Kualitas Makanan Mempengaruhi Kualitas Tidur

1.    Hindari Konsumsi Alkohol

Efek dari alcohol terkadang menipu tubuh anda, karena mungkin alkholol membuat anda tidur lebih cepat, namun ditengah waktu tidur tersebut, para peneliti memperlihatkan bahwa mereka yang mengkonsumsi alcohol justru cenderung akan lebih sering terbangun secara mendadak, berkeringat dingin di malam hari, mengalami sakit kepala hingga seringnya mengalami mimpi buruk. Sehingga tak heran, jika mereka yang tertidur karena mengkonsumsi alcohol kerap mengigau tak jelas.

2.    Singkirkan Makanan Dengan Kandungan Lemak Tinggi

Menu-menu makanan seperti junk-food, gorengan atau makanan lain dengan kandungan lemak yang tinggi tidak hanya membahayakan bagi kesehatan anda, namun juga peneliti menjelaskan mereka yang gemar mengkonsumsi makanan jenis ini ternyata sering sekali mengalami gangguan tidur salah satunya kesulitan tidur.

3.    Konsumsi Makanan yang Kaya Asam Amino Triptofan

Asam amino triptofan adalah asam amino yang dapat membantu tubuh anda agar tidur lebih cepat. Kandungan asam amino ini bisa anda dapatkan dari buah pisang, float, madu dan juga susu. Penelitian lain menemukan asam amino triptofan mampu meningkatkan kualitas tidur anda dengan tidur lebih pulas. Untuk itu, jika ingin tidur anda lebih berkualitas mulailah biasakan mengkonsumsi segelas susu dimalam hari saat anda hendak tidur.

4.    Stop Makan Besar 4 Jam Sebelum Tidur

Berbaring setelah anda makan akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman karena kondisi lambung yang masih penuh. Untuk itu, berikan kesempatan lambung anda untuk mencerna apa yang telah anda konsumsi. Selain itu, tidur setelah makan mampu menurunkan kualitas tidur. Dan sebaiknya, hindari pula konsumsi makanan pedas saat malam hari, agar tidak terjadi gangguan pencernaan saat anda tengah tertidur yang dapat mengganggu tidur anda.

5.    Hati-Hati Dengan Kandungan Kafein Yang Tersembunyi

Saat rasa kantuk menyerang, secangkir kopi memang terbukti menyegarkan kembali tubuh anda. Akan tetapi sebaiknya, perhatikan waktu konsumsinya. Jika anda mengkonsumsinya saat sore hari, maka, peluang anda mengalami kesulitan tidur dimalam hari akan lebih besar. Namun juga sebaiknya anda berhati-hati, kandungan kafein juga bukan hanya terdapat pada kopi saja, beberapa makanan lain yang biasa anda santap seperti coklat dan soda juga memiliki kandungan kafein. Jadi sebaiknya perhatikan waktu konsumsi terhadap makanan dan minuman tadi agar kulaitas tidur anda tetap terjaga.

6.    Jangan Konsumsi Air Putih Terlalu Berlebihan

Bukan karena akan berdampak buruk bagi tubuh anda. Akan tetapi dengan mengkonsumsi air putih secara berlebihan akan membuat perut anda terasa penuh dan kembung. Dari sinilah gangguan tidur dikhawatirkan terjadi karena anda harus terus menerus pergi ke toilet.

Itulah dia berapa makanan yang sebaiknya anda konsumsi dan hindari untuk menjaga hingga meningkatkan kualitas tidur anda. Sebagaimana telah dijelaskan diatas, kualitas tidur juga berkontribusi terhadap hidup sehat anda. Itu artinya dengan menjaga kualitas tidur anda sama halnya dengan anda turut menjaga hidup anda agar tetap sehat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel