data-ad-format="auto"

Khasiat Daun Mint, Atasi Gangguan Pencernaan Hingga Cegah Kanker

Tanaman dengan nama latin Mintha Spacata ini merupakan salah satu herbal tertua dan paling popular yang berkembang diseluruh dunia. Tanaman yang umum digunakan sebagai bahan tambahan masakan ini terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki aroma yang berbeda. Selain sebagai bahan tambahan rasa pada makanan dan minuman, tanaman ini juga dijadikan sebagai campuran pada bebagai hidangan salah satunya yang banyak dijumpai yakni pada salad buah.

Tanaman dengan aroma yang menyegarkan ini merupakan tanaman yang sudah sejak lama digunakan dalam berbagai budaya, diantaranya seperti di Timur Tengah, Eropa dan India. Ciri khas dari tanaman ini adalah rasa manis disertai sensasi dingin menyegarkan setelah menyantapnya. Disamping itu, sebuah fakta terbaru mengatakan bahwa daun mint yang tumbuh di Asia mempunyai rasa yang jauh lebih kuat dari daun mint yang ada di Eropa, selain itu rasa manis dan sensasi dinginnya juga lebih khas. Selain dijadikan sebagai bahan pelengkap rasa, daun mint juga memiliki sejumlah manfaat besar untuk kesehatan. Manfaat ini bisa anda dapatkan dari mengkonsumsinya secara langsung maupun berbentuk ekstrak ataupun minyak.

Manfaat baik apa sajakah yang bisa didapat dari daun mungil beraroma menyegarkan ini? Simak berikut ini.

1.    Ampuh Atasi Gangguan Pencernaan

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dari daun mint adalah daun ini berpotensi memperlancar system pencernaan dan meringankan kejang atau kram dibagian perut. Hal tersebut karena effect anastesia dalam daun mint ampuh meringankan rasa sakit pada perut. Selain itu, bila dikonsumsi secara langsung, daun mint juga ampuh menghilangkan rasa mual karena sakit perut atau perut kembung. Anda bisa mengkonsumsinya untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, kandungan senyawa penyembuhan yang ada pada daun mint dikenal mampu mencegah pembentukan gas dalam perut.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2.    Ampuh Mengurangi Resiko Alergi

Daun mint dikenal memiliki sifat alami yang dapat mengontrol pertumbuhan jamur dan bakteri dalam tubuh sehingga mampu mengurangi resiko alergi.

3.    Ampuh Mengobati Gangguan Pernapasan

Salah satu kandungan mentol yang ada pada daun mint adalah bahan umum yang digunakan dalam obat flu yang banyak dijual dipasaran. Aroma mentol ampuh membuka saluran pernapasan yang terganggu seperti hidung tersumbat, karena mengandung anti-inflamasi. Selain itu, daun mint juga amat bermanfaat untuk para penderita asma karena mampu melonggarkan kontraksi bronkus yang membantu melancarkan saluran pernapasan yang terseumbat. Sifat antibacterial nya juga mampu mengobati infeksi karena bakteri. Untuk meredakan semua kondisi tersebut, daun mint bisa diaplikasikan dengan cara topical atau diminum sebagai teh.

4.    Menyegarkan Kulit Kepala

Manfaat dari daun mint untuk kepala sudah banyak dibuktikan dengan semakin maraknya produsen shampoo yang menggunakan daun mint sebagai bahan dasar produk yang mereka jual dipasaran. Hal ini karena daun mint juga dapat difungsikan sebagai obat herbal untuk mengatasi serta menyegarkan kulit kepala yang iritasi. Agar manfaatnya lebih optimal, anda bisa menggunakan daun mint secara langsung dengan cara mengambil beberapa lembar daun mint, remas hingga halus, kemudian aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat. Kandungan mentol dalam daun mint mampu menyegarkan kulit kepala anda. Diamkan sekitar 20 menit, biarkan kandungan mentol meresap ke kulit kepala, kemudian bilas dengan air.

5.    Ampuh Mengatasi Bau Mulut

Rasa dan aroma daun mint yang begitu menyegarkan membuatnya cocok untuk meringankan bau napas yang tidak sedap. Untuk mengatasi masalah ini, daun mint bisa anda konsumsi menjadi teh, baik yang terbuat dari daun mint segar maupun kering,  keduanya efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut yang bersarang di dalamnya. Manfaat daun mint juga dapat menjaga mulut tatap lembab dan merangsang produksi air liur.

6.    Ampuh Memperbaiki Kulit

Ramuan daun mint juga berkhasiat untuk mengatasi kulit kasar dan teriritasi. Selain itu, manfaat daun mint ampuh mengatasi gatal karena gigitan nyamuk. Kandungan vitamin A yang begitu tinggi pada daun mint juga bermanfaat memperkuat dan meningkatkan jaringan kulit. Sementara itu, minyak ekstrak daun mint yang kaya akan kandungan asam salisilat mampu mencegah timbulnya sel kulit mati dan mencegah penyumbatan yang terjadi di kulit. Yang artinya membuat kulit jauh dari resiko jerawat.

7.    Mencegah Kanker

Sejumlah ilmuwan sedang mencoba membuktikan bahwa kandungan dan senyawa baik dalam daun mint efektif mencegah resiko terkena kanker usus besar. Hal ini karena kandungan vitamin C yang begitu tinggi yang berperan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas, penyebab kanker. Selain itu kandungan lain seperti vitamin A dan beta-karoten dalam daun mint juga tak kalah besar manfaatnya untuk tubuh.

Berikut adalah sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari daun hijau berukuran kecil ini, selain rasa dan aroma yang begitu menyegarkan, sensasi daun mint juga akan terasa lebih nikmat bila dicampurkan kedalam makanan atau minuman.

Loading...

Follow us