data-ad-format="auto"

Jenis Penyakit Kulit Berbahaya dan Harus Diwaspadai

Kulit merupakan lapisan luar dari tubuh, khususnya pada manusia kulit merupakan organ terbesar dari sistem yang menutupi.

Kulit memiliki peran penting untuk melindungi tubuh manusia. Kulit melindungi tubuh dari patogen serta hilangnya air yang berlebihan. Selain itu, kulit juga memiliki fungsi sebagai penjaga suhu tubuh supaya suhu tubuh tetap stabil meskipun dalam wilayah tertentu. Kulit juga merupakan alat yang berfungsi untuk mengeluarkan segala kotoran melalui keringat.

Sama dengan bagian tubuh lainnya, kulit juga rentan akan penyakit atau gangguan. Penyakit atau gangguan yang dapat menyerang kulit akan menghambat aktivitas atau kegiatan penderitanya. Banyak hal yang menyebabkan penyakit atau gangguan kulit tersebut muncul. Dimana cuaca yang tidak menentu, lingkungan, menerapkan pola hidup yang tidak sehat, alergi merupakan beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit kulit.

Jenis penyakit kulit itu sendiri sangat banyak. Yang mana penyakit kulit itu sendiri memiliki beberapa tingkatan, mulai dari penyakit kulit yang ringan atau biasa sampai penyakit kulit yang ganas atau berbahaya. Seperti misalkan, penyakit kulit panu sampai kanker kulit. Namun, seperti yang kita ketahui sendiri kebanyakan masyarakat menganggap spele atau ringan terhadap penyakit kulit. Padahal jika penyakit kulit tersebut dibiarkan, meskipun pada awalnya ringan justru akan menjadi berat dan berbahaya.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis-jenis penyakit kulit, anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Jenis-Jenis Penyakit Kulit

Jerawat

Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang paling populer di tengah-tengah masyarakat, pasalnya jenis penyakit kulit yang satu ini banyak dialami, terlebih lagi bagi kaum muda. Jerawat merupakan gangguan atau penyakit yang menimpa kulit, dimana gangguan ini mempengaruhi kelenjar minyak yang terdapat pada kulit. Lubang kecil yang terdapat di kulit atau pori-pori terhubung dengan kelenjar minyak yang letaknya di bawah kulit. Yang mana kelenjar minyak ini meproduksi suatu zat yang disebut dengan sebum. Sedangkan lubang kecil atau pori-pori itu sendiri terhubung dengan kelenjar kulit oleh kanal atau yang disebut dengan folikel. Nah, pada saat folikel mengalami penyumbatan, maka akan timbul jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum terjadi, bahkan hampir sebagian besar orang pernah mengalami jerawat. Yang mana biasanya jerawat tumbuh di area wajah.

Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang memiliki rupa seperti bercak tebal yang terdapat pada kulit. Bercak ini memerah serta memiliki sisik dengan warna keperakan. Bercak ini akan terasa sangat gatal atau bahkan menyakitkan. Biasanya gangguan kulit ini sering terjadi pada lutut, siku, kulit kepala, punggung bagian bawah, kaki, telapak tangan, wajah, atau telapak kaki. Namun, psoriasis juga bisa muncul pada daerah-daerah yang lainnya.

Untuk mendiagnosa psoriasis itu sendiri cukup sulit, pasalnya penyakit kulit ini bisa terlihat seperti penyakit kulit yang lainnya.

Hingga saat ini, penyebab psoriasis itu sendiri masih belum diketahui secara pasti. Namun, berdasarkan beberapa ahli penyakit ini disebabkan karena autoimun.

Psoriasis terjadi disebabkan karena produksi sel kulit yang berlebihan. Dalam keadaan normal, biasanya tubuh akan mengganti sel kulit lama atau mati dengan sel kulit yang baru dalam hitungan minggu. Namun, untuk penderita penyakit kulit yang satu ini, tubuhnya akan mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru hanya dalam hitungan hari, sehingga dengan begitu sel kulit akan menumpuk dan menyebabkan penebalan kulit.

Eksim

Penyakit kulit yang satu ini dikenal dengan dermatitis atopik. Yang mana jenis penyakit kulit ini merupakan penyakit kulit jangka panjang atau kronis. Gejala umum yang biasanya timbul yaitu kulit terasa gatal dan kering, terdapat ruam pada wajah, siku, tangan dan kaki, serta di belakang lutut. Penyakit kulit ini merupakan jenis penyakit yang didasari karena adanya reaksi alergi, bahkan akan mempengaruhi satu keluarga.

Impetigo

Impetigo merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi bakteri. Bakteri yang menyebabkan penyakit kulit ini biasanya yaitu Staphylococcus dan Streptokokus. Impetigo biasanya sering diderita oleh anak-anak berusia 2 sampai 6 tahun.

Bakteri penyebab penyakit ini akan masuk ke dalam kulit melalui luka, gigitan serangga atau goresan. Gejala impetigo itu sendiri diawali dengan timbulnya jerawat atau koreng pada permukaan kulit serta dikelilingi dengan kulit yang memerah. Dalam waktu tertentu, luka tersebut akan terisi oleh nanah, dimana luka tersebut kemudian akan terbuka dalam waktu beberapa hari dan membentuk kerak yang tebal.

Melanoma

Melanoma merupakan keganasan atau kanker kulit yang nampak seperti tahi lalat. Penyakit kulit ini merupakan penyakit kulit yang berbahaya dan bisa mengancam nyawa.

Kanker kulit melanoma itu sendiri bisa timbul di berbagai daerah pada tubuh manusia. Namun, bagian tubuh yang paling sering terkena kanker kulit ini yaitu kaki, punggung, dan tangan.

Kasus kanker kulit melanoma yang sering terjadi yaitu di New Zealand dan Australia. Di benua Asia sendiri kanker ini memiliki peringkat yang rendah. Namun meskipun begitu, kita tetap harus waspada.

Diketahui, khususnya di Indonesia kurang lebih 3.500 kasus penyakit kulit melanoma baru dalam setiap tahunnya. Meskipun masih dibilang sedikit, tetapi jenis penyakit kulit sangat berbahaya dan mematikan, sehingga tetap harus kita waspadai.

Lupus

Lupus merupakan penyakit yang disebabkan karena peradangan pada sistem kekebalan tubuh. Peradangan ini bisa menyerang bagian-bagian tubuh tertentu seperti, ginjal, sendi, otak, jantung, paru, dan kulit.

Mendiagnosa penyakit ini cukup sulit, pasalnya penyakit lupus hampir sama dengan penyakit kulit lainnya. Namun, ciri atau gejala umum yang nampak yaitu munculnya bercak di sekitar wajah dengan bentuk hampir mirip seperti sayap kupu-kupu.

Rosacea

Penyakit kulit ini ditandai dengan adanya kemerahan pada wajah, terdapat garis merah berukuran kecil di bawah kulit, hidung bengkak, kelopak mata meradang, serta kulit menebal. Diketahui tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit kulit ini. Namun, penyakit ini mampu dikontrol dan gejalanya bisa diredakan.

Scabies

Scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit tungau yang menimbulkan gatal. Mereka yang tidak menjaga kebersihan tubuhnya memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit kulit ini. Gejala yang muncul yaitu, terasa gatal yang hebat ketika malam hari di daerah tubuh tertentu seperti ketiak, alat kelamin, tangan, pinggang dan lain sebagainya.

Kanker Kulit

Kanker kulit yang paling umum terjadi yaitu kanker sel basal dan kanker sel skuamosa. Kanker ini biasanya terdapat pada wajah, leher, kepala, lengan dan tangan. Tipe lain dari kanker kulit yaitu melanoma, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kanker kulit jenis ini lebih berbahaya namun jarang terjadi.

Biduran

Biduran merupakan penyakit kulit yang mana kulit yang terkena penyakit ini akan berubah warna menjadi merah dan timbul. Penyebab penyakit ini yaitu karena reaksi alergi terhadap makanan atau obat tertentu, atau bisa juga karena dingin. Stres dan infeksi merupakan penyebab lainnya.

Itulah beberapa penyakit kulit yang harus diwaspadai. Masih banyak lagi jenis-jenis penyakit kulit yang lainnya, namun jenis penyakit kulit di atas merupakan penyakit yang paling banyak dikeluhkan. Semoga bermanfaat.