KB Bikin Badan Bunda Gemuk, Fakta Atau Mitos? Ini Jawaban Yang Paling Akurat!

Sebagian besar orang beranggapan bahwa dengan menggunakan alat kontrasepsi dapat membuat bobot tubuh menjadi semakin bertambah. Kondisi inilah yang membuat banyak wanita yang sudah menikah dan juga pasca melahirkan enggan menggunakan pakai pil KB dan alat kontrasepsi.

Akan tetapi, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Penggunaan pil KB dan juga kontrasepsi tentunya dapat menyebabkan  beberapa efek samping yang tentu berbeda-beda. Seperti yang dikatakan oleh Prof. Dr. Biran Affandi, SpOG(K), FAMM yang menjelaskan bahwa berbagai jenis pilihan kontrasepsi dapat menunda kehamilan. Berbagai jenis kontrasepsi seperti suntik, susuk KB, pil KB, kondom, IUD, koyo (patch), dan juga diafragma tentu memiliki efek yang berbeda satu sama lain.

Semua jenis KB tentunya tidak akan membuat tubuh tubuh menjadi gemuk, namun hal ini tergantung dari tubuh seorang wanita yang memakainya. Hal ini tentunya setiap tubuh wanita memiliki penyerapan dari alat kontrasepsi yang berbeda-beda. Tentunya, jenis-jenis KB hormonal yang saat ini banyak dipakai oleh wanita tidak terlalu banyak mengandung hormon dalam dosis yang cukup tinggi sehingga efek kenaikan berat badan tidak terlalu drastis.

Alat kontrasepsi yang saat ini tengah dipakai oleh setiap wanita tidak akan membuat bobot tubuh meningkat. Selain itu, wanita yang menggunakan pil KB akan membuat kulit tubuh menjadi lebih cerah, bebas dari jerawat dan juga bersinar, bahkan pada beberapa wanita dapat meningkatkan volume payudara semakin membesar. Kondisi ini tentunya akan berbeda dari setiap wanita. Tidak semua wanita yang menggunakan alat kontrasepsi dapat mendapatkan efek tersebut.

Selain itu, ada efek yang didapatkan oleh wanita yang mengalami siklus haid yang tidak teratur justru membuat siklus menstruasinya menjadi teratur sehingga haid menjadi lebih lancar. Tentunya, KB hormonal sangat memiliki pengaruh yang cukup besar dalam membuat tubuh menjadi lebih besar. Namun, tidak semua KB hormonal dapat memberikan efek yang signifikan terhadap penambahan berat badan.

Ada beberapa KB non hormonal yang tidak bisa mempengaruhi keadaan tubuh, akan tetapi tetap memiliki keefektifan dalam mencegah kehamilan. Karena tidak memiliki pengaruh terhadap hormon di dalam tubuh, tentunya jenis kontrasepsi ini tidak akan mengganggu masa-masa ketika Anda menyusui. Alat kontrasepsi non hormonal ini hanya menghalangi sel sperma untuk bertemu dengan sel telur. Alat kontrasepsi non hormonal diantaranya diafragma, kondom, IUD, KB alami dan juga spermisida.

Tentunya, ketika Anda ingin memutuskan untuk menggunakan pil kontrasepsi. Satu hal yang harus Anda lakukan ialah memilih alat kontrasepsi yang memang Anda inginkan. Apakah Anda menginginkan KB hormonal ataukah KB non-hormonal. Pemilihan alat kontrasepsi tersebut tentunya sangat berpengaruh pada kondisi dan juga keadaan tubuh seorang wanita.

Nah, tentunya Anda harus mempertimbangkan sebaik mungkin jenis alat kontrasepsi manakah yang sekiranya cocok untuk Anda. Beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan diantaranya kebutuhan, usia, riwayat kesehatan, gaya hidup dan juga obat yang dikonsumsi. Ketika ingin menggunakan KB tentunya Anda harus berkonsultasi ke bidan ataupun dokter agar dapat memutuskan alat kontrasepsi yang memang sangat cocok untuk Anda. Dengan begitu, Anda dapat mendapatkan saran terbaik mengenai metode dan juga jenis alat kontrasepsi yang aman dan juga sesuai untuk Anda.

Demikianlah pemilihan alat kontrasepsi dan juga pertanyaan terkait apakah KB akan menyebabkan badan menjadi gemuk ataukah tidak. Setelah Anda mengetahuinya tentunya ini menjadi sebuah pertimbangan bagi Anda untuk memilih jenis kontrasepsi yang sesuai.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel