data-ad-format="auto"

Konsumsi "Fast Food" Selama Kehamilan, Bolehkah?

Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil di tuntut untuk lebih serius dalam memperhatikan asupan nutrisi. Karena sebetulnya, tuntutan itu datang bukan dari diri sendiri, tapi dari si kecil yang sedang di kandung oleh kita. Apa yang ibu hamil makan tentunya akan sangat berpengaruh terhadap buah hati kita yang sedang di kandung, oleh karena itu berhati-hatilah terhadap makanan yang kita pilih. Salah satu makanan yang perlu di perhatikan adalah makanan sejenis "Fast Food".

Banyak orang mengatakan, sebaiknya ibu hamil menghindari makanan jenis ini, namun menurut kami, tidak perlu ibu hamil menghindari makanan "fast food" ini, namun yang perlu dihindari adalah terlalu sering dalam mengkonsumsinya. Ibu hamil silahkan sesekali mengkonsumsi makanan jenis ini, namun jangan sampai di jadikan makanan utama saja. Bukan apa-apa, jenis makanan ini memiliki nilai gizi yang cukup rendah, namun memiliki tingkat lemak yang tinggi, kandungan gula dan garam yang tinggi, yang jika tidak di kontrol konsumsinya, jangankan ibu hamil, orang normal pun akan menerima efek yang tidak baik dari tidak terkontrolnya makanan "Fast food" ini. (Baca juga: Nutrisi ibu hamil)

Ada beberapa tips yang dapat ibu hamil lakukan sebelum mengkonsumsi jenis makanan ini terutama dari segi pemilihan makanannya, guna meminimalisir efek jelek yang dihasilkan oleh makanan "fast food' ini.

  • Dalam memilih ayam goreng, pilihlah ayam goreng original, kalo bisa hindari goreng ayam jenis crispy, usahakan pilih yang tidak berkulit dan jangan pilih goreng ayang jenis nugget
  • Dalam memilih Sandwich, pilihlah sandwich yang regular saja, pilih yang rendah lemak dan kurangi olesannya.
  • Untuk memilih burger usahakan isinya berupa ayam atau ikan, jangan pilih yang jenis jumbo, usahakan ada salad atau sayuran di dalamnya.
  • Untuk Pizza, usahakan tidak memilih jenis resep pizza yang mengandung pepperoni, terlalu banyak sosinya atau terdapat ekstra keju di dalamnya
  • Untuk minumnya, pilih air putih saja hindari soft drink atau cola atau shake.

Sebetulnya istilah "fast food" tidak merta berarti makanan yang disebutkan di atas saja, atau makanan yang berasal dari luar. Sebetulnya makanan "fast food" pun ibu hamil dapat membuatnya sendiri secara aman di rumah. Salad contohnya, itu sebetulnya bagian dari makananan "fast food" yang baik untuk di konsumsi. Olahlah salad ke dalam beberapa bentuk sajian makanan. Kemudian buah-buahan atau wortel dapat dijadikan sebagai "fast food" sementara tatkala ibu hamil merasa sangat lapar, sebelum makanan mendapatkan makanan utama. Atau yoghurt yang memiliki banyak kandungan kalsium dan protein, cukup baik untuk di konsumsi ibu. Jadi, ketika ibu hamil membutuhkan konsumsi yang segera, sebetulnya tidak usah berpikir ke makanan "fast food" tadi, alternatif makanan yang telah disebutkan terakhir justeru lebih baik kualitasnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Loading...

Follow us