Ketahui Penyebaran ISPA Pada Anak, Balita dan Orang Dewasa

5/5 (1)

Penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau yang dikenal dengan penyakit ISPA merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh infeksi pada organ saluran pernapasan, sinus, hidung, faring dan sistem laring.

Adapun penyebab utama dari penyakit ISPA, yakni bisa dipengaruhi karena faktor lingkungan yang kurang bersih dan terkontaminasi dengan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit ini terjadi.

Hanya saja, bukan hanya bakteri dan virus yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit ISPA pada tubuh seseorang, akan tetapi juga kebiasaan dan pola hidup yang dijalankan seseorang akan sangat mempengaruhi timbulnya penyakit ini. Adapun beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyumbang pada penyakit ISPA salah satunya adalah kebiasaan merokok.

ispa pada anak

Jadi demikian, bagi perokok jangan heran jika gejala-gejala ISPA seperti sulit bernafas, keadaan tidak nyaman pada sistem pernapasan dan lain sebagainya akan mungkin dihadapi. ISPA terdiri dari saluran pernfasan pada bagian atas hingga ke saluran pernafasan dibagian bawah. Bahkan apabila penyakit ini memburuk dan hingga kebagian akut, akan dapat menjangkiti saluran pernafasan bagian luar mulai dari hidung sampai ke jaringan paru-paru bagian bawah. Kondisi seperti ini tentunya berbahaya dan tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Kebiasaan buruk yang serngkali dijumpai pada orang Indonesia adalah seringkali menganggap remeh penyakit yang menjangkitinya. Kondisi seperti ini tentunya keliru dan tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Kebanyakan orang Indonesia menganggap penyakit ringan seperti gejala ISPA yakni sulit bernapas, pilek dan lain sebagainya dianggap sebagai penyakit yang ringan yang akan sembuh hanya dengan berlangsungnya waktu. Padahal, gejala-gejala ini haruslah diwaspadi karena penyakit ISPA yang terlalu lama dan tidak mendapatkan perhatian medis akan dapat menjalar hingga keseluruh bagian sistem pernafasan lain dan berakibat fatal atau bahkan berakhir dengan kematian.

Nah, jika sudah begini anda tentu tidak ingin hal ini menyerang buah hati, orangtua atau bahkan anda sendiri bukan? Untuk itulah, menganani dengan segera penyakit ISPA adalah hal yang penting guna menyelamatkan banyak jiwa.

Nah, agar anda lebih tahu seberapa parah penyakit ini menyerang dalam tubuh. Mari kita simak penyebaran penyakit ISPA pada anak-anak, balita dan juga orang dewasa. Simak dibawah ini.

Penyakit ISPA Pada Anak-Anak

Penyakit ISPA yang terjadi pada anak-anak umumnya disebabkan karena faktor cuaca dan lingkungan. Akan tetapi, disamping itu anda sebagai orangtua pun harus lebih ketat dan siaga dalam hal menjaga dan mengasuh anak-anaknya. Hal ini tentunya dilakukan dalam rangka mencegah timulnya penyakit ISPA pada buah hati mereka. Paling tidak orangtua perlu mengetahui apa saja gejala ISPA yang mungkin ditimbulkan pada anak-anak sehingga saat anak-anak mengalami gejala yang merujuk pada kondsi ISPA, maka anda akan dapat melakukan tindakan dengan lebih cepat. Nah, berikut ini beberapa gejala ISPA secara umum:

Terganggunya Sistem Raspiratorik:

Timbulnya gejala ISPA bisa dilihat dari beberapa kondisi yang ditimbulkan akibat adanya kerusakan atau gangguan pada sistem raspiratorik. Biasanya jika sistem ini terganggu tanda-tanda yang akan dinampakan adalah sulitnya bernafas, nafas menjadi lebih cepat, suara nafas melemah dan bahkan ritme hembusan nafas yang tidak beraturan. Selain itu, gejala lain yang mungkin dinampakan adalah mengalami retraksi pada dinding dada dan juga nafas pada cuping hidung.

Gangguan Pada Sistem Integumen:

Sementara gangguan pada sistem lain yang juga menjadi gejala timbulnya ISPA adalah adanya gangguan pada sistem integumen. Adapun kondisi yang akan ditimbulkan dari gangguan ini adalah penderita yang mengeluarkan keringat banyak. Meskipun si penderita tidak melakukan banyak aktifitas atau tidak banyak bergerak, namun keringat yang dikeluarkannya banyak atau bahkan berlebih dan disertai dengan gangguan pernapasan. Maka kondisi ini bisa jadi diindikasikan sebagai gejala ISPA yang tentunya anda haru segera mengkonsultasikannya ke dokter.

Gangguan Sistem Cerebral:

Ketika gangguan sistem ini terjadi, maka yang terjadi pada kondisi si pasien adalah timbulnya sakit kepala, keadaan gelisah, panik, bingung atau bahkan pasien bisa saja mengalami kejang yang bisa berakibat koma.

ISPA Pada Balita

Tidak jauh berbeda dengan anak-anak, ISPA yang menjangkiti balita bisa jadi dipengaruhi karena kondisi cuaca yang sedang berlangsung seperti musim dingin atau musim kemarau yang terlalu extreme. Selain itu, faktor keadaan lingkungan yang kurang bersih, berdebu atau bahkan kepulan asap dari pembakaran akan pula menymbang timbulnya ISPA pada balita. Bukan hanya itu, penyebaran ISPA umumnya akan lebih cepat menjangkiti seseorang yang memiliki sistem kekebalan lemah atau pada balita sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk dengan sepenuhnya.

Jadi demikian, segala faktor penyebab ISPA dampaknya akan lebih cepat dialami dan dirasakan langsung oleh si balita. Untuk itulah, orangtua sedapat mungkin harus mampu melindungi balitanya dari sumber-sumber yang menyebabkan ISPA.

Adapun pencegahan yang bisa dilakukan oleh orangtua pada balita agar terhindar dari penyakit ISPA terutama mereka yang tinggal didaerah perkotaan yang dekat dengan kepulan asap dan udara yang kotor, maka seringlah memeriksakan kesehatan si buah hati ke dokter agar penanganannya bisa lebih tepat jika memang balita anda menderita penyakit ISPA.

Selain itu, menjaga kesehatan tubuh anak-anak juga adalah hal yang penting, mengingat balita masih belum memiliki sistem kekebalan tubuh sekuat orang dewasa. Untuk itu, jangan biarkan anak anda berhubungan atau bercengkaram dan dekat dengan orang lain yang menderita ISPA agar mereka tak tertular. Anak-anak pun harus diberikan imunisasi sejak mereka usia dini untuk pencegahan terhadap segala penyakit.

ISPA Pada Orang Dewasa:

Penyakit ISPA yang terjadi pada orang dewasa umumnya disebabkan akibat cuaca dingin, kebiasaan merokok atau bahka keadaan udara dan lingkungan yang kotor. Selain itu, keadaan tubuh yang lemah dan sistem kekebalan tubuh yang menurun, bisa jadi mendukung penyebaran penyakit ISPA atau paparan virus dan bakteri ISPA lebih mudah menjangkiti seseorang. Dengan demikian, ketika seseorang dalam keadaan lemah seperti mulai sakit, maka virus dan bakteri ISPA akan lebih mudah menjangkitinya dibandingkan dengan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Adapun cara mengatasi ISPA pada orang dewasa tidak cukup hanya dengan mengandalkan pengobatan dari dokter. Pasien yang menderita ISPA terutama pada orang dewasa yang memiliki kebiasaan buruk, maka merekapun harus siap mengubah kebiasaannya dan berganti dengan pola hidup yang sehat. Karena hanya dengan hal inilah, kondisi kesehatan akan bisa lebih cepat membaik. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyembuhkan dan menghindari penyakit ISPA:

Hindari Kebiasaan Merokok

Kita dan semua orang tentu sudah paham betul bahwa rokok adalah sumber penyakit. Salah satu penyakit yang sering timbul adalah penyakit saluran pernapasan seperti ISPA. Hal ini dikarenakan kepulan asap bukan hanya berpengaruh pada paru-paru namun juga menjalar hingga ke saluran pernapaan lainnya. Untuk itulah, jika anda ingin menyembuhkan penyakit ISPA dan mengembalikan keadaan tubuh pada kondisi yang lebih baik, maka hentikan kebiasaan merokok.

Kenakan Pelindung

Mengenakan pelindung seperti masker adalah salah satu pencegahan paling mudah. Meskipun cara ini kurang optimal karena asap atau debu kotor masih bisa anda hirup atau masuk dari bagian yang terbuka, akan tetapi setidaknya partikel lebih besar dari debu dan asap kotor bisa tersaring.

Konsumsi Makanan Sehat

Menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat adalah cara paling penting guna mencegah dna mengobati penyakit ISPA.

Lakukan olah Raga Rutin

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Konsumsi air putih yang cukup adalah hal penting untuk menguras dan mendetosifikasi racun dan toxic yang sudah terlanjur masuk dalam tubuh. Dengan konsumsi air putih yang cukup tubuh akan merasa lebih segar dan racun bisa didetoks lewat air seni atau keringat.

Penyakit ISPA bukanlah sebuah kondisi yang bisa dianggap remeh dan diabaikan. Ketika anda mendapati gejala ini terjadi, maka segera konsultasikan ke dokter. Penanganan lebih cepat bisa menyelamatkan banyak jiwa.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply