data-ad-format="auto"

Kenali Bahasa Tubuh Bayi

Bayi memiliki cara tersendiri untuk dapat memberitahu apa yang sedang dialami dan diinginkannya meskipun terkadang sebagai orang tua tidak mengerti isyarat yang diberikan oleh bayi anda. Faktor inilah yang membuat orang tua serba salah hingga menyebabkan baby blues pada ibu baru. Salah satu contoh yang seringkali terjadi yaitu ketika bayi anda menangis tanpa sebab bahkan hingga 10 menit tanpa berhenti. Padahal ketika di cek, kondisi bayi anda sehat dan tidak buang air besar ataupun buang air kecil. Lalu kenapa bayi anda menangis? Perlu anda ketahui bahwa dengan tangisan bayi dapat memberikan isyarat pada anda, baik ketidaknyamanan hingga ancaman yang sedang dialaminya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengenali bahasa tubuh bayi sehingga membuatnya dalam kondisi nyaman.

Setiap orang tua cepat maupun lambat akan memberita tahu kebutuhan bayi, baik dari suara tangisan, gerakan kaki, gerakan tangan dan gerakan tubuh lainnya. Bahasa tubuh bayi merupakan alat komunikasi bayi dengan orang dewasa, baik anda sebagai orang tuanya atau pengasuhnya. Riset yang dilakukan bahwa bayi mampu berbicara lewat bahasa tubuh seperti yang dilakukan tahun 2000, setahun telah penelitian diterbitkan buku yang berjudul The Secret of Baby Whisperer dimana dalam buku ini menuliskan bahwa bayi mengungkapkan kondisi dan keinginannya sebelum menangis. Bayi anda sudah dapat memberikan tanda-tanda baik berupakan gerakan tangan, kaki maupun kepala. Sehingga ketika orang tua atau pengasuh tidak paham maka bayi anda cenderung akan menangis.

Dalam kurun waktu yang tidak lama, buku yang membahas mengenai bahasa tubuh bayi diterbitkan bahkan diantaranya adalah buku yang berjudul The Secret Languange of Babies, kemudian Baby and Toddler Body Languange Phrasebook. Dengan dukungan dari riset tersebut akan membantu anda dalam memahami bahasa tubuh yang dikomunikasikan bayi untuk anda pahami. Adapun beberapa contoh bahasa tubuh yang dapat anda pahami adalah sebagai berikut :

1.  Bayi meringis ,mengangkat perut bahkan cenderung gelisah sambil meringkuk dapat dialami oleh bayi yang mengalami gangguan pada perut. Perlu anda ketahui bahwa tangisan sakit pada bayi berbeda, biasanya menangis dengan suara yang melengking kemudian berhenti sebentar dan menangis lagi. Penanganannya, apabila bermasalah dengan bagian perut maka anda dapat meredakan tangisan bayi, dan berikan pelukan yang hangat, berikan pertolongan berupa minyak telon pada perut bayi. Sedangkan apabila tetap menangis anda dapat segera membawanya ke dokter.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

2.  Ketika kaki bayi anda menendang-nendang seolah bayi anda ingin berlari ketika menemukan suasana atau orang baru maka artinya sedang mencari perhatian orang sekitarnya. Sebagai orang tua cara menanggapinya yaitu dengan menangkapi sikap yang antusias sehingga tendangan kaki akan membantu bayi untuk menguatkan otot tungkai yang diperlukan kemudian anda dapat memberikan benda atau sesuatu yang membuat bayi anda antusias. Jangan lupa, tatap wajah bayi anda seakan akan anda mengerti dengan apa yang bayi anda pikirkan.

3. Ketika bayi anda melengkungkan punggung seolah menjulurkan tangan sambil menangis. Ini artinya bayi anda sedang merasa sendirian, sedih. Kondisi ini juga dapat menandakan bahwa bayi anda merasakan sakit badan. Anda juga dapat mengamati apabila bayi anda menangis dan melengkungkan punggung sesaat setelah makan artinya terjadi refluks atau berbaliknya isi lambung. Cara menanggapinya tenangkan dia semampu anda. Sehingga butuh waktu yang lama untuk menenangkannya. Anda dapat menenangkan dengan keadaan yang baik yaitu dengan membuat bayi anda kenyang, popoknya kering dan juga tidak mengalami sakit.

4.  Ketika bayi mengusap wajah dan juga matanya artinya dia mencoba memikat hati orang disekitarnya untuk melakukan permainan ciluk ba. Sedangkan apabila terjadi di waktu tidur, ditandai dengan keadaan menangis artinya bayi anda menginginkan tertidur. Cara untuk menanggapinya anda dapat membaca kondisi terlebih dahulu jika tidak terjadi di jam yang seharusnya bayi tertidur berarti bayi anda sedang ingin bermain, ajak bermain dan membuatnya bergembira. Cara lain menanggapinya yaitu membacakan cerita pendek atau bernyanyi sehingga bayi anda terlelap tidur.

5.  Ketika bayi anda menangis mendapatkan gangguan kecil saja sudah merengek, kondisi ini dapat menandakan bahwa bayi anda sedang kelelahan. Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan mengganti pakaiannya dengan pakaian yang bersih dan kering. Usahakan menghindari suasana yang bising dan juga terlalu dingin atau panas, berikan usapan yang lembut di punggung bayi anda. Sehingga setelah bayi anda tertidur akan kembali riang dan tidak merasakan kelelahan kembali.

Dengan demikian tidak ada alasan untuk anda tidak mengenali bahasa tubuh bayi anda. Bacalah gerakan tubuh bayi anda seperti anda sedang mendalami sebuah alur di sebuah buku, anda butuh kesabaran. Persiapkan pancaindra anda untuk dapat memahami pesan yang diberikan oleh bayi anda.

Loading...

Follow us