.

Sementara itu, bila anda dirundung kebosanan dengan mengkonsumsi dua bahan ini maka beberapa bahan makanan sehat lain seperti produk olahan susu yang rendah lemak dan kolesterol akan dapat anda konsumsi. Selingi konsumsi makanan ini dengan bertahap agar anda tetap dapat menikmati makanan ini dengan mudah. Sementara itu, anda pun akan dapat mencoba untuk menerapkan pola makan yang sehat seperti halnya berikut ini:

Menulis jenis makanan dalam buku harian. Hal ini tentu saja dilakukan untuk memantau apa dan seberapa banyak konsumsi makanan yang anda kosnusmi dalam satu hari tersebut. Hal ini pun dapat anda jadikan sebagai panduan untuk mengukur dan mengendalikan asupan makanan kedalam tubuh anda.

Mempertimbangkan untuk meningkatkan kalium. Asupan zat ini akan dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh anda. Sementara asupan ini bisa anda dapatkan dari konsumsi buah dan sayur. Perlu diketahui kalium dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah yang baik untuk tubuh anda.

Jadilah pembeli yang kritis dan cerdas. Saat hendak membeli makanan cobalah untuk membaca label nutrisi yang tertera pada makanan tersebut. Selain itu, tetaplah pada rencana konsumsi makanan yang sehat meskipun anda tengah makan diluar.

Berhenti Merokok

Kita dan anda semua tentu sudah tahu bahwa merokok bukanlah pilihan yang baik untuk kesehatan. Dari satu batang rokok yang anda konsumsi akan dapat berkonstribusi untuk meningkatkan tekanan dalam darah. Oleh karenanya, berhenti merokok adalah hal penting yang perlu untuk dilakukan mulai saat ini. Bila perlu diskusikan dengan dokter untuk membuat anda agar cepat berhenti merokok. Yang terpenting komitmen yang tinggi perlu anda tumbuhkan dari dalam diri sebab pada dasarnya tidak mudah untuk melakukan hal ini bila anda tidak konsisten dengan komitmen anda sendiri.

Melakukan Aktivitas Diluar Ruangan

Rendahnya tingkat vitamin D didalam tubuh rupanya cukup berkontribusi dalam peningkatan tekanan darah didalam tubuh. Sebuah studi menunjukan bahwa mengkonsumsi supleman vitamin D rupanya tidak terlalu membantu tubuh anda untuk meningkatkan tekanan darah. Untuk itulah, guna mengatasi kondisi ini maka sebaiknya tetap dapatkan asupan vitamin D secara alami.

Caranya, dengan melakukan aktivitas diluar ruangan. Terutama pada saat pagi hari antara jam 07.00 sampai dengan 08.30 sebab pada saat ini sinar matahari masih memancarkan vitamin D yang alami. Sementara selain dari waktu ini biasanya yang tersisa adalah sinar ultraviolet yang akan dapat membakar kulit. Selain melakukan aktivitas anda pun dapat menikmati pancara sinar matari dengan kandungan vitamin D ini hanya dengan berjemur.

Rutin Melakukan Cek Tekanan Darah

Hal ini penting sekali dilakukan karena penderita hipertensi pada umumnya sulit mendeteksi gejala yang dirasakan. Untuk itu, satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat tekanan darah didalam tubuh adalah dengan rutin melakukan pengecekan tekanan darah.

Anda dapat mengunjungi tim medis terdekat seperti halnya posko kesehatan, puskesmas atau bahkan rumah sakit. Disarankan untuk orang dewasa minimal melakukan pemeriksaan tekanan darah satu kali dalam lima tahun. Sementara itu, bila anda merasakan kekhawatiran yang sama terhadap tekanan darah anda tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kondisi kesehatan ini dengan lebih baik.