Jenis Makanan Sehat yang Aman Untuk Penderita Asma

4.65/5 (31)

Penyakit asma adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang bagian pernapasan.

Penyakit ini terjadi ketika saluran udara mengalami penyempitan yang menyebabkan penderitanya akan mengalami kesulitan bernapas, napas yang pendek, tersengal-sengal dan disertai dengan dada yang sesak dan sedikit nyeri.

Penyakit ini tentunya tidak bisa dianggap sebagai penyakit ringan yang bisa diabaikan dengan begitu saja. Karena serangan dari penyakit asma akan cukup beresiko untuk para penderitanya. Selain rasa yang nyeri pada bagian saluran pernapasan, aspek yang lain yang juga akan memperparah kondisi ini adalah ketika rasa panik yang datang bersama dengan serangan asma. Ketika seorang yang mengalami serangan asma merasakan panik pada waktu yang bersamaan, maka yang terjadi adalah ia akan semakin kesulitan mengatur napasnya atau memberikan pertolongan pertama untuk penyakitnya. Pada kondisi terburuk, hal ini akan menyebabkan si penderita kolapse atau jika tidak segera ditangani, kematian akan menjadi hal yang sangat menakutkan.

makanan penderita asma

Gejala Penyakit Asma

Sama halnya dengan penyakit lainnya, penyakit asma bisa timbul dengan beberapa gejala sebelum menjalar dan berkembang menjadi penyakit yang akut. Akan tetapi, keterlambatan diagnosa penderita asma bisanya besar dipengaruhi oleh si penderita itu sendiri yang merasa enggan untuk melakukan check up kesehatan.

Adapun gejala dari penyakit asma yang akan mungkin dinampakan adalah diantaranya:

  • Seringnya batu, terutama dimalam hari namun terlihat normal saat siang hari
  • Gangguan tidur dimalam hari akibat sesak dibagian dada
  • Perasaan gelisah
  • Tidak bersemangat akibat perasaan lemas yang diderita
  • Sulitnya mengatur napas

Beberapa gejala diatas biasanya mengindikasikan seseorang mengalami penyakit asma. Akan tetapi, penyakit asma yang diderita seseorang biasanya akan dialami secara bertahap, mulai dari penyakit asma ringan hingga penyakit asma akut. Untuk itulah, penting sekali memberikan penanganan lebih dini ketika seseorang menderita penyakit ini sebelum terlambat dan penyakit ini berkembang menjadi penyakit yang akut.

Pemicu Peyakit Asma

Adapun pemicu penyakit ini timbul pada penderita adalah disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini:

  1. Faktor genetik atau turunan
  2. Kondisi lingkungan yang kotor
  3. Kondisi udara
  4. Paparan tungau yang terhirup dan masuk ke saluran pernapasan
  5. Alergi makanan
  6. Zat alergen yang masuk kedalam tubuh
  7. Kondisi rumah yang kotor
  8. Paparan jamur
  9. Iritant yang tersebar diudara

Mengatasi Asma dengan Konsumsi Makanan Sehat

Resiko dari serangan penyakit asma memang menggangu dan membuat aktivitas menjadi terhalangi. Untuk itulah, penting sekali mencari cara dan solusi agar penyakit ini bisa disembuhkan. Sayangnya, hingga saat ini pengobatan yang dilakukan bukan dimaksudkan untuk menyembuhkan penyakit pernapasan ini hingga total. Sebab belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan dengan keseluruhan. Adapun pengobatan yang dilakukan oleh dokter terhadap penderita asma yang difokuskan untuk meringankan kejala dan dampak yang ditimbulkan.

Akan tetapi, rupanya selain jalan obat-obatan yang diberikan dari dokter, mengatasi asma bisa juga dilakukan dengan konsumsi beberapa makanan sehat yang aman untuk penderita asma. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ada makanan tertentu yang dapat menyembuhkan asma, namun alangkah lebih baik jika setiap orang dapat menjaga asupan gizi dalam tubuhnya agar terbebas dari resiko asma.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis makanan dan minuman tertentu yang bisa dikonsumsi oleh para penderita asma yang aman.

1. Pisang

Buah pisang adalah salah satu jenis buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Ternyata, selain rasanya yang lezat, buah yang satu ini pun memiliki khasiat yang baik untuk membantu membuat sistem pernapasan menjadi lebih kuat.

Hal ini pun dibuktikan oleh penelitian di Inggris, anak-anak yang mengkonsumsi satu buah pisang setiap harinya, memiliki resiko sebanyak 34 % lebih rendang mengalami gejala asma seperti mengi. Hasil dari penelitian ini pun sebenarnya tidak terlalu mengherankan jika mengingat buah pisang adalah sumber terbaik pyridoxie atau yang juga dikenal dengan sebutan vitamin B6. Yang mana vitamin B6 ini memainkan peran yang baik dalam produksi adenosin trifosfat (ATP) dan juga siklik adenosin monofasfat (cAMP). Molekul-molekul ini sudah terbukti dalam membantu jarungan otot polos bronkus menjadi lebih rileks.

2. Bayam

Konsumsi daun hijau yang satu ini memang seringkali dikaitkan dengan konsumsi makanan yang sehat. Tak heran jika khasiat bayam ini sampai diangkat ke layar kaca menjadi makanan super untuk si Popeye sang pelaut yang mana dalam film tersebut menggambarkan betapa kuatnya si pelaut setelah mengkonsumi sayur yang satu ini.

Nah, berbicara mengenai manfaat dan khasiat, rupanya konsumi sayuran ini pun dapat bermafaat untuk melawan dan mencegah penyakit asma. Hal ini dikarenakan sejumlah nutrisi dalam bayam seperti halnya beta-karoten, vitamin C, E, kalium dan magnesium adalah sumber vitamin yang baik dalam memerangi asma.

3. Kiwi

Buah kiwi masuk menjadi daftar buah-buahan sehat yang baik dikonsumsi untuk mengatasi mencegah dan mengobati asma. Hal ini sudah teruji pada anak-anak yang mengalami gangguan pernapasan yang berhubungan dengan penyakit asma. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah kiwi amat baik untuk kesehatan tubuh.

Sebuah studi menyatakan anak-anak yang rajin mengkonsumsi buah kiwi higga 6-7 porsi satu minggu sekali mengalami penurunan instensitas gejala mengi hingga hampir setengahnya. Hal ini tentunya akan lebih baik dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang tidak mengkonsumsi buah kiwi.

4. Yougurt

Yougurt mengandung probiotik dan bakteri yang menguntungkan untuk tubuh yang berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Selain itu, probiotik dalam yougurt juga dapat mengurangi reaksi alergi. Kandungan probiotik dalam yougurt juga dapat berfungsi untuk mengurangi reskio alergi yang menjadi salah satu pemicu timbulnya asma.

5. Wortel

Selain beberapa bahan makanan dan minuman diatas, wortel pun masuk kedalam jajaran makanan sehat yang aman dikonsumsi penderita asma. Kandungan anti-oksidan seperti beta karoten yang masuk kedalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Tahukah anda, beta karoten ini akan dapat menangkal timbulnya asma terutama serangan asma yang terjadi ketika penderita sudah melakukan aktivitas fisik yang berat.

6. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah kuno yang ada di dunia. Selain itu, rupanya ada kandungan yang baik dalam jahe yang dapat bermanfaat untuk mengatasi asma, yakni jahe memiliki sidat anti-inflamasi yang kuat yang akan memberikan rasa yang khas yang juga berkhasiat untuk dapat meredakan peradangan.

Demikian beberapa makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi para penderita asma, karena makanan diatas aman dan berkhasiat. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply