Kenali Ciri dan Tanda Diabetes Melitus Pada Wanita

5/5 (1)

Gaya hidup yag kurang sehat yang banyak diterapkan dewasa ini memang membuat laki-laki dan perempuan menjadi lebih rentan terkena dengan berbagai penyakit. Apalagi kurang pedulinya dalam menjaga kesehatan membuat mereka tak jarang melakukan beberapa hal atau kebiasaan buruk yang nyatanya mampu mendatangkan penyakit. Seperti halnya resiko terhadap diabetes atau kencing manis. Penyakit yang satu ini memang cukup menakutkan dan menjadi satu dari sekian banyak penyebab kematian yang cukup memilukan.

Betapa tidak, pasalnya penyakit yang satu ini tidak mengenal usia karena dari yang muda sampai dengan orangtua sekalipun akan dapat mengalami penyakit yang serupa. Jika banyak orang berpendapat bahwa penyakit diabetes hanya dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia maka pendapat ini salah besar. Sebab orang yang masih sehat atau terlihat bugar pun bisa meningkatkan resiko terhadap paparan penyakit yang satu ini.

Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya selama bertahun-tahun mereka sudah terlebih dahulu mengidap penyakit ini dalam tipe yang lebih rendah. Hanya saja, kecenderungan gejala atau tanda dari penyakit diabetes memang sulit untuk dikenali. Sementara itu, untuk penyakit diabetes pada wanita umumnya akan sedikit berbeda dengan yang dialami oleh kaum pria. Nah, dibawah ini adalah beberapa tanda dan ciri diabetes pada wanita.

Infeksi Jamur

Tanda atau ciri yang pertama yang mungkin dijumpai pada wanita yang mengalami diabetes adalah peningkatan glukosa yang tinggi didalam tubuh akan dapat menyebabkan infeksi pada berbagai bagian tubuh, seperti halnya mulut berupa sariawan atau pada bagian vagina yang terinfeksi.

Kondisi seperti ini bisa mengindikasikan adanya resiko diabetes yang sudah meningkat dalam tubuh. Diabetes terjadi karena adanya kadar glukosa didalam darah yang terlalu tinggi yang tidak mampu diserap oleh insulin karena produksi insulin dari pankreas jumlahnya tidak mencukupi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bila anda seringkali mengalami kondisi seperti ini maka sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter. Pemeriksaan lebih dini akan membuat segala macam penyakit dapat dideteksi lebih cepat. Untuk itu, jangan pernah sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Infeksi Saluran Kemih

Tanda selanjutnya yang mungkin dijumpai adalah terjadinya infeksi pada saluran kemih. Meski kondisi ini tidak selalu diindikasikan sebagai tanda dari penyakit diabetes akan tetapi adanya ketidak teraturan kadar glukosa didalam tubuh anda memungkinkan kondisi ini dapat terjadi. Untuk itu, sebaiknya perisakan ke dokter guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Penanganan yang lebih dini akan dapat menghindarkan anda dari resiko terburuk kondisi penyakit ini.

Infeksi Dibawah Payudara

Bagi perempuan yang terserang dengan penyakit diabetes maka seringkali mereka akan merasakan kondisi yang tidak nyaman disekitaran bagian bawah payudaranya. Kondisi ini pada umumnya seringkali disertai dengan perasaan gatal yang berlebihan terutama pada bagian lipatan payudara.

Untuk mereka yang memiliki tubuh gemuk maka perasaan ini akan semakin buruk dampaknya. Terkadang rasa gatal dapat memicu jamur yang dapat dengan mudah berkembang biak pada bagian tersebut. Sehingga kondisi ini dapat menyebabkan infeksi yang lebih berat terjadi.

Untuk itu, bagi anda yang mengalami kondisi ini sebaiknya periksakan segera ke dokter. Selain itu, sebiknya hindari menggaruk terlalu kuat yang akan mungkin meninggalkan bekas luka atau infeksi yang akan terasa perih.

Mual

Mual menjadi ganggaun yang paling sering terjadi pada penderita diabetes. Tanda inipun akan cenderung dialami oleh perempuan. Rasa mual yang terjadi bahkan dapat berlangsung sepanjang hari dengan pemicu yang kurang jelas. Kondisi ini sebenarnya dapat terjadi ketika tubuh melakukan pembakaran energi guna mendapatkan energi dari cadangan lemak.

Namun ternyata hasil pembakaran lemak ini menghasilkan senyawa keton yang dapat masuk kedalam aliran darah. Efek dari proses ini adalah timbulnya perasaan mual yang berlebihan. Kondisi mual yang dialami akan mungkin menimbulkan kondisi yang tidak nyaman. Selain itu, kondisi ini akan mungkin mengganggu. Nah, untuk itu maka penanganan oleh dokter untuk mengurngi dampak gejala ini akan sangat dibutuhkan.

Disfungsi Seksual

Menurunnya gairah seksual diiringi dengan tanda gejala lainnya yang mengarah pada kondisi diabetes bisa mungkin menjadi hal yang menakutkan. Hal ini dikarenakan disfungsi seksual dapat menjadi tanda dari diabetes.

Penurunan Berat Badan yang Terjadi Secara Drastis

Pada penderita diabates tahap awal biasanya mudah dikenali dengan tanda penurunan berat badan yang terjadi secara drastis. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mendapatkan energi dari makanan yang dikonsumsi kedalam tubuh. Terlalu banyak kadar gula didalam tubuh akan dapat menyebabkan tubuh tidak mendapatkan cadangan energi sesuai dengan kebutuhannya. Setelah itu, tubuh akan berusaha menggunakan energi dari cadangan lemak dan masa otot. Kondisi ini tidak dapat dirubah meskipun penderita diabetes selalu ingin makan dalam jumlah atau porsi yang banyak.

Luka yang Sulit Sembuh

Jika pada orang normal penyembuhan luka akan dapat berjalan dengan lebih cepat tergantung pada jenis luka yang dialaminya. Orang-orang yang mengidap diabetes akan mungkin sulit sembuh ketika tubuhnya tergores atau mengalami luka. Hal ini dikarenakan perubahan tekanan cairan didalam penderita diabetes akan lebih mudah terkena luka. Luka kecil seperti halnya lecet dan goresan akibat benda asing saja maka bisa menjadi masalah yang cukup besar. Kandungan gula darah yang amat tinggi didalam tubuh akan dapat menyebabkan perubahan yang cukup besar untuk aliran darah anda. Akibatnya kondisi ini membuat banyak bagian tubuh tidak mendapatkan suplai darah sesuai dengan kebutuhan.

Bukan hanya itu, kondisi ini pun akan dapat membuat syaraf menjadi bermasalah akibatnya kondisi ini akan mungkin membuat luka menjadi sulit untuk sembuh dengan cepat. Kondisi ini pula yang membuat penderita diabetes yang mengalami luka parah membuat mereka seringkali membutuhkan amputasi untuk mengatasi agar infeksi tidak berjalan atau berlanjut pada bagian syaraf lainnya.

Seringkali Buang Air Kecil

Salah satu tanda yang paling umum yang dialami oleh para penderita diabetes adalah seringnya buang air kecil, terutama pada malam hari. Kondisi ini seringkali membuat si penderita merasa terganggu karena khususnya pada malam hari hal ini membuat mereka tidak dapat tidur dengan nyenyak karena seringkali terbangun hanya untuk buang air kecil.

Nah, ketika anda mendeteksi kondisi seperti ini maka sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat sehingga kemungkinan buruk dari penyakit diabetes akan dapat diatasi dengan baik.

Itulah dia beberapa hal yang dapat disampaikan dari tanda dan ciri diabetes pada wanita yang penting untuk diketahui. Yang terpenting adalah selalu mengkonsultasikan setiap gejala yang anda alami ke dokter. Dengan begini maka dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga kemungkinan penyakit didalam tubuh anda dapat terdeteksi sejak dini sebelum menyebar kedalam tubuh dan berubah menjadi penyaki kronis yang akan sulit untuk disembuhkan. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply