Kenali Gejala Demam Berdarah Pada Anak

4.18/5 (11)

Keadaan demam pada anak ada yang dinilai biasa ada pula yang berbahaya, salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Gejala yang bervariasi pada anak akan menyulitkan dalam mendeteksi terserang demam berdarah dengue atau penderita tidak mengalami gejala yang umum dialami ketika terserang demam berdarah dengue.

Demam yang terjadi pada penderita demam berdarah dengue adalah demam yang membutuhkan pengamatan lebih seksama mengingat demam berdarah dapat terjadi secara tiba-tiba. Jangan menganggap demam berdarah pada anak adalah penyakit biasa dikarenakan demam berdarah pada anak dapat menjadi pendarahan yang hebat dan syok.

Kenali Gejala Demam Berdarah

Untuk mengetahui apakah anak mengalami demam biasa atau Demam Berdarah Dengue (DBD) maka anda dapat mengenali melalui gejala yang sering timbul pada anak yang mengalami demam berdarah :

1. Demam

Salah satu yang paling umum dialami adalah terserang demam. Meskipun demikian tidak semua demam dapat disimpulkan mengalami demam berdarah. Beberapa penyakit seperti tifus, influenza, malaria dan campak juga memiliki gejala awal yang sama yaitu demam. Demam pada anak yang menderita demam berdarah umumnya ditandai dengan suhu badan yang tinggi terus menerus selama tiga hari, sehingga pemeriksaan dokter dapat membantu dalam menentukan penyebab terjadinya demam.

2. Pendarahan

Anak mengalami pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, atau berupa bintik-bintik merah di badan. Beberapa kondisi anak bahkan mengalami muntah dan buang air besar berdarah. Kondisi pendarahan yang dialami oleh anak yaitu ketika trombosit sudah cukup rendah.

3. Mual dan sakit perut

Anak anda mengalami demam selama tiga hari bahkan tidak membaik dan disertai dengan mual, muntah dan juga sakit perut. Beberapa anak kehilangan nafsu makan, waspadai gejala demam berdarah dengue.

4.Syok

Gejala yang paling akhir timbul adalah gejala syok pada anak. Apabila terlambat mendapatkan pengobatan akan berakibat fatal bahkan hingga kematian. Gejala yang umum ditandai dengan jari tangan dan kaki yang dingin, lemas dan warna kuku yang berubah menjadi biru.

5 Sakit kepala dan lesu

Anak yang demam seringkali mengeluhkan sakit kepala dan lesu sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan test darah dapat diketahui penyebab anak sakit. 

Gejala diatas memang tidak semua dapat timbul pada anak yang menderita demam berdarah dengue (DBD) sehingga melakukan pemeriksaan sangat diperlukan. Salah satunya dokter akan menyarankan test darah, apabila test darah diketahui jumlah trombosit kurang dari 100.000 per mm3 maka diduga mengalami demam berdarah dengue (DBD). 

Terlebih apabila anggota keluarga atau tetangga anda menderita demam berdarah, alasan ini dikarenakan nyamuk sebagai vektor demam berdarah dengue (DBD) dapat menggigit lebih dari satu orang. Pertolongan pertama adalah dengan memberikan cairan/ minum sebanyak mungkin hingga anak anda tidak kekurangan cairan tubuh, kompres untuk mengurangi panas tubuhnya, memberikan obat penurun panas, bawa anak anda ke rumah sakit apabila tiga hari apabila demam anak anda semakin meningkat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel