Ketahui Pengobatan dan Penanganan Pilek di Rumah

Menderita penyakit flu adalah hal yang lumrah yang mana sebagian besar orang hampir pernah merasakan sakit yang satu ini.

Bukan hanya orang dewasa, penyakit yang satu ini bahkan bisa menyerang anak bayi. Saking seringnya, sebagian menyatakan bahwa penyakit yang satu ini adalah penyakit yang biasa dan bukanlah penyakit yang serius yang memerlukan penanganan medis yang intens. Akan tetapi demikian, tetap saja, dampak dari gejala penyakit ini bisa sangat mengganggu dan membuat siapa saja yang menderita penyakit ini menjadi tertanggu. Bahkan pada kondisi tertentu seorang penderita bisa sampai kehilangan indera penciumannya dalam waktu yang tertentu sampai penyakit pilek yang dirasakannya sembuh.

Nah, kondisi yang cukup mengkhawatirkan dari gejala pilek sampai kehilangan indera penciuman adalah hilangnya selera makan. Ketika seseorang mengalami gangguan pada indera ini, maka akan sulit untuknya bisa mendapatkan selera makan yang bernafsu seperti pada kondisi yang normal. Untuk itulah, tak heran jika orang yang menderita pilek akan menghadapi kendala makan.

Nah, jika kondisi ini terus-terusan dibiarkan dan dianggap remeh. Maka tentu saja, kondisi lain yang lebih buruk bukan tidak mungkin terjadi. Untuk itulah, penting sekali mencari solusi untuk dapat mengobati penyakit pilek yang diderita saat ini.

Adapun penyakit pilek dalam bahasa Inggris disebut dengan Common Cold yakni sebuah infeksi virus yang terjadi dibagian saluran pernapasan pada bagian atas. Penyakit ini adalah penyakit yang terjadi akibat adanya inflamasi yang ada dibagian lapisan hidung dan juga tenggorokan, sehingga kondisi ini mengakibatkan produksi lendir menjadi lebih banyak dibandingkan pada kondisi yang normal.

Adapun menurut para peneliti, ada lebih dari 200 jenis virus yang dapat menyebabkan timbulnya pilek dan menyerang tubuh seseorang. Sayangnya, jumlah virus yang begitu banyak dan berbeda-beda ini dan karena virus tersebut terus mengembangkan dirinya, maka tubuh manusia tidak dapat membangun perlawanan terhadap jenis virus tersebut. Untuk alasan inilah, pilek menjadi salah satu penyakit yang dapat muncul secara berulang dalam tubuh seorang penderitanya.

Menurut sebuah data yang diambil dari sebuah pengamatan menunjukan bahwa virus yang mengakibatkan penyakit pilek ini lebih cenderung menyerang anak-anak dibandingkan orang dewasa. Hal ini dikarenakan pembentukan antibody atau sistem imun pada anak-anak belum terbentuk dengan sepenuhnya. Yang mana akhirnya, hal ini membuat segala penyakit, termasuk penyakit pilek akan lebih rentan menyerang anak-anak.

Untuk itulah, penting juga mewaspadai resiko penularan penyakit pilek terutama pada anak-anak. Selain itu, penyakit ini adalah salah satu penyakit yang paling banyak membuat si penderita mengunjungi dokter dan menjadi alasan si penderita lebih memilih melewatkan rutinitas yang dilakukannya sehari-hari, seperti sekolah atau bekerja.

ketahui pengobatan pilek dirumah

Seringkali seseorang beranggapan bahwa konsumsi es atau gorengan adalah pemicu timbulnya flu seperti pilek dan batuk. Atau beberapa penyabab lainnya seperti terkena guyuran hujan, naik sepeda motor saat berpergian, paparan polutan, terkena debu, kelelahan dan lain sebagainya seringkali diindikasikan sebagai pemicu flu. Akan tetapi, hal ini tentunya tidak sepenuhnya benar.

Sistem imun adalah faktor pemicu yang paling jelas yang dapat mempengaruhi seorang penderita terkena flu seperti batuk dan pilek. Sebab bila tidak ada kontak atau sumber penularan, flu tidak akan terjadi dengan sendirinya, karena virus flu tersebut tidak beterbangan diudara yang luas.

Nah, dibawah ini biasanya beberapa mitos yang seringkali dikaitkan sebagai pemicu timbulnya flu, batuk, demam dan terutama pilek yang menyerang seseorang:

  • Karena cuaca dan perubahan musim
  • Karena naik sepeda Motor
  • Karena hujan
  • Karena makan gorengan atau makan krupuk
  • Karena masuk angin akibat kipas angin atau naik kendaraan
  • Kena debu rumah, cebu bangunan atau bulu Binatang
  • Karena kecapekan dan kurang tidur
  • Karena minum es
  • Karena panas dalam Udara dingin, berenang atau AC

Nah, beberapa penyebab diatas sebenarnya bukanlah penyebab utama penyakit flu atau pilek bisa menyerang seseorang. Akan tetapi, hanya menjadi faktor yang memperberat bukanlah faktor yang utama.

Meskipun ada faktor debu, dingin dan beberapa faktor diatas, maka mungkin hal ini dipicu karena si penderita memiliki riwayat alergi. Nah, jika kasusnya demikian, maka penyakit pilek dan flu yang dirasakan akan dapat berangsur membaik dengan kurun waktu beberapa saat.

Hal ini dikarenakan, mekanisme alergi akan timbul bila ada penyebab atau alergen yang memicunya. Dengan demikian, ketika anda mengkonsumsi minuman dingin maka hal ini akan dapat memperberat batuk atau pilek yang sedang dirasakan.

Pada penderita alergi, bukan hanya kandungan es yang bisa memicu alergi terjadi, namun juga kandungan yang datang bersama dengan es seperti coklat, gula dan bahan-bahan lainnya yang akan dapat membuat alergen penyebab batuk memburuk.

Adapun gejala pilek yang akan muncul dan dirasakan oleh si penderita diantaranya adalah hidung berair disertai dengan hidung mampet atau tersumbat, sakit atau gatal dibagian tenggorokan, suara parau akibat batuk yang datang dari gejala pilek, bersin-bersin, sakit kepala, demam dan bahkan pada kondisi tertentu namun jarang seseorang yang mengalami sakit pilek parah bisa sampai kehilangan indera penciumannya.

Nah, mengingat dampak yang diberikan dari penyakit pilek cukup mengganggu dan akan berpengaruh pada aktivitas keseharian anda, maka penting sekali mengatahui cara penanganan penyakit ini dengan segera.

Selain disebabkan oleh inflamasi dibagian saluran pernapasan, penyakit flu atau pilek ini pun bisa disebabkan akibat dari virus influenza yakni virus influenza A, B dan C.

Adapun masa inkubasi dari virus ini dapat berlangsung selama kurang lebih 3-10 hari pada orang dewasa. Sementara pada anak-anak bisa lebih lama dan penyakit pilek bisa berlansung dengan lebih panjang yakni sampai 2 minggu.

Di 2 sampai 3 hari pertama, gejala dari penyakit pilek biasanya akan terasa begitu menggaggu, termasuk gejala hidung tersumbat dan bersin-bersin yang datang sebagai gejala awal yang anda hadapi. Selain itu, gejala ini akan juga disertai dengan nyeri dibagian tenggorokan dan disusul dengan gejala-gejala lainnya seperti nyeri dibagian hidung dan hidung beringus.

Cara Penanganan Pilek Secara Alami

Nah, dengan demikian penting sekali untuk dapat mengetahui cara penanganan pilek dengan cara yang alami. Cara ini tentunya dipilih sebagai cara yang lebih aman, karena selain dapat dilakukan dirumah, cara yang alami tentunya tidak akan memberikan dampak atau efek samping yang berbahaya bagi tubuh anda. Untuk dapat menyimak tips penanganan penyakit pilek dengan cara yang alami, mari simak poin dibawah ini.

Konsumsi Jahe

Salah satu obat pilek tradisional yang dianggap ampuh untuk dapat meredakan gejala pilek yang dialami adalah dengan menggunakan jahe. Jahe adalah salah satu rempah yang seringkali digunakan untuk memasak. Rempah yang satu ini rupanya ampuh dijadikan obat untuk meredakan pilek. Rempah yang satu ini pun tentunya mudah untuk ditemukan dan bahkan jika anda ingin membelinya, jahe akan dapat anda jumpai di pasar tradisional atau di supermarket.

Adapun cara menggunakan jahe untuk obat pilek bisa dilakukan dengan cara, geprek jahe dengan menggunakan pisau atau ulekan sampai memar dan masukkan dalam panci. Tambahkan dengan segelas air matang dan rebus sampai mendidih hingga jahe dan air ini bersatu secara merata. Jangan lupa untuk diaduk-aduk sampai semua bahan ini tercampur merata. Bila perlu tambahkan gula pasir secukupnya agar rasanya menjadi lebih nikmat. Gunakan ramuan jahe ini dengan meminumnya secara rutin. Konsumsi yang rutin akan membuat sakit pilek yang anda derita akan dapat diredakan dengan lebih cepa dan lebih baik.

Gunakan Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bahan bumbu masakan yang paling utama, rupanya khasiat dari bawang putih pun bisa digunakan untuk dapat meredakan gejala pilek yang dirasakan terutama saat hidung tersumbat yang datang dan sangat menganggu anda.

Untuk menjadikan bawang putih sebagai obat meredakan hidung tersumbat, maka anda bisa menggenggam bawang putih kedalam tangan dan dekatkan dengan hidung, hirup baunya sampai anda merasa lebih nyama atau selama kurang lebih 5 menit.

Selain itu, anda pun bisa mengkonsumsi bawang putih untuk dimakan agar gejala pilek dan penyakit lainnya bisa diredakan dengan lebih mudah.

Perkuat Kekebalan Tubuh Denan Konsumsi Makanan Sehat

Sistem imun yang melemah adalah sumber rentannya tubuh terhadap serangan penyakit termasuk virus penyebab timbulnya pilek. Untuk itulah, salah satu cara untuk menangani dan mencegah timbulnya penyakit ini adalah dengan memperkuat sistem imun dalam tubuh yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Sayur dan buah akan mampu mengembalikan kekuatan sistem imun dan menjauhkan anda dari serangan penyakit.

Selain konsumsi makanan yang bergizi, memperkuat sistem imun pun bisa dilakukan dengan mimum air hangat, mandi air hangat dan membaluri tubuh dengan menggunakan obat gosok yang akan menimbulkan perasaan hangat dan nyaman.

Adapun pemilihan makanan bergizi yang bisa anda konsumsi diantaranya seperti susu, telur, daging dan juga sayur dan mayur. Dan jangan lupa untuk selalu menghindari hembusan angin dan berada di udara yang terbuka.

Biasakan Gunakan Sabun Saat Cuci Tangan

Rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun adalah langkah kecil yang bermanfaat besar dalam menjalankan pola hidup yang sehat. Dengan begini, maka segala macam virus dan bakteri yang akan masuk kedalam tubuh akan dapat dibunuh dengan menggunakan sabun.

Untuk itu, mulai biasakan menjalankan pola hidup yang seperti ini dengan rajin mencuci tangan setiap kali anda selepas dari toilet, berkotor-kotoran atau menyentuh barang atau peralatan sebagai media penyebaran kuman.

Rajin Berkumur

Virus flu bisa masuk kedalam tubuh lewat beberapa organ seperti halnya lubang hidung dan rongga pada mulut. Selain memastikan kebersihan hidung dengan selalu membersihkan kotoran dan menutup hidung saat bersin, kebersihan pada mulut pun harus senantiasa dijaga agar kuman dan bakteri tidak masuk dan menyebar lewat organ ini.

Akan tetapi, gosok gigi saja tidak cukup untuk dapat membersihkan mulut secara keseluruhan. Untuk itu, biasakanlah untuk selalu rajin berkumur, baik dengan menggunakan obat kumur maupun berkumur dengan menggunakan air garam. Bila anda memilih air garam, maka cara berikut ini bisa anda ikuti.

Siaka stu gelas air hangat dan tuangkan 1/2 sendok teh garam kedalamnya. Aduk-aduk dengan menggunakan sendok sampai garam larut bersama dengan air. Setelah itu, gunakan bahan ini untuk berkumur setiap hari, terutama saat menjelang tidur dan sehabis makan.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat menangani penyakit pilek dengan menggunakan bahan alami. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply