Kenali Gejala Asma dari Ringan Sampai Akut

4/5 (6)

Penyakit asma adalah penyakit bagian pernapasan yang terjadi akibat bagian pernapasan mengalami penyempitan yang dapat membuat penderitanya kesulitan untuk dapat bernapas secara normal.

Selain itu, gejala yang akan ditimbulkan pada penderita adalah berupa batuk, nafas sesak dan dada yang terasa berat. Ketika kondisi seperti ini menyerang, tentu saja dampak yang akan ditimbulkan pada si penderita akan membuatnya kepayahan dan kesulitan. Alhasil ada sebagian besar penderita yang mendapatkan resiko serangan asma dan tak mampu menahannya berakibat cukup fatal hingga pingsan atau bahkan kematian akan menjadi dampak terburuk dari penyakit ini.

Untuk itulah, penyakit asma tidak lagi bisa dianggap sebagai hal kecil yang bisa diremehkan. Diperlukan usaha untuk dapat menemukan solusi bagaimana menangani penyakit asma dan mengurangi resiko serangannya.

kenali gejala asma ringan akut

Penyakit asma memang tidak dapat disembuhkan secara keseluruhan dan dihilangkan dengan total. Semua pengobatan medis yang dilakukan oleh dokter biasanya dimaksudkan untuk meringankan gejala dan dampak yang ditimbulkan dari penyakit ini. Yang mana berarti pengobatan medis yang dilakukan pun tidak ditunjukan untuk mengobati secara sepenuhnya. Akan tetapi demikian, bukan berarti jika penderita penyakit asma tidak dapat hidup dengan normal sebagaimana orang-orang pada umumnya. Disinilah maksud dari pengobatan penyakit asma yang dilakukan oleh dokter, yakni untuk mengurangi gejala dan mengusahakan sedapat mungkin agar si penderita bisa menjalani hari-hari dan kegiatannya dengan normal.

Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit asma tentu tidak datang dengan tiba-tiba dan menyebar dalam tubuh lantas menjadi sebuah penyakit akut. Penyakit ini pun datang dengan berbagai tanda dan gejala sebelum berkembang menjadi penyakit akut yang akan membutuhkan pertolongan medis dengan segera.

Hanya saja, umumnya keterlambatan diagnosa yang terjadi pada pasien penderita penyakit ini, biasanya dipengaruhi oleh faktor si pasien itu sendiri yang enggan pergi memeriksakan kesehatan ke dokter atau mungkin perilaku yang seringkali mengabaikan penyakit yang dideritanya.

Untuk itulah, penting sekali mengutamakan kesehatan dengan sering melakukan check up kesehatan ke dokter, agar segala penyakit yang mungkin menyerang dalam tubuh bisa segera diatasi dengan lebih baik oleh dokter.

Perlu diketahui bahwa gejala asma pada setiap penderita tidaklah sama dan muncul dengan cara yang sama. Pederita asma mungkin tidak memiliki gejala asma ini, atau mungkin memiliki gejala asma yang berbeda pada waktu yang berbeda. Gejala penyakit asma yang ditimbulkan pun akan dapat bervariasi dari satu serangan asma ke serangan yang berikutnya.

Adapun penyakit ini datang dengan cara yang bertahap yakni mulai dari penyakit asma yang ringan hingga ke penyakit asma yang akut. Begitupun dengan gejala yang ditimbulkannya.

Beberapa orang dengan penyakit asma dapat terdiagnosis untuk waktu yang lama tanpa munculnya gejala apapun. Selain itu, beberapa orang mungkin hanya mendapat gejala asma selama latihan atau asma yang datang akibat infeksi virus seperti pilek.

Serangan asma yang muncul sifatnya umum, biasanya saluran udara yang terhimpit ini akan dapat kembali pada kondisi yang normal dalam beberapa waktu. Nah, selain beberapa gejala diatas berikut ini ada beberapa gejala ringan sampai akut dari penyakit asma.

Gejala Asma Ringan

1. Bersin-Bersin

Bersin-bersin meskipun belum pasti menjadi penyebab timbulnya asma, akan tetapi kondisi seperti ini patut sekali untuk diperhatikan. Bersin yang timbul pada tubuh seseorang dapat muncul sebagai reaksi bakteri yang masuk kedalam saluran pernapasan. Selain itu, beberapa penyebab seseorang bersin adalah dikarenakan faktor debu atau virus yang terhirup oleh tubuh.

Bakteri, virus dan debu inilah yang akan menstimulasi hidung untuk dapat membuang kotorannya dengan cara bersin. Akan tetapi, masih ada bakteri, virus dan debu yang berhasil masuk kedalam dan apabila beberapa mikro-organisme ini masuk ke saluran pernapasan, maka akan menginfeksi bagian tersebut, pada akhirnya asma bisa muncul atau kambuh.

2. Batuk

Sama halnya seperti bersin, batuk juga merupakan respon atas masuknya virus, bakteri dan senyawa lainnya kedalam tubuh. Akan tetapi demikian masih ada jenis bakteri, virus dan senyawa lainnya yang dapat masuk kedalam tubuh dan akan menganggu kondisi saluran pernapasan yang juga memicu timbulnya asma.

3. Hidung Mampet

Hidung mampet umumnya akan sangat mengganggu proses pernapasan yang terjadi didalam tubuh. Kondisi ini akan dapat memicu timbulnya asma dan sesak napas, karena ketika hidung mampet. Saluran pernapasan akan sangat terganggu dan pada akhirnya timbul asma.

4. Gangguan Tidur

Gejala asma lainnya akan dapat menyebabkan perasaan panik dan sulit tidur dimalam hari. Adapun hal ini dikarenakan, pola pernapasan yang berubah-ubah dan cenderung tak stabil. Sehingga pada akhirnya, perasaan tidak nyaman akan membuat anda kesulitan untuk tidur.

Gejala Asma Akut

1. Napas yang Terasa Berat

Pada asma dengan tingkatan yang sudah akut, saluran pernapasan akan mengalami penyempitan dengan begitu signifikan. Dengan demikian hal ini akan secara otomatis membuat bagian pernapasan dituntut untuk bekerja lebih ekstra guna menyuplai oksigen kedalam tubuh. Dampaknya, proses pernapasan akan menjadi lebih berat dan sulit bekerja. Keadaan inilah yang seringkali disebut dengan istilah sesak napas yang juga disertai dengan bunyi mengi.

2. Sesak Dibagian Dada

Bagian organ tubuh yang akan terasa sakit dan sesak ketika saluran pernapasan mengalami gangguan adalah dibagian dada. Ketika dada mulai seirngkali terasa sakit dan sesak, maka kemunginan besar tubuh sedang mengalami asma. Sesak dibagian dada ini merupakan respon alami dari paru-paru yang mengalami kekurangan oksigen.

3. Napas yang Pendek

Seorang penderita yang mengalami serangan gejala asma, umumnya akan membuatnya mengalami kesulitan menambil napas. Meskipun ia merasa telah berusaha menambil napas yang panjang, namun napas yang dihasilkan terasa begitu pendek dan tersengal-sengal. Umumnya, kondisi ini akan disertai dengan kondisi yang mudah lelah setelah melakukan aktivitas yang terbilang ringan.

Nah, jika gejala ini dirasakan seseorang dan disertai dengan banyak gejala lainnya, maka ini bisa diindikasikan sebagai gejala asma yang harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Demikian beberapa gejala asma yang perlu diketahui. Dengan mengetahui gejala-gejala ini diharapkan seorang penderita bisa segera menentukan tindakan tepat untuk menangani asmanya dengan berkonsultasi ke dokter. Dengan demikian, penanganan yang lebih dini akan membuat gejala bisa diminimalisir dan resiko terburuk akan dapat dihindari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan kita semua.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply