data-ad-format="auto"

Kenalkan Keindahan Alam Kepada Bayi Anda

Entah itu berjalan-jalan di lingkungan sekitar, di taman atau di pantai atau tepat di halaman belakang Anda sendiri, kesempatan untuk menikmati alam dapat merangsang indera bayi. Dan lagi, menghirup udara yang segar itu baik untuk semua orang.

Bahkan jika Anda hanya berjalan-jalan di sekitar lingkungan anda, bawalah anak Anda bersama-sama! Gendong bayi Anda di depan sehingga mereka dapat melihat-lihat saat Anda bergerak. Biarkan bayi merasakan matahari dan angin, tapi ingat pakaikan ia pakaian yang tepat yang dapat melindungi kulitnya yang halus dari cuaca dan matahari.

Berjalanlah dengan santai, dan sering-seringlah berhenti agar bayi Anda dapat melihat dan menyentuh semak-semak kecil atau bunga. Ia akan tertarik dengan nuansa daun dan aroma dari bunga. Saat Anda berjalan, berbicaralah dengan pelan kepadanya – beri tahu nama-nama benda dan warna yang ia lihat, perasaan, bau, dan suara yang baru ia dengar.


Bayi tidak akan takut jika Anda berbicara dengan bayi dengan suara rendah dan menenangkan. Dengarkan kicauan burung, lihat pejalan kaki, dan biarkan bayi memegang beberapa batu halus. Tunjukkan hal-hal baru untuk anak Anda saat Anda berjalan: tupai berlarian, serangga berdengung di sekitar Anda, burung bertengger di cabang. Dunia hewan dan alam adalah pengalaman baru yang menarik untuk bayi.

 

Bermain di  Halaman Belakang

Bentangkan selimut di halaman belakang dan biarkan bayi Anda mengamati alam dari permukaan tanah. Merasakan rumput, kulit kasar pohon, bau wangi dari kebun semua akan menarik. Berbaringlah dan lihat langit dan formasi awan bersama-sama. Ajaklah untuk menyentuh langsung saat Anda menjelaskan apa yang bayi Anda lihat dan rasakan. Momong bayi di luar rumah di bawah naungan pohon, atau biarkan dia berlatih berguling dan merangkak dari tempat Anda di atas selimut. Bayi Anda akan menikmati mini-eksplorasi di tempat yang aman dan nyaman hanya beberapa langkah dari rumah.

Seiring bayi menjadi terbiasa dengan pengalaman di luar ruangan, Anda bisa melanjutkan menjelajahi alam yang jauh dari rumah. Pergilah berjalan kaki atau menghabiskan satu jam di taman, di kebun binatang atau di kebun raya setempat. Jika ada kolam di dekat rumah Anda, pergilah untuk berenang bersama-sama.  Olesi si kecil dengan tabir surya dan kenakan topi, kemudian celupkan kaki bersama-sama sementara bayi Anda aman dalam dekapan Anda. Ini adalah pengalaman sensorik baru untuk bayi: air dingin pada kulit, sinar matahari hangat dan kenyamanan penuh cinta dalam dekapan Anda dimana ia merasa aman.

Pengalaman di alam luar harus dilakukan dalam dosis kecil untuk bayi, jadi mulailah perlahan dan jaga agar waktunya cukup singkat. Pengenalan bayi dengan lingkungan atau alam sekitar sangat baik untuk perkembangan indera dan sensorik bayi.

Bidan Pevi Revina, STr.Keb
Author: Bidan Pevi Revina, STr.Keb
Co-Founder / Content Supervisor

Pendidikan di Akademi Kebidanan Politeknik Kesehatan Tasikmalaya dan Poltekes Bhakti Pertiwi Husada Cirebon. Saat ini bekerja sebagai bidan PNS,mengelola klinik kehamilan dan persalinan Bidanku, juga sebagai Founder dari klinik Revina: Baby, Kids n Mom Spa.

Narasumber di Kompas TV dalam acara Talkshow Wanita dan Internet, menjadi kontributor Tempo dan juga pernah sebagai partner dalam acara Srikandi Award Sebuah Ajang Penghargaan Bagi Bidan-bidan Inspirasional Indonesia


Follow us