Kenali Jenis Bisul Hidradenitis Suppurativa, Gejala dan Penyebabnya

4.94/5 (17)

Kulit menjadi bagian paling besar untuk tubuh manusia.

Kulit memiliki fungsi untuk menutupi semua organ tubuh dalam yang ada pada manusia sehingga tampilannya menjadi terlihat menarik. Hal inilah yang menyebabkan manusia akan dibuat risau dan panik pada saat bagian kulitnya mengalami masalah dengan hinggapnya penyakit atau munculnya masalah pada kulitnya. Betapa tidak, permasalahan yang timbul pada kulit akan tentu saja menurunkan rasa percaya diri seseorang dan merasa enggan untuk tampil indah dan terbuka seperti kebanyakan orang. Alhasil orang-orang yang mengalami gangguan atau masalah dengan kulitnya maka mereka akan cenderung menjadi tidak percaya diri dan menutup seluruh tubuhnya agar tidak terlihat.

Padahal jauh dalam lubuk hati yang paling dalam, melihat orang lain berada dalam balutan gaun yang indah dengan lengan yang terbuka atau bagian kaki yang terlihat, tentu menjadi godaan yang membuat mereka ingin melakukan hal serupa. Namun apa daya pada saat masalah mulai menyerang bagian terluar pada tubuh mereka, maka mau tidak mau mereka akan menutupnya dengan terpaksa.

Kulit yang mulus adalah dambaan bagi semua orang, tak terkecuali untuk kaum laki-laki. Kulit yang indah dan terlihat mulus umumnya seringkali menjadi parameter betapa seseorang mampu merawat kesehatan dan kecantikan tubuhnya dengan baik. Berbeda dengan mereka yang memiliki masalah pada kulitnya, orang-orang dengan masalah ini seringkali memunculkan stigma di masyarakat bahwa mereka tidak mampu menjaga kebersihan tubuh sehingga masalah bisa bermunculan pada kulitnya. Stigma ini tentu saja mendiskriminasi sebagian orang yang tidak merasa bahwa pernyataan tersebut adalah benar sepenuhnya.

Memang tidak demikian, karena tidak semua jenis penyakit kulit yang menyerang seseorang adalah bagian dari ketidak mampuan seseorang dalam menjaga kebersihan tubuhnya. Akan tetapi demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar penyebab penyakit kulit adalah disebabkan oleh kuman dan bakteri yang masuk kedalam tubuh. Seperti yang telah kita pahami bahwa kuman dan bakteri akan lebih senang berkembang biar pada area-area yang tidak terjaga kebersihannya.

Untuk itulah, tidak heran bila banyak orang akan melakukan segala cara untuk menemukan solusi agar kulit mereka bisa kembali mulus dan telihat enak pada saat dipandang. Berbagai cara dan usaha pun banyak dilakukan demi mendapatkan jenis kulit yang sudah diimpikan. Mulai dari melakukan perawatan dirumah dengan cara yang sederhana sampai dengan berkonsultasi ke dokter kecantikan dan mengeluarkan banyak dana untuk mendapatkan kulit yang diidamkan.

Ya, selain berfungsi sebagai cerminan dari tubuh yang bersih dan digunakan untuk mempercantik diri. Kulit pun memiliki peranan yang cukup besar untuk tubuh. Salah satuanya adalah kulit berperan dalam mengatur suhu tubuh yang normal.

Dengan demikian, pada saat anda berpergian ke tempat dengan suhu yang berbeda, kulit anda akan berusaha menyesuaikan suhu tubuhnya sehingga anda akan dengan perlahan mampu menyesuaikan dengan suhu disekitar anda. Bayangkan bila tubuh anda tak berkulit, jangankan untuk menyesuaikan tubuh dengan suhu yang anda, penampilan anda pun mungkin tidak akan terlihat senormal saat ini.

Untuk itulah, penting sekali merawat dan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, terutama kulit anda. Kebersihan dan kesehatan yang terjaga dengan baik akan mampu menghindarkan segala macam penyakit agar tidak menyerang anda. Sebab seperti yang kita pahami bahwa penyakit kulit yang muncul seringkali membuat anda merasa tidak nyaman dan rasa percaya diri menjadi berkurang.

Nah, dari sekian banyak penyakit kulit yang sering muncul, anda mungkin tidak asing dengan penyakit bisul. Penyakit ini seringkali timbul dibagian tubuh yang tak terduga. Namun sebenarnya, bisul hanya akan menyerang bagian kulit tertentu saja, yakni bagian kulit yang ditumbuhi dengan bulu atau rambut. Untuk mengetahui lebih jauh seperti apa penyakit bisul itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu penyakit bisul.

jenis jenis bisul 2Mengenal Penyakit Bisul

Penyakit bisul adalah penyakit kulit yang timbul sebab adanya benjolan merah yang terjadi pada kulit. Ketika benjolan ini timbul maka si penderita akan merasakan perasaan sakit seperti berdenyut. Benjolan ini akan terus membesar dan didalamnya terdapat cairan nanah pada benjolan. Adapun munculnya benjolan tersebut diakibatkan sebab adanya bakteri yang memicu timbulnya peradangan dibagian folikel rambut, yakni lubang dimana rambut atau bulu pada kulit tumbuh.

Sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa bisul hanya menyerang bagian yang ditumbuhi rambut, seperti ketiak, bokong, leher, lengan atau bagian liapatan seperti pada paha. Hal ini dikarenakan dibagian tersebut seringkali terjadi gesekan dan timbul keringat yang membuat bagian tersebut mudah lembab dan bakteri mudah berkembang biak.

Bisul juga bisa tumbuh dibagian kelopak mata dimana dibagian tersebut ditumbuhi dengan bulu mata, kondisi ini seringkali disebut dengan bintitan. Inilah pula yang membuat bisul tak pernah menyerang dibagian yang tidak ada bulu atau rambutnya seperti telapak tangan atau pada bagian telapak kaki.

Pada penderita bisul, si penderita akan mulai merasakan banyak gejala dimana gejala tersebut umumnya akan menimbulkan perasaan yang menganggu untuk si penderita. Pada gejala tahap awal, ukuran bisul umumnya akan terlihat kecil dan kemudian ukuran ini akan membesar. Proses ini masih akan berlanjut, untuk mengenali proses terjadinya bisul, mari kita simak dibawah ini.

Tahapan Proses Terjadinya Bisul

  1. Setelah timbul warna kemerahan pada kulit, maka akan timbul benjolan seperti jerawat dibagian tangan. Dimana dibagian tersebut akan terlihat ruam kemerahan yang meradang.
  2. Selanjutnya kulit disekitar benjolan akan memerah, membengkak dan juga terasa hangat apabila anda menyentuh bagian tersebut. Kondisi ini biasanya mengindikasikan bahwa infeksi telah menyebar kebagian kulit hingga ke sekelilingnya.
  3. Ditahapan selanjutnya benjolan akan mulai membesar dan terlihat nanah mulai mengelilingi bagian benjolan dengan perlahan.
  4. Pada gilirannya hampir matang, akan terlihat titik putih dibagian tengah benjolan dan memuncak menjadi mata bisul.
  5. Pada saat pecah, bisul akan mengeluarkan cairan berupa nanah. Nah, pada saat ini sebaiknya segera lap dan tangani cairan nanah yang keluar agar jangan sampai menyebar kebagian kulit lainnya. Nanah yang keluar dari bagian bisul tersebut berisi sekumpulan kuman dan bakteri penyebab bisul. Bila menyebar kebagian tubuh lainnya, maka bakteri tersebut bisa menginfeksi dan bukan tidak mungkin akan memunculkan bisul yang baru tumbuh dibagian tersebut.

Kondisi bisul seperti diatas sebenarnya akan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus mendapatkan pertolongan medis yang berarti. Akan tetapi demikian, sebaiknya anda mengkonsultasikan kondisinya apabila bisul yang anda derita mulai menunjukan beberapa gejala seperti dibawah ini:

  • Menyebabkan demam.
  • Terus membesar (diameter di atas 5 cm) dan terasa sangat sakit.
  • Tumbuh di dalam hidung, di wajah, atau tulang belakang.
  • Memiliki masalah dengan sistem imun atau dalam pengobatan yang menganggu sistem imun dan muncul bisul.
  • Tidak kunjung sembuh selama lebih dari 14 hari.
  • Sering kambuh.
  • Tumbuh lebih dari satu buah di lokasi yang sama. Jenis ini dikenal dengan bisul sabut atau karbunkel, dan kondisi ini tergolong infeksi yang lebih serius.

Pada penyakit bisul pemicu yang membuat kondisi ini bisa terjadi adalah adanya infeksi bakteri dengan jenis Staphylococcus aureus. Jenis bakteri ini sebenarnya seringkali dijumpai pada bagian kulit manusia, bahkan keberadaannya bisa ditemukan dibagian dalam hidung manusia.

Akan tetapi, dibagian ini bakteri jenis ini tidak mampu memicu infeksi jenis apapun. Infeksi hanya akan dapat terjadi apabila bakteri jenis ini masuk hingga kebagian folikel rambut melalui goresan luka atau pada saat luka terbuka seperti pada gigitan serangga, dimana pori-pori menjadi membesar dan bakteri serta kuman menjadi lebih mudah masuk kedalamnya dan menginfeksi bagian tersebut.

Jenis Bisul yang Perlu Diwaspadai

Selama ini anda mungkin hanya terbatas mengetahui bahwa bisul adalah jenis yang muncul dibagian kulit saja yang penyebabnya dipicu oleh jenis bakteri yang sama. Akan tetapi dalam dunia medis, jenis bisul rupanya beragam dan sebagiannya mungkin pernah anda alami. Akan tetapi jenis benjolan yang muncul mungkin anda kenali sebagai benjolan yang lain. Namun secara medis benjolan tersebut muncul sebagian bagian dari bisul.

Nah, untuk mengetahui jenis benjolan apa saja yang mungkin muncul. Mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Bisul Hidradenitis Suppurativa

Jenis bisul yang satu ini adalah bisul yang paling sering muncul dan kemunculannya umumnya lebih banyak ditemukan dibagian lipatan pada tubuh sepeti halnya ketiak atau selangkangan. Jenis bisul yang satu ini termasuk kedalam salah satu bisul yang amat menyakitkan sehingga pada penderita yang mengalami bisul jenis ini tak heran mereka akan cenderung mengalami demam yang tinggi karena perasaan sakit yang tak lagi dapat tertahankan.

Adapun penyebab yang menimbulkan bisul jenis ini timbul adalah adanya infeksi yang terjadi secara langsung pada bagian kelenjar keringat.

Peradangan atau inflamasi yang muncul dari kondisi ini akan membuat kondisi bisul menjadi lebih menyakitkan dan sering membutuhkan tindakan operasi yang dilakukan oleh tim medis.

Ukuran benjolan yang muncul pada bisul jenis ini akan tumbuh sebesar kacang tanah hingga ukuran kelereng. Berbeda halnya dengan jenis-jenis bisul yang sudah pernah kita bahas pada artikel ini Ketahui Jenis Bisul, Penyebab dan Gejala. Jenis bisul yang satu ini tidak akan pecah dengan sendirinya terkecuali pada saat dilakukan tindakan bedah kecil untuk mengeluarkan nanah dan cairan yang bersarang dibagian dalamnya.

Gejala Penyakit Hidradenitis Supparativa

Pada penyakit bisul jenis ini, akan muncul beberapa gejala atau ciri-ciri yang menandai jenis penyakit ini muncul. Nah untuk mengetahui beberapa gejala tersebut, mari kita simak dibawah ini.

  • Timbulnya perasaan gatal dan produksi keringat yang berlebihan pada daerah yang terkena.
  • Benjolan bisa menjadi lebih besar dan menyebabkan bau yang tidak sedap.
  • Timbulnya komedo kecil yang terlihat di dalam kulit dan jika ditekan maka sering mengeluarkan cairan atau nanah putih.
  • Adanya perasaan nyeri dan sakit yang tidak nyaman, lalu akan bertambah parah jika sudah terjadi peradangan.

Penyebab Hidradenitis Supparativa

Sebenarnya ada cukup banyak penyebab yang dapat memicu kondisi bisul jenis ini bisa menyerang seseorang. Dari kebanyakan penyebab, gaya hidup adalah salah satu pemicu paling besar yang membuat kondisi ini dapat terjadi. Nah, untuk mengetahui apa saja pemicu dari penyakit bisul jenis hidradenitis supparativa bisa terjadi, maka mari kita simak dibawah ini.

Akibat pola diet yang buruk yang dijalankan oleh seseorang. Seperti halnya mengkonsumsi makanan berlemak yang tinggi yang dapat menyebabkan perubahan rangsangan untuk kelenjar keringat dalam tubuh.

  • Stress atau pikiran yang berat sehingga menyebabkan kondisi tubuh menjadi lebih lemah.
  • Wanita paling sering menderita hidradenitis supparativa dibandingkan laki-laki karena produksi hormon yang berbeda.
  • Perubahan hormon yang paling sering terjadi pada remaja usia subur.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan yang menyebabkan terjadinya masalah untuk kelenjar keringat dari dalam tubuh terutama di sekitar selangkangan dan ketiak.
  • Memiliki garis keluarga yang juga menderita hidradenitis supparativa.

Pengobatan Untuk Penyakit Hidradenitis Supparativa

Ada cukup banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati bisul jenis ini, mulai dari pengobatan sederhana yang dapat dilakukan dirumah sampai dengan menyerahkan pengobatan ke tim medis. Nah, untuk mengetahui beberapa hal atau metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk penyakit bisul jenis ini, maka simak dibawah ini.

  1. Saat awal gejala terjadi pengobatan bisa dilakukan dengan mengkompres bagian area yang membengkak dengan menggunakan lap atau handuk bersih yang dicelupkan pada air hangat dan letakan dibagian benjolan. Hal ini akan dapat membantu anda mengatasi peradangan dan pembengkakan yang terjadi.
  2. Menjaga kebersihan adalah hal penting sebagai cara pengobatan untuk jenis bisul ini yang dapat dilakukan dirumah dengan sederhana. Terutama jaga agar daerah yang terkena infeksi selalu bersih dari debu terutama kotoan. Selain itu, kenakan sabun antiseptik yang bekerja mampu membunuh kuman dan bakteri.
  3. Penggunaan obat yang termasuk kedalam antibiotik yang dapat mencegah agar pertumbuhan bisul tidak menyebar kebagian kulit lainnya serta mempercepat proses penyembuhan.
  4. Tindakan bedah atau operasi untuk menghapus bisul apabila pengobatan diatas sudah dilakukan namun bisul yang dirasakan tak kunjung sembuh. Tindakan bedah ini tentu dilakukan oleh tim medis dan tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Untuk pemilihan metode yang satu ini biasanya akan membutuhkan waktu untuk masa pemulihan yang cukup lama.

Cara Mencegah Bisul Hidradenitis Supparativa

Melihat dampaknya yang cukup menyeramkan, jenis bisul yang satu ini tentu patut untuk diwaspadai. Selain itu, melihat dari pemicunya yang cukup beragam, maka siapa saja bisa beresiko terhadap jenis bisul yang satu ini. Untuk itu, penting sekali melakukan cara untuk mencegah jenis bisul yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bisul jenis hidradenitis supparativa.

  1. Budayakan untuk selalu hidup bersih. Terutama menjaga kebersihan dibagian sekitaran lipatan tubuh seperti halya selangkangan dan bagian ketiak, dimana bagian ini rentan terkena dengan bisul. Apabila gejala sudah mulai dirasakan, maka sebaiknya lakukan pengompresan untuk meredakan rasa sakit dan peradangan yang dirasakan.
  2. Cobalah turunkan berat badan, sebab beran badan pun akan dapat berpengaruh dalam mendorong infeksi yang akan muncul kembali.
  3. Hentikan kebiasaan merokok untuk hidup yang lebih sehat.
  4. Kenakan pakaian yang longgar untuk mengatasi daerah yang rentan terkena dengan infeksi.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari resiko dari bisul jenis hidradenitis supparativa. Semoga dengan mengetahui lebih dalam mengenai jenis bisul yang satu ini dapat memperluas ilmu pengetahuan anda dan membuat anda menjadi lebih waspada terhadap segala ancaman penyakit, terutama penyakit kulit.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply