data-ad-format="auto"

Jenis Makanan Untuk Diet Seimbang

Diet yang seimbang berarti mendapatkan jenis yang tepat dan jumlah makanan dan minuman untuk memasok nutrisi dan energi untuk menjaga sel-sel tubuh, jaringan, dan organ, dan untuk mendukung pertumbuhan dan juga  perkembangan normal. Dengan melakukan diet yang seimbang akan memberikan energi yang cukup dan nutrisi untuk tumbuh kembang optimal.Sehingga penting untuk anda memperhatikan asupan makanan ketika sedang melakukan diet. Memperhatikan asupan nutrisi seperti jenis makanan yang memberikan kalori pada tubuh, meskipun dibatasi tapi tubuh anda tidak boleh kekurangan sehingga anda dapat menentukan jenis makanan sesuai dengan kelompok nutrisi untuk memudahkan anda dalam mengatur menu diet anda.

Adapun jenis makanan yang dapat dikelompokan untuk diet seimbang adalah sebagai berikut :

1.  Jenis  susu

Adapun kelompok susu terdiri dari keju yang bebas lemak atau rendah lemak (1%), susu atau buttermilk yang mengandung bebas lemak (skim) atau rendah lemak (1%) dan Yogurt bebas lemak atau rendah lemak baik yang beku atau biasa.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2.  Daging dan kacang-kacangan

Keseimbangann menu diet anda bisa didapat dari kelompok daging dan kacang-kacangan sepeti kacang polong, kacang almond, hazelnut, selai kacang, biji bunga matahari atau kenari. Pilihan makanan olahan kacang seperti tahu dan tempe bisa menyeimbangkan diet anda. Bila anda memilih daging  merah seperti sapi atau kambing pilih daging yang memiliki lemak sedikit. Hindari kulit dari daging unggas sebelum anda memasaknya anda dapat membuang kulitnya terlebih dahulu.

3.  Jenis Buah-buahan

Buah-buahan memiliki kandungan pemanis alami yang menyehatkan tubuh anda. Anda dapat memilih buah-buahan secara langsung atau dengan cara di jus seperti buah apel, aprikot, alpukat, pisang, berries, kurma, anggur,  jeruk, mangga, melon, jeruk, peach, nanas, kismis dan buah-buahan kering lainnya tanpa pemanis.

4.  Jenis sayuran

Sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. Variasikan sayuran dengan warna yang berbeda seperti sayuran hijau, orange, putih, merah dan ungu. Anda dapat memilih Brokoli, kembang kol, wortel, mentimun, kacang hijau, selada, kentang, lobak, bayam, labu, ubi jalar, tomat. Anda bisa mendapatkan nutrisi dari sayuran dengan membuat jus sayuran dengan rendah gula.

5.  Jenis makanan pokok

Makanan pokok seperti nasi tidak bisa anda tinggalkan meskipun anda sedang berdiet. Apalagi kandungan karbohidrat akan menghasilkan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun anda sedang diet untuk menurunkan berat badan akan tetapi jika meninggalkan karbohidrat bukan pilihan tepat diet seimbang. Gantilah konsumsi nasi putih dengan nasi merah dengan kandungan serat yang lebih tinggi selain itu anda dapat mendapatkan karbohidrat  baik untuk diet dari beberapa makanan seperti roti gandum, sereal (panas dan dingin), bubur jagung atau pasta.

6.  Jenis minyak untuk diet

Konsumsi jenis minyak yang berlebih tidak baik untuk diet, sehingga untuk anda yang akan melakukan diet disarankan untuk memilih minyak rendah lemak atau jenis minyak nabati yang dapat mendukung diet seimbang anda.

7.  Lengkapi dengan air mineral

Diet yang seimbang sebenarnya tidak sulit hanya saja anda yang sudah terbiasa dengan kebiasaan buruk anda sehingga membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Anda dapat menyempurnakan diet seimbang dengan asupan air mineral 8 gelas perhari dalam membantu tubuh anda dalam proses metabolisme tubuh.

Loading...

Follow us