data-ad-format="auto"

Ketahui Dampak Bahaya Hipertensi Untuk Tubuh

Tekanan darah tinggi atau yang dikenal dalam bahasa kedokteran sebagai hipertensi merupakan faktor resiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang berbahaya. Sayangnya, hampir sebagian besar orang yang menderita kondisi penyakit ini tidak menyadari lebih dini bahwa sebenarnya mereka telah mengidap penyakit ini sejak lama.

Kondisi ini terjadi karena pada umumnya gejala atau tanda dari tekanan darah tinggi tidak menunjukan gejala yang spesifik. Selain itu, gejala dari hipertensi bisa mungkin mirip dengan penyakit lainnya sehingga kondisi inilah yang membuat diagnosa terhadap tekanan darah tinggi seringkali terlambat. Penderita baru menyadari bahwa mereka telah mengembangkan kondisi tekanan darah tinggi yang lebih serius ketika timbul beberapa komplikasi berbahaya dari penyakit ini.

Tekanan darah tinggi adalah istilah kesehatan yang menunjukan kondisi dimana aliran darah pada arteri bertekanan terlalu tinggu untuk tubuh yang sehat. Seseorang bisa disebut mengalami tekanan darah yang tinggi apabila ukuran tekanan darahnya berada diatas 140/90 mmHg. Terjadinya tekanan darah tinggi akan lebih beresiko pada orang-orang dengan usia yang lebih lanjut.

Akan tetapi demikian, kondisi ini pun akan pula beresiko untuk anak-anak bahkan anak bayi sekalipun. Untuk itulah, tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang perlu untuk diwaspadai dan perlu mendapatkan perhatian yang lebih. Hal ini dikarenakan dampak atau bahaya dari tekanan darah tinggi akan mungkin merugikan tubuh.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Ketahui Dampak Bahaya Hipertensi Untuk Tubuh

Bahaya darah tinggi bisa sangat mengerikan untuk kesehatan seseorang. Hal ini dikarenakan kemungkinan terburuk dari kondisi naiknya tekanan darah yang terlalu tinggi akan mungkin menghilangkan nyawa seorang penderita dengan tiba-tiba. Tidak heran bila penyakit hipertensi digolongkan kedalam salah satu penyebab kematian yang paling menyeramkan karena tanda-tandanya yang cenderung terjadi secara diam-diam. Nah, dibawah ini adalah beberapa bahaya kesehatan tubuh yang dapat ditimbulkan dari tekanan darah yang tinggi.

1. Stroke

Bahaya yang pertama yang dapat ditimbulkan dari kondisi tekanan darah yang terlalu tinggi didalam tubuh adalah penyakit stroke. Faktor resiko penyakit ini menjadi satu dari sekian dampak dari tekanan darah tinggi yang terjadi. Stroke adalah kondisi gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak sebabkan semata-mata oleh gangguan pembuluh diotak yang tersumbat dimana kondisi ini pun dapat menyebabkan kematian pada pendeirtanya.

Umumnya stroke dapat muncul dengan ditandai oleh adanya gangguan saraf (defisit neurologis) fokal maupun global yang berlangsung lebih dari 24 jam. Pada beberapa penderita tekanan darah tinggi yang tidak disadari atau tidak dilakukan penanganan dengan segera, stroke menjadi salah satu pengembangan atau dampak dari hipertensi yang buruk. Untuk itu, segera hubungi dokter dan konsultasikan masalah ini untuk mencegah segala kemungkinan terburuk dari tekanan darah tinggi yang mungkin terjadi.

2. Retinopati Hipertensif

Masalah selanjutnya yang mungkin diakibatkan dari tekanan darah tinggi yang parah atau kronis didalam tubuh adalah masalah retinopati. Dari namanya saja anda mungkin sudah bisa menebak bahwa kondisi keluhan kesehatan ini dampaknya bernaik dengan mata atau retina.

Ya, tekanan darah tinggi dalam ukuran jauh diatas normal akan dapat berpengaruh terhadap kesehatan mata dan kualitas penglihatan. Retinopati hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah tinggi akan dapat merusak pembuluh darah kecil atau kapiler yang berada pada bagian mata. Selain itu, kondisi ini pun akan dapat merusak syarah mata anda. Ini artinya anda pun akan mengembangkan kemungkinan besar terhadap kebutaan ketika anda mengalami atau mengidap hipertensi.

Kondisi kebutaan tentu akan menjadi mimpi buruk untuk siapa saja yang mengalaminya. Kondisi keluhan kesehatan yang fatal ini tentu saja akan dapat mempengaruhi segala aktivitas dan rutinitas anda. Untuk itu, segera atasi masalah ini sebelum terjadi dengan pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk dengan melakukan tes tekanan darah tinggi. Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Darah Tinggi

3. Gangguan Pada Ginjal

Salah satu dampak terburuk dari kondisi tekanan darah tinggi yang sudah kronis, terutama tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol adalah munculnya berbagai gangguan pada bagian ginjal anda. Gangguan ginjal yang paling sering terjadi dari kondisi ini adalah gagal ginjal. Adapun tanda atau gejala yang dapat ditimbulkan dari kondisi gagal ginjal pada seseorang diantaranya adalah:

  • Sulit buang air kecil dan besar
  • Intenitas buang air kecil dan besar yang sering, namun hanya sedikit
  • Keluarnya darah pada saat buang air kecil dan besar
  • Rasa sakit yang menyiksa pada bagian perut

Pada kebanyakan kasus gagal ginjal penanganan penyakit ini hanya terbagi kedalam dua bagian, yakni transplantasi ginjal dimana penderita akan membutuhkan donor ginjal dan yang kedua adalah jalan cuci darah. Kedua metode penanganan ini akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit dengan metode yang rumit dan menyakitkan. Untuk itu, lebih baik cegah dari saat ini sebelum penyakit ini berkembang dan terlanjur menyerang.

4. Cenderung Mudah Marah

Salah satu dampak yang paling umum dari serangan tekanan darah tinggi adalah gangguan emosional yang membuat penderita cenderung mudah marah. Terbukti kondisi ini membuat pasien yang mengalami tekanan darah tinggi mengalami perubahan emosional yang tidak stabil. Hal ini membuat pasien mudah marah dan merasa bahwa segala sesuatu yang ada disekitarnya amatlah menganggunya.

Perubahan emosi yang tidak stabil akan mungkin membuat penderita hipertensi mengalami kondisi yang tidak nyaman. Selain itu, hal ini pun akan mungkin membuat mereka mudah mengalami stress. Stress pada penderita tekanan darah tinggi bukanlah hal yang baik sebab kondisi ini akan dapat berpengaruh terhadap melambatnya aliran darah. Untuk itu, upayakan agar anda dapat meredam emosi dan mengalihkan stress anda pada hal-hal yang membuat anda merasa lebih tenang, seperti diantaranya melakukan hobi anda, membaca buku, berolahraga dan lain sebagainya.

5. Sindrom Metabolic

Tekanan darah yang tinggi dalam tubuh atau hipertensi yang menyerang akan dapat menimbulkan seorang penderita mengalami sindrom metabolik. Kondisi ini dikenal dengan adanya beberapa gangguan dalam tubuh seperti peningkatan tekanan darah, kelebihan lemak, peningkatan gula darah yang tinggi dan adanya peningkatan kadar kolesterol dalam jumlah yang berlebihan. Dimana kondisi ini bersamaan dengan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Bila penderita hipertensi mengalami kondisi ini maka perubahan gaya hidup menjadi langkah penting yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Sebab perubahan gaya hidup yang agresif akan dapat memperlambat atau bahkan mencegah perkembangn masalah kesehatan yang serius. Penting untuk diketahui bahwa sindrom metabolik bukanlah bagian dari peyakit yang menular, akan tetapi penanganan adalah hal penting yang perlu untuk tetap dilakukan.

6. Timbulnya Rasa Nyeri Pada Dada

Tidak hanya tekanan darah yang rendah yang menyebabkan kelelahan pada tubuh. Hipertensi pun akan pula menimbulkan kondisi yang sama dimana tubuh akan mudah merasa lesu dengan kondisi ini dan membuatnya tidak semangat untuk melakukan aktivitas dengan baik. Selain itu, kondisi ini pun akan mungkin membuat anda merasakan nyeri dada yang cukup menyiksa. Untuk itu, ketika anda mulai merasakan nyeri pada bagian dada tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter menganai kondisi ini dengan baik.

Demikianlah beberapa bahaya hipertensi terhadap kesehatan tubuh. Melihat dampaknya yang cukup besar maka penting sekali untuk anda segera mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter.

Loading...