data-ad-format="auto"

Kiat Berpuasa Untuk Menjaga Kehamilan Trimester Ketiga

Memasuki bulan ramadhan dimana kewajiban sebagai umat muslim menjalankan ibadah puasa terkadang menjadi hal yang menjadi pertimbangan anda apakah diusia kandungan yang semakin bertambah dapat melaksanakan puasa? Trimester ketiga adalah dimana anda memasuki kehamilan pada bulan ke tujuh hingga ke sembilan.

Pada trimester terakhir kehamilan anda banyak perubahan yang terjadi sehingga untuk sebagian dari anda memutuskan untuk tidak melakukan puasa dikarenakan faktor kesehatan. Perubahan yang terjadi pada trimester terakhir tampak jelas dengan kondisi badan yang cepat lelah hal ini disebabkan pada kondisi puncak, berat badan anda mulai bertambah mencapai 10-15 kg atau bahkan lebih.Selain itu beberapa kondisi lainnya seperti sakit punggung, rasa panas di sekitaran dada, sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil merupakan hal yang umum dialami oleh ibu hamil pada trimester ketiga.

Mengingat kondisi yang sangat berat seperti ini anda memang tidak mudah untuk memutuskan berpuasa, silahkan konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan untuk mengetahui riwayat kehamilan anda sehingga tidak mengakibatkan gangguan perkembangan janin. Pada trimester ketiga perkembangan kehamilan anda mengalami proses penyempurnaan janin seperti adanya penyempurnaan pada sistem saraf kemudian perkembangan otak janin yang semakin berkembang. Gerakan janin yang kian aktif semakin terasa, perkembangan mata janin yang sudah dapat membuka dan menutup dialami ditrimester ini. Asupan nutrisi adalah salah satu modal terpenting untuk menjaga perkembangan janin selama trimester ketiga. Bagi anda yang memutuskan untuk berpuasa maka anda harus dapat menjadwalkan asupan nutrisi sehingga tidak mengganggu kesehatan anda dan janin.

KIAT-BERPUASA-KEHAMILAN-TRIMESTER-KETIGA.jpg

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Kiat berpuasa untuk anda yang sedang memasuki kehamilan trimester ketiga adalah sebagai berikut:

1.  Kondisi Kesehatan yang Terjaga

Setiap individu memiliki kondisi kesehatan yang berbeda sehingga mungkin diantara anda sanggup berpuasa di trimester ketiga. Kesehatan tubuh ibu hamil jadi pertimbangan yang penting mengingat bagi sebagian ibu hamil memiliki kondisi cepat lemah apabila dipaksakan untuk berpuasa dikhawatirkan akan memperburuk keadaan. Memasuki bulan ke sembilan anda juga didera perasaan was-was menunggu kelahiran buah hati ,jika dalam kondisi perut kosong selama 14 jam akan mengakibatkan kecemasan yang tinggi sebaiknya anda jangan memaksakan untuk melanjutkan puasa anda.

2.  Keseimbangan gizi sesuai dengan kebutuhan

Pada masa ini, anda membutuhkan asupan nutrisi yang dapat memberikan energi tambahan untuk mempersiapkan persalinan. Jangan sia-siakan waktu bersahur dan berbuka anda. Penuhi dengan gizi yang seimbang, perhatikan kualitas dan juga kualitas menu anda. Kebutuhan kalori ibu hamil adalah 285-300 kkal, kalori dalam jumlah yang banyak dari wanita normalnya adalah untuk membantu pertumbuhan janin dan plasenta sehingga mampu menambah volume ketuban. Asupan protein, lemak dalam jumlah yang sesuai dan juga vitamin yang didapatkan dari buah dan sayur. Pada masa ini vitamin B sangat dibutuhkan selain itu kebutuhan air harus tercukupi untuk dapat mempertahankan volume darah yang meningkat selama masa kehamilan.

3.  Kurangi minuman mengandung gula tinggi

Trimester ketiga semakin membuat anda mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas karena berat badan yang bertambah. Kenaikan berat badan memang umum dilalui oleh anda semasa kehamilan akan tetapi jika berlebih memicu perkembangan janin sehingga bayi yang lahir memiliki kelebihan berat badan, jaga asupan makanan atau minuman saat berpuasa. Hindari makanan kolek dengan pemanis berlebih/buatan yang memicu kegemukan.

Loading...

Follow us