data-ad-format="auto"

Ketahui Beberapa Cara Ungkapan Sayang dan Cinta Buah Hati Pada Anda

Memiliki buah hati ditengah-tengah keluarga tercinta yang begitu anda banggakan, tentu menjadi kebahagian yang besar.

Apalagi kehadiran si buah hati ini adalah doa panjang yang lewat perjuangan keras baru saja anda dapatkan. Tentu saja, cinta anda kepada si buah hati akanlah sangat besar. Tak heran jika anda akan begitu sangat memperhatikan dan mengawasi si buah hati dengan sangat seksama. Cinta yang begitu besar kepada si buah hati inilah yang membuat anda akan merasa khawatir jika si kecil berada dalam bahaya atau ada suatu hal yang bisa mengancam keselamatannya.

 

Selain itu, sebagai orangtua, kita tentu ingin jika buah hati yang begitu kita kasihi juga memiliki rasa yang sama terhadap diri kita sebagaimana kita mencintai mereka dengan begitu besar. Akan tetapi, anak-anak terutama anak bayi tentu saja belum dapat mengungkapkan perasaan dan kasih sayangnya lewat kata-kata.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

mengetahui cara anak ungkapkan sayang

Nah, saat hal ini terjadi pernahkah terlintas dalam benak anda sebuah perasaan dimana anda merasa apakah si kecil tidak mencintai anda sebagai orangtuanya? Ataukah karena sikap si kecil yang seringkali rewel pada saat yang tidak tepat seperti anda sedang lelah, pusing atau bahkan stress, membuat anda meragukan kasih sayang mereka terhadap anda? Dan pernahkan anda ingin mengetahui cinta kasih dari si buah hati, meski mereka belum bisa mengungkapkannya dalam kata-kata? Jangan khawatir ataupun risau, meski perilaku si buah hati seringkali menunjukan kekesalan atau rewel saat anda sedang dalam kondisi yang stress. Namun ini bukan berarti mereka tida mencintai anda.

Sebagai anak, rasa cinta mereka terhadap anda tentu saja besar, bisa dibilang rasa cinta yang mereka miliki hanyalah dicurahkan untuk anda. Akan tetapi mereka hanya belum bisa menunjukannya dan mengekspresikannya dengan ungkapan yang tepat. Untuk membuktikan hal ini anda bisa melihat ketika si kecil ditinggal atau saat mereka bangun dari tempat tidur dan tak mendapati anda berada disamping anda, mereka akan langsung menangis. Hal inilah yang menjadi bukti bahwa mereka mencintai anda dan hanya anda yang mereka inginkan.

Untuk itu, jangan pernah meragukan besarnya kasih sayang dan cinta mereka terhadap kita. Nah, agar anda bisa mengetahui bentuk kasih sayang dan rasa cinta si buah hati terhadap kita, berikut ini kita pelajari beberapa cara yang dilakukan anak-anak untuk mengungkapkan cinta terhadap orangtuanya.

1. Untuk Bayi Baru Lahir

Banyak ibu yang begitu menggagumi dan jatuh cinta pada bayi baru lahir, terutama buah hati yang baru saja mereka lahirkan kedunia. Hal ini tentu saja, sebagai wujud dari rasa cinta mereka yang begitu besar pada si anak yang dengan susah payah mereka lahirkan. Akan tetapi, disamping itu pula tidak sedikit orangtua yang berpikir akankah cinta yang berikan kepada buah hatinya sama besarnya dengan perasaan yang akan dirasakan oleh si buah hati terhadap anda.

Bayi baru lahir tentu saja belum dibekali kemampuan untuk berkomunikasi, mengungkapkan apa yang ia rasakan dan masih banyak lagi yang belum ia kuasai. Untuk itulah, untuk mengetahui hal ini anda bisa mengenali beberapa cara yang dilakukan si buah hati dalam rangka menunjukan rasa cintanya kepada anda.

Bayi yang baru lahir mengungkapkan cinta dan rasa membutuhkan anda lewat sebuah tatapan mata. Hal ini pun tentu tidak dilakukan dengan mudah, diperlukan kerja keras untuk si bayi dalam menghafal wajah dan perawakan anda. Mereka belum paham betul mengenai dunia yang ada di sekeliling mereka, namun mereka tahu bahwa anda (dalam hal ini adalah ibu) adalah hal yang sangat penting baginya.

Untuk itu, cintai dan kasihi buah hati anda dengan tanpa syarat, meskipun sebuah ungkapan cinta yang dilakukan si bayi terbilang cara yang begitu sederhana, namun dibutuhkan kerja keras untuk mereka untuk bisa melakukan hal tersebut.

2. Untuk Bayi Berusia 8-12 Bulan

Bayi dengan usia ini akan mulai memberikan respon ketika anda berada jauh dari mereka. Misakan ketika anda meninggalkan mereka meski hanya beberapa saat dan jarak yang begitu dekat, si anak akan menunjukan ekspresi wajah tidak suka dan kesal ketika melihat sekeliling mereka. Alhasil, saat mereka menyadari anda tak ada disamping mereka, maka dengan seketika si anak akan menangis atau bahkan mengamuk jika anda tak segera hadir.

Bahkan ketika oranglain yang masih terikat hubungan keluarga bersama dengan si anak, mencoba membujuknya. Mereka masih akan menolak dan hanya menginginkan anda seorang. Dari sini tentunya sudah jelas, bahwa buah hati anda hanya akan merasa aman bila bersama anda dan kasih sayangnya tentu saja tercurah hanya untuk anda.

3. Untuk Anak-Anak Balita

Berbeda dengan anak di dua usia sebelumya, anak-anak berusia balita sudah mulai memiliki kemampuan untuk berpikir. Biasanya, anak-anak balita akan mengalami tantrum dimana dalam kondisi seperti ini amarahnya akan meledak dan amukannya bisa sangat membuat anda pusing. Mereka pun akan cenderung sering marah dan ngambek serta mengatakan "Aku benci ibu" atau kata-kata yang sejenis dengan hal ini. Akan tetapi, tak perlu khawatir, kata-kata ini hanya diungkapkan sebagai bentuk kekesalannya saja. Selain itu, emosi yang meledak pada si kecil bentuknya hanyalah sementara, dalam beberapa saat ia akan kembali mengakrabi orangtuanya. Meski kata-kata yang dilontarkan bernada seperti membenci, namun dalam hatinya, tetap saja ia begitu mencintai anda dan membutuhkan anda.

4. Saat Balita Mengungkapkan "Aku Cinta Ibu"

Anda mungkin sering mendengar buah hati anda mengatakan "aku cinta ibu", hanya saja dalam penyampaian kalimat ini anda seirng mendapati mereka tidak memaknainya dengan baik, seperti misalkan berteriak, menyatakan dengan keras atau bahkan meneriakan kata ini sebagai lelucon.

Anak-anak dalam usia ini mungkin masih belum paham makna ungkapan cinta, termasuk ungkapannya terhadap anda, sehingga tak heran hal ini akan dilakukannya dengan tidak serius. Namun jangan dipikirkan terlalu mendalam, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, si anak akan mulai mengerti dan memahami apa yang mereka katakan.

5. Untuk Anak-anak yang Mulai Masuk Usia Sekolah

Biasanya anak-anak yang mulai masuk usia sekolah akan mendapatkan bimbingan dari guru mereka disekolah tentang bagaimana mencintai, menyayangi dan menghormati orang tua. Selain itu, mereka pun akan mendapatkan pendidikan bagaimana mencintai orangtua dan menunjukan sikap cintanya kepada orangtua. Untuk itu, jangan heran jika anak akan memberikan bunga atau kartu ucapan yang didalamnya terbersit kata sayang untuk kita. Meski hal ini baru dipelajari mereka dan baru diketahuinya, namun tetap saja usahanya dalam melakukan hal ini adalah bentuk cinta nyata untuk kita. Yang mana hal ini tentunya harus kita hargai.

6. Untuk Anak-Anak Usia Prasekolah

Nah, untuk anak-anak usia ini cara yang ditunjukan si buah hati dalam mengungkapkan rasa sayangnya akan mulai lebih tertata dan berkesan. Mereka cenderung lebih ingin menunjukan kemampuan dan bakat mereka yang akan membuat anda terkesan. Seolah mereka ingin mengungkapkan, "Lihat aku, bu!". Percayalah ini adalah tanda cintanya kepada anda yang begitu besar, karena ia ingin membuat anda merasa bangga padanya.

7. Untuk Anak-Anak yang Usianya Lebih Besar

Berbeda dengan usia pada saat mereka kanak-kanak, anak-anak yang sudah menginjak usia lebih besar seperti usia remaja akan cenderung pemalu dan lebih senang merahasiakan kasih sayangnya. Di usia ini, anak akan cenderung menunjukannya dengan aksi seperti membuat anda bangga pada mereka dibandingkan hanya mengumbar kata-kata sayang. Selain itu, anak-anak remaja akan cenderung lebih merasahasiakan banyak hal, termasuk kegagalan dan kesalahannya. Hal ini tentunya semata-mata mereka lakukan agar perasaan bangga anda terhadap mereka tidak hancur. Nah, dari sini tentunya sudah jelas bahwa dengan begitu esarnya rasa cinta anak sampai mereka tak mau mengecewakan anda.

Terkadang orangtua merasa bingung untuk mengetahui apakah anak yang mereka besarkan memiliki rasa cinta yang besar terhadap ayah dan ibunya. Untuk itulah, mengetahui beberapa cara anak mengungkapkan cinta pada orangtua, diharapkan mampu menjawab rasa penasaran anda.

Loading...

Follow us