data-ad-format="auto"

Kenali Pribadi Anak Anda Untuk Mengembangkan Potensinya

Kesuksesan anak ditentukan oleh potensi anak yang tergantung pada kondisi rumah, sekolah dan juga lingkungannya sehingga sangat penting untuk anda dalam menjalin hubungan yang harmonis untuk menciptakan keselarasan dalam mewadahi potensi anak agar dapat berkembang. Kuncinya adalah anda harus mengetahui bagaimana cara dalam mendidik anak sesuai dengan pribadinya, berikut adalah cara mengenali anak sesuai dengan kepribadiannya untuk mengembangkan potensi di dalam dirinya :

1.     Kepribadian Sanguinis populer

Ciri anak yang memiliki kepribadian sanguinis populer cenderung memiliki energi yang besar, suka bersenang-senang dengan teman sebayanya dan lebih supel. Anak yang memiliki kepribadian sanguinis populer lebih mencari perhatian, dukungan, kasih sayang dan mendapat pengharapan dari orang disekitar mereka. Anak yang memiliki kepribadian sanguinis populer lebih suka membawa dirinya bergembira dalam situasi apapun, lebih senang menjadi sorotan dan lebih suka memotivasi orang lain, kemampuan dalam menghidupkan komunikasi di komunitasnya sangat besar sehingga mempunyai banyak teman, meskipun demikian mereka lebih banyak tidak teratur, emosional dan hipersensitif. Dalam mengembangkan kemampuan anak anda dengan kepribadian ini sebaiknya hanya diberikan kisi-kisi atau petunjuknya saja, dikarenakan ke kreatifan anak dengan pribadi ini mampu menyelesaikan semuanya, dukung mereka untuk mengikuti kegiatan komunitasnya sehingga dapat mengembangkan jaringan pertemanan yang memiliki hobi yang sama.

2.   Kepribadian Kuat Koleris

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Anak  yang memiliki  karakter dan kepribadian Koleris Kuat merupakan anak yang secara natural berorientasi pada sasaran yang dimilikinya, hidupnya dicurahkan untuk dapat berprestasi, dan juga yang cepat dapat mengorganisasikan. Mereka yang memiliki kepribadian ini selalu menuntut loyalitas dan juga penghargaan dari orang-orang dilingkungannya. Dalam menghadapi anak yang memiliki kepribadian koleris, diperlukan pendekatan komunikasi sehingga tidak menyinggung perasaannya, anak dengan tipe ini cenderung tidak memiliki perasaan sehingga orang tua harus memiliki sifat demonstratif. Anak-anak dengan karakter ini lebih menghargai keadilan, logika, terus terang dan kejujuran.  Dalam mengembangkan kemampuan anak yang memiliki kepribadian korelis sebaiknya diberikan langsung tujuan dari tugas yang akan anda berikan, tanyakan pula cara untuk menyelesaikan sehingga dapat memprediksi hasil yang akan dicapai oleh anak anda dengan kepribadian korelis.

3.  Kepribadian Sempurna Melankolis

Anak dengan kepribadian ini lebih cenderung memiliki sifat untuk mengejar kesempurnaan dalam segala hal yang akan dilakukannya. Hingga banyak sekali anak yang seringkali kecewa karena hasilnya kurang sempurna di mata mereka. Anak yang memiliki kepribadian ini lebih cenderung membutuhkan kepekaan dan dukungan dari orang lain. Anak yang memiliki kepribadian ini lebih cenderung berorientasi pada tugas dan lebih hati hati, mereka lebih suka dengan keteraturan dalam menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Dalam menghadapi anak dengan karakter melankolis, sebaiknya orang tua melakukan pendekatan secara komunikasi terhadap apa yang sudah mereka hasilkan dengan baik, dikarenakan anak tipe ini sangat tidak kompetitif dan tidak merespon dengan beberapa hadiah yang anda tawarkan ketika menyelesaikan pekerjaannya. Dalam mengembangkan kemampuannya sebaiknya anda dapat menyampaikan dengan cara yang lembut dan datar, apabila tugas tugas yang anda berikan tidak selesai dan kurang memuaskan anda dapat memberikan saran yang membuatnya termotivasi untuk mengerjakannya. Hal ini sesuai dengan kepribadiannya yang perfeksionis dan mereka lebih suka untuk mengkritik dalam dirinya sesuai dengan apa yang mereka temui di dalam dirinya .

Loading...

Follow us