data-ad-format="auto"

Kewalahan Dengan Bayi yang Kerap Begadang? Berikut Tips Mengatasinya

Setiap orangtua tentunya menginginkan jika bayinya memiliki jadwal tidur yang normal dan teratur, karena tidur memberikan banyak manfaat bagi bayi, sebab ketika tidurlah proses tumbuh kembang bayi terpacu. Waktu lamanya tidur bayi dibedakan tergantung pada usianya. Bayi usia 0 hingga 1 bulan membutuhkan waktu tidur selama 14 hingga 18 jam setiap harinya, dan setelah menginjak usia 1 bulan hingga 18 bulan waktu tidur bayi berkurang menjadi 12 hingga 14 jam per hari. Hal ini berbeda dengan jam tidur orangtuanya yang hanya mencapai 6 hingga 8 jam saja.

Beberapa orangtua kerap kali dibuat kerepotan akibat bayi yang selalu terjaga hingga larut malam. Hal ini dikarenakan para orang tua yang harus ikut terjaga setelah lelah beraktifitas seharian. Kondisi seperti ini bisa meningkatkan kadar stres pada orangtua akibat tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Selain itu, bayi yang kerap bergadag dikhawatirkan akan berdampak pada proses tumbuh kembangnya.

Faktor yang Mempengaruhi Bayi Kerap Begadang

Adapun pola tidur bayi yang mengganggu ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :  

  1. Kondisi bayi masih segar dimalam hari, hal ini biasanya dipicu karena bayi mendapatkan waktu tidur siang yang cukup yang membuatnya masih aktif saat malam hari.
  2. Waktu tidur bayi yang nanggung. Waktu tidur bayi yang nanggung seperti saat bayi tertidur disore hari, biasanya akan menambah stamina bayi dan membuatnya lebih aktif, sehingga tak jarang jika hingga larut malam ia masih semangat untuk beraktifitas.
  3. Bayi masih ingin beraktifitas. Orang yang paling dekat dengan bayi sewaktu ia masih kecil adalah ayah bundanya. Ketika anda dan suami adalah seorang pekerja kantoran yang kurang memiliki waktu dengan sikecil maka jangan heran jika ketika anda baru pulang kantor sikecil akan girang dan terus ingin bermain dengan anda.
  4. Bayi yang ingin 'memanipulasi'. Dalam hal ini perhatian kedua orang tuanya, karena ingin mendapatkan perhatian dari anda biasanya dikecil akan tetap terjaga bersama anda.

Lantas Bagaimana Mengatasi Bayi yang Suka Begadang?

Pola tidur bayi yang suka begadang memang tak jarang membuat anda tersiksa apalagi jika anda adalah seorang pekerja yang dituntut untuk selalu bangun pagi. Jika sikecil terus-terusan mengajak anda begadang maka anda tidak akan memiliki waktu isturahat yang cuku dimalam hari. Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bayi yang suka begadang.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

1.    Buatlah Jadwal Harian Sesuai Kondisi Bayi

Agar sibayi tidak terus-terusan terjaga hingga larut malam yang membaut anda tersiksa, maka usahakan untuk membuat jadwal pada jam-jam berapakah biasanya ingin tidur dan ingin bermain, dari situ lambat laun anda akan mengetahui pola tidurnya. Namun jika sibayi tetap terjaga dimalam hari, sebaiknya jangan mengajaknya untuk bermain dan orangtua bisa tetap berpura-pura tertidur.

2.    Bekerja Sama

Jika anda memiliki pengasuh bayi dirumah karena anda harus bekerja disiang harinya, maka lakukan kerja sama dengan pengasuh agar sibayi banyak melakukan akttifitas disiang hari sehingga waktu tidur siang menjadi lebih sedikit. Dengan demikian sibayi akan merasa lelah yang membuat hasrat tidur dimalam harinya menjadi lebih besar. Dengan begitu maka ia tidak akan terjaga hingga larut malam lagi.

3.    Bangunkan Bayi Disiang Hari Untuk Menyusuinya

Daripada membiarkannya tidur siang dnegan waktu yang begitu lama, nantinya malah membuatnya semakin segar dimalam hari. Untuk itu, ketika bayi sudah mendapatkan waktu tidur siang yang cukup, maka bangunkan ia untuk menyusuinya. Karena meski bayi membutuhkan waktu tidur yang banyak, namun hal ini juga harus diimbangi dengan kebutuhan ASI yang cukup.  

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan, pola tidur bayi yang terus-menerus terjaga dimalam hari tentunya akan mengganggu anda. Terutama jika anda adalah seorang pekerja yang dituntut bangun pagi. Tidak mendapatkan waktu istirahat dimalam hari tentunya akan membuat anda menjadi stres. Semoga tips ini bermanfaat.

Loading...

Follow us