Kenali Bahaya Gejala Penyakit Kista

Kista atau tumor jinak adalah salah satu ancaman kesehatan pada wanita yang saat ini sedang gencar dikampanyekan. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama kaum perempuan akan bahaya dari penyakit yang satu ini. Hal ini dikarenakan penyerangan dari penyakit yang satu ini menjadi hal yang tengah marak terjadi pada saat ini.

Kista adalah tumor jinak dengan permukaan yang halus, berisi cairan atau padat yang dapat membesar bahkan bertangkai. Penyakit yang satu ini lebih sering dialami oleh kaum perempuan dibandingkan dengan laki-laki. Pada kaum perempuan, kondisi ini umumnya dijumpai pada bagian tubuh di ovarium atau indung telur.

Perlu diketahui bahwa penyakit kista tidak hanya menyerang orang dewasa atau mereka yang sudah lanjut usia. Bahkan mereka yang belum menikah sekalipun akan mungkin terserang dengan kondisi penyakit yang satu ini. Namun keganasan dari kista lebih sering dijumpai pada usia sebelum menarche atau lebih dari 45 tahun.

Adapun penyebab dari penyakit yang satu ini hingga sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Hanya saja beberapa faktor yang dapat memicu resiko kondisi ini terjadi diantaranya dipengaruhi oleh polusi dan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.

Untuk anda yang saat ini mulai merasakan beberapa gejala yang janggal pada tubuh maka sebaiknya waspadai setiap kondisi tersebut. Hal ini penting dilakukan guna mencegah kemungkinan buruk dari kondisi suatu penyakit yang berbahaya. Nah, dibawah ini adalah beberapa gejala yang penting untuk dikenali pada penderita kista. Penasaran seperti apa? Simak informasinya dibawah ini.

Kenali Bahaya Gejala Penyakit Kista

Sama halnya seperti penyakit berbahaya lainnya, penyakit kista akan menunjukan tanda-tanda atau ciri-ciri sebelum penyakit ini berkembang menjadi kondisi yang parah yang perlu mendapatkan penanganan dokter. Hanya saja, dari serangkaian gejala yang ditunjukan terkadang pasien menepis kondisi tersebut dan malas berkonsultasi dengan dokter.

Nah, demi mencegah dan menghindari kondisi tersebut kembali terjadi. Maka dibawah ini adalah beberapa informasi penting mengenai gejala penyakit kista yang penting untuk dikenali dengan baik.

Rasa Berat Pada Bagian Perut Bawah

Gejala pertama yang mungkin dirasakan oleh para penderita kista adalah adanya perasaan berat pada bagian perut bawah. Kondisi ini dapat terjadi sebagai gejala awal yang penting untuk diwaspadai dengan baik.

Untuk anda yang seringkali merasakan perut yang terasa berat pada bagian bawah. Maka jangan abaikan kondisi ini dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau puskesmas terdekat. Agar demikian masalah ini bisa segera mendapatkan diagnosis yang pasti.

Teraba Bulatan di Perut Kanan/Kiri

Selanjutnya anda dapat mengenali benjolan kista dengan meraba bagian perut bawah. Biasanya untuk kista maka anda akan dapat meraba bagian perut bawah dan merasakan apakah terdapat benjolan lunak pada saat memegangnya atau tidak.

Untuk kista biasanya terdapat benjolan yang lunak pada saat anda memegang bagian ini. Baik pada perut bagian kanan ataupun kiri bawah dan umumnya benjolan ini akan sulit untuk dapat dipegang.

Terganggunya BAB dan BAK

Pada wanita yang mengalami kista maka umumnya kondisi ini akan dapat mempengaruhi buang air pada saat yang terdesak. Ketika anda mengalami kondisi yang satu ini maka penting sekali untuk mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter.

Sering Nyeri Perut

Pada saat kista membengkak atau membesar maka si penderita akan merasakan sering sakit perut pada bagian perut bawahnya.

Gangguan Haid

Gejala lain yang mungkin dialami oleh mereka yang mengalami kista adalah terganggunya siklus haid menjadi tidak lancar.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel