data-ad-format="auto"

Kamar Tidur Membentuk Kepribadian Anak

Kamar tidur anak sangat penting mengingat aktivitas anak sering terjadi di tempat ini. Kamar tidur anak tidak saja sebagai tempat beristirahat tetapi untuk belajar, bermain bahkan untuk berkumpul bersama dengan teman sebayanya. Selain itu kamar tidur anak berperan dalam membentuk kemandiriannya, terkadang anak menolak untuk tidur sendiri dikarenakan belum terbiasa berjauhan dengan anda ketika tidur di malam hari. Anda bisa membiasakannya dengan menggunakan kamar tidurnya ketika tidur siang atau menemani terlebih dahulu pada tidur malamnya sehingga anak anda akan terbiasa untuk tidur sendiri. Keindahan kamar menjadikan salah satu daya tarik anak anda, dekorasi yang bisa anda lakukan disesuaikan dengan warna dan tokoh favoritnya.

Pada dasarnya di usia yang balita mereka sudah dapat tidur sendiri asalkan anda memperhatikan keamanannya. Anda dapat menemani terlebih dahulu untuk mengusir rasa ketakutannya kemudian secara perlahan bisa meninggalkannya, pastikan bahwa anak anda memang sudah tertidur. Selain itu untuk anda yang ingin membiasakan anak anda tidur sendiri, usahakan merencanakan secara perlahan-lahan kemudian gunakan lampu tidur dengan tokoh favoritnya dalam mengusir rasa ketakutan anak anda pada suasana gelap.

Kamar tidur anak mesti anda perhatikan tidak saja dari segi keindahan akan tetapi dari kesehatan. Menempatkan jendela yang memberikan cahaya matahari masuk ke kamar anak akan membuat pergantian udara dan pemberian cahaya dengan alami. Bagi anak anda yang sudah bersekolah tempatkan meja belajar dekat dengan jendela yang memberikan cahaya alami sehingga membantunya dalam mengerjakan tugas sekolah ketika siang hari. Mengingat bahwa kamar tidur anak dijadikan pula tempat bermain maka anda dapat memberikan pembatas ruangan seperti rak buku atau benda lainnya sehingga tempat pribadi di kamarnya pun masih tetap terjaga. Kamar tidur anak membentuk keperibadian dilihat dari beberapa aspek.

Berikut adalah beberapa aspek kamar tidur anak yang akan membentuk kepribadianya :

1.   Warna

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Warna interior kamar tidur anak akan membantu dalam menstimulasi kreatifitas, semangat dalam belajar dan kenyaman. Memilih warna warna cerah sangat disarankann untuk dekorasi kamar anak anda. Warna warna cerah akan membantu dalam membentuk kepribadiannya seperti warna ungu yang memungkinkan pribadi yang tegas dalam mengambil keputusan ataupun warna biru muda yang dapat membentuk kepribadian ketenangan dalam diri anak anda selain itu warna biru tua akan membentuk pribadi anak yang serius. Meskipun pada dasarnya warna cerah sering anda gunakan dalam dekorasi kamar anak akan tetapi untuk warna tertentu seperti merah kurang baik jika digunakan pada kamar anak yang berada di bawah umur satu tahun karena akan memunculkan emosi yang berletup-letup.

2.  Tata letak

Dengan menambahkan beberapa perabotan sederhana dengan warna yang solid sehingga membuat anda dengan mudah mengganti warna tembok, hal ini akan membentuk kepribadin anak yang menyesuaikan dengan trend, biasanya sering dilakukan kepada anak wanita yang sudah beranjak sekolah memiliki keinginan sendiri dalam memberikan suasana baru dikamarnya.Anak anda lebih menghabiskan sehari-harinya dikamar dengan beberapa kegiatan dan menyukai letak favoritnya, di tempat tidur atau tempat belajarnya hal ini menandakan bahwa anak  memiliki kepribadian yang tertutup. Sehingga anda dapat menilai kepribadian anak anda yang teliti dan disiplin dari kebersihan kamarnya berbeda dengan anak anda yang ceroboh dan kurang rapi sering kali meninggalkan tempat tidurnya dalam keadaan berantakan ketika akan pergi ke sekolah.

Loading...

Follow us